Pengetahuan
seseorang terbatas oleh sumber informasi yang diterima. Dalam dunia bisnis,
baik pemilik maupun karyawan akan disibukan dengan kegiatan yang menghabiskan
waktu. Semua kegiatan tersebut berujung terhadap laba atau besaran keuntungan
yang diharapkan.
Bekal ilmu yang
diperoleh semasa kuliah maupun sekolah tidak cukup untuk menjalankan kegiatan
bisnis. Pentingnya update pengetahuan sangat diperlukan untuk menunjang
jalannya perekonomian masa sekarang. Salah satunya adalah dengan knowledge
sharing.
Kesadaran akan knowledge
sharing semata untuk kepentingan perusahaan, yakni meningkatkan kemajuan
bisnis. Pemimpin perlu membagikan pengetahuannya kepada bawahan untuk
mengilhami kondisi dan masa depan yang akan terjadi. Seseorang yang sudah lama
memimpin sudah pasti memiliki pengalaman yang banyak, bisa membaca arus bisnis
yang akan terjadi dimasa mendatang.
Sikap peka yang
dimiliki pemimpin untuk membaca situasi bisnis, perlu dibagikan kesemua orang.
Bukan hanya kepada karyawan, tetapi kepada semua pihak yang membutuhkan.
Fungsinya adalah sebagai antisipasi bersama ketika akan mengadapi masalah.
Dengan adanya knowledge sharing membuat ikatan antar individu menjadi
lebih baik, rasa keterikatan yang terjalin menjadi semakin kuat.
Knowledge sharing bisa didapat
juga dari seminar, workshop, town meeting dan mentoring
session. Knowledge sharing akan memberikan metode atau teknik yang secara
konsisten menunjukan hasil yang baik atau sering disebut sebagai best
practice.
Apabila best practice
mampu diterima dengan baik, kegiatan bisnis dapat berjalan secara efektif dan
efisien. Kinerja karyawan dalam proses produksi maupun pelayanan, mampu
memberikan hasil yang maksimal. Tentu semua ini tidak diperoleh secara mudah,
perlu kesadaran dari pemimpin dan bawahan untuk menyadari pentingnya knowledge
sharing.
Best practice berasal dari dua
sumber, yakni internal dan eksternal. Sumber internal perusahaan merupakan skill,
pengalaman, know how dan kreatifitas. Keseluruhan bisa disebut
sebagai human capital. Sedangkan sumber eksternal merupakan replikasi dan benchmarking yang diperoleh dari orang lain. Replikasi
yang didapatkan secara langsung dapat diaplikasikan kedalam bisnis yang
dijalankan.
Berbagi
pengetahuan tidak akan membuat seorang tersebut menjadi bodoh karena kehabisan
pengetahuan, tetapi justru akan meningkatkan pengetahuan bagi pemiliknya.
Semakin sering orang berbagi pengetahuan, maka akan mendapatkan pengetahuan
baru dari orang lain. Selain itu juga akan termotivasi untuk mempelajari hal
baru yang belum diketahui. Rasa kurang puas akan pengetahuan yang dimiliki,
membuat orang tersebut terpacu mengejar berbagai pengetahuan.
0 comments:
Post a Comment