Wednesday, November 30, 2016

Strategi Bersaing Perusahaan Kecil


Perusahaan baru atau perusahaan lama dipasar yang memiliki pangsa pasar kecil akan sulit bersaing dengan perusahaan dominan. Maka untuk meningkatkan laba, perusahaan perlu bersaing dengan perusahaan dominan. Perusahaan dominan dapat diartikan ketika perusahaan mampu menguasai 60%-70% penjualan. Harga jual barang atau jasa yang ditetapkan oleh perusahaan dominan lebih rendah dibandingkan dengan biaya produksi dan biaya operasional perusahaan baru maupun perusahaan kecil yang memiliki pasar kecil.
Peningkatan penjualan bagi perusahaan baru dan perusahaan lama yang memiliki penjualan rendah dapat dilakukan dengan beberapa strategi. Strategi yang diterapkan harus berdasarkan kemampuan perusahaan tersebut, terlebih perusahaan dominan akan lebih unggul dibeberapa hal. Maka strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan baru dan perusahaan kecil dalam menghadapi perusahaan dominan adalah dengan strategi berikut ini.
1.      Efisiensi biaya
Menekan biaya produksi dan biaya yang tidak perlu dapat menurunkan harga jual. Dengan harga jual yang relatif murah diharapkan dapat menarik konsumen baru maupun konsumen dari perusahaan dominan. Harga murah selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, meskipun belum tentu konsumen akan membeli kembali produk atau jasa tersebut.
2.      Segmen pasar tertentu (relung/niche)
Perusahaan dominan menguasai 60%-70% pasar, tetapi tidak semua pasar dapat dikuasai atau dilayani oleh pasar dominan. Selalu ada celah bagi perusahaan baru atau perusahaan kecil untuk memasuki segmen pasar yang belum dikuasai perusahaan dominan. Dengan celah pasar ini, perusahaan baru atau perusahaan kecil dapat mengembangkan produk dan jasanya yang berorientasi pada pertumbuhan.
3.      Atribut produk intangible (pelayanan)
Menyentuh yang tidak terlihat bisa menjadi strategi bari perusahaan baru atau perusahaan kecil, diantaranya dengan meningkatkan pelayanan. Seorang konsumen akan terpuaskan dengan apa yang dia rasakan meskipun tidak terlihat. Rasa puas akan membangkitkan minat bagi konsumen untuk membeli kembali.
4.      Diferensiasi produk

Produk yang khas atau ciri khusus dibandingkan dengan produk lain akan memiliki nilai lebih dihati konsumen. Produk differen identik dengan pasar yang kecil, tetapi dengan produk differen mampu menerapkan strategi harga yang lebih baik. Karena produk differen memiliki pesaing yang relatif kecil atau tidak ada.
Categories:

0 comments:

Post a Comment