Wednesday, April 11, 2018

Peluang Ekonomi Syariah

Pengembangan ekonomi syariah berpeluang memperbaiki sistem ekonomi yang sedang dalam kondisi kurang baik. Peluang pengembangan ekonomi syariah muncul karena kesadaran peran nilai moral berdasarkan ajaran Islam, motivasi pengembangan kepentingan umat, restrukturisasi sosial, ekonomi dan keuangan, serta kebijakan strategis bersifat komprehensif berbasis ekonomi syariah.
Dalam memperkuat sistem ekonomi syariah terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan. Langkah-langkah tersebut antara lain:
  1. Pengembangan ilmu ekonomi syariah didunia pendidikan formal dan non formal
  2. Penguatan regulasi yang mendukung syariah dalam institusi keuangan maupun kegiatan bisnis
  3. Pengembangan perekonomian secara nyata untuk kesejahteraan masyarakat luas yang ditopang lembaga keuangan yang berbasis syariah

Keadilan dan kesejahteraan bersama dimaksudkan agar harta tidak dikuasai oleh sekelompok orang. Menjamin hak dan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan perekonomian perlu didukung oleh pemerintah. Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dapat dicapai ketika pemerataan ekonomi terwujud.

Pelaksanaan pengembangan ekonomi syariah dapat dilakukan sebagai upaya perbaikan sistem ekonomi. Pembangunan dapat berjalan dengan asas pemerataan untuk kepentingan bersama. Realisasi pelaksanaan dapat optimal apabila didukung peraturan yang menjembatani pelaksanaan kebijakan perekonomian tersebut. 

0 comments:

Post a Comment