Iklan merupakan alat yang digunakan oleh perusahaan untuk
menyampaikan pesan dan kesan dari suatu produk dan jasa agar membentuk daya
tarik pada konsumen. Perkembangan teknologi membuat iklan lebih mudah sampai
ditangan konsumen, sebagai contoh media sosial menjadi sarana untuk
menyampaikan iklan kepada masyarakat.
Kemudahan memperluas iklan melalui media sosial, membuat
beberapa iklan diragukan kebenarannya. Banyak dijumpai iklan yang menawarkan
barang dan jasa yang tidak sesuai dengan fakta dan kenyataan.
Pemasar harus memiliki etika dalam memasarkan produknya.
Pesan yang disampaikan dalam iklan harus sesuai dengan kondisi barang dan jasa
yang ditawarkan, meskipun iklan yang dibagikan melalui media sosial.
Berikut ini merupakan prinsip-prinsip iklan yang etis:
1. Iklan yang disampaikan tidak boleh mengarah pada
tindakan yang bertentangan dengan moralitas
2. Iklan harus menyampaikan informasi yang
benar, apalagi terkait dengan keamanan dan keselamatan
3. Iklan tidak boleh
memberikan paksaan kepada masyarakat dan tidak mengandung unsur kekerasan
4. Iklan tidak boleh menyampaikan informasi
palsu dan memperdaya masyarakat
Adanya prinsip iklan yang etis diharapkan mampu mengurangi
iklan yang menyampaikan informasi tidak sesuai dengan fakta. Kerugian yang
diterima oleh masyarakat dapat diminimalisir melalui iklan yang etis.
Masyarakat perlu menyaring dan memilah iklan sebagai salah satu referensi dalam
membeli produk dan jasa.
0 comments:
Post a Comment