Thursday, July 5, 2018

Prinsip Etika Iklan




Iklan merupakan alat yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan dan kesan dari suatu produk dan jasa agar membentuk daya tarik pada konsumen. Perkembangan teknologi membuat iklan lebih mudah sampai ditangan konsumen, sebagai contoh media sosial menjadi sarana untuk menyampaikan iklan kepada masyarakat.

Kemudahan memperluas iklan melalui media sosial, membuat beberapa iklan diragukan kebenarannya. Banyak dijumpai iklan yang menawarkan barang dan jasa yang tidak sesuai dengan fakta dan kenyataan.

Pemasar harus memiliki etika dalam memasarkan produknya. Pesan yang disampaikan dalam iklan harus sesuai dengan kondisi barang dan jasa yang ditawarkan, meskipun iklan yang dibagikan melalui media sosial.

Berikut ini merupakan prinsip-prinsip iklan yang etis:
1.  Iklan yang disampaikan tidak boleh mengarah pada tindakan yang bertentangan dengan moralitas
2.  Iklan harus menyampaikan informasi yang benar, apalagi terkait dengan keamanan dan keselamatan
3.  Iklan tidak boleh memberikan paksaan kepada masyarakat dan tidak mengandung unsur kekerasan
4.   Iklan tidak boleh menyampaikan informasi palsu dan memperdaya masyarakat

Adanya prinsip iklan yang etis diharapkan mampu mengurangi iklan yang menyampaikan informasi tidak sesuai dengan fakta. Kerugian yang diterima oleh masyarakat dapat diminimalisir melalui iklan yang etis. Masyarakat perlu menyaring dan memilah iklan sebagai salah satu referensi dalam membeli produk dan jasa.
 

Categories:

0 comments:

Post a Comment