Tuesday, February 11, 2020

Karakteristik Informasi Laporan Keuangan Syariah



Laporan keuangan syariah memiliki empat karakteristik kualitatif pokok, meliputi:


1. Dapat Dipahami

Pengguna laporan keuangan syariah bukan hanya berasal dari karyawan lembaga keuangan syariah melainkan berasal dari berbagai kalangan. Pengguna laporan keuangan syariah diluar lembaga organisasi inti meliputi akademisi, investor, nasabah, masyarakat umum, auditor, pemerintah maupun pihak-pihak yang memiliki kepentingan secara langsung maupun tidak langsung. Setiap laporan keuangan syariah harus memenuhi standar yang diterapkan agar pengguna dapat dengan mudah memahami isi dari laporan keuangan.

2. Relevan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, relevan merupakan kaot-mengkait, bersangkut-paut, berguna secara langsung. artinya penggunaan laporan keuangan menggambarkan kondisi masa lalu, masa sekarang ataupun sebagai penetapan masa mendatang. Hasil evaluasi pada masa lalu dapat digunakan pada masa sekarang sebagai perbaikan untuk masa mendatang.

3. Andal

Memberikan hasil yang dapat dipercaya merupakan karakteristik yang ketiga pada informasi laporan keuangan. Berbagai kesalahan dapat dikurangi bahkan dihindarkan ketika menyusun laporan keuangan syariah dengan memperhatikan berbagai aspek. Perhatian yang perlu ditekankan adalah pada proses penyajian laporan keuangan. Penyajian harus memberikan kesimpulan wajar dengan penyusunan secara jujur.

4. Dapat dibandingkan

Kegunaan dari laporan keuangan syraiah adalah dapat dibandingkan dengan usaha sejenis. Fungsi membandingkan untuk mengukur kinerja lembaga keuangan. Salah satu evaluasi yang dilakukan dapat diperoleh dengan mencari informasi yang terkandung dalam laporan keuangan. Potensi keuntungan maupun bagian yang belum maksimal dapat ditingkatkan sebagai langkah memperbaiki posisi. Strategi dan kebijakan yang disusun oleh lembaga keuangan syariah dirumuskan berdasarkan hasil membandingkan dengan usaha sejenis.


Tugas:



1. NIM dengan angka belakang 2, 4, 6: Uraikan kendala yang Anda hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek relevan dan andal.

2. NIM dengan angka belakang 1, 3, 7, 9: Uraikan kendala yang Anda hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek dapat dipahami dan dapat dibandingkan.

3. NIM dengan angka belakang 0, 5, 8: Uraikan strategi atau kebijakan yang dapat dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandingkan pada laporan keuangan syariah.
Categories:

47 comments:

  1. Nama: Rizki Rahmawati
    NIM: 175231069

    Apabila dari aspek "dapat dipahami" itu kendalanya adalah bagaimana cara kita menyesuaikan laporan keuangan syariah dengan yang ditetapkan di dalam Standar Akuntansi Keuangan dengan para pengguna atau pemakai informasi akuntansi, seperti investor, pemerintah, masyarakat, dan lain-lain. Karena para pengguna informasi laporan keuangan itu memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda.

    Sedangkan dari aspek "dapat dibandingkan" kendala yang mungkin terjadi yaitu bagaimana cara menganalisa bagian yang belum maksimal setelah laporan keuangan itu kita bandingkan. Karena mungkin dari perbandingan laporan keuangan syariah akan timbul perbedaan-perbedaan yang belum kita ketahui.

    ReplyDelete
  2. Nama : Pentrilia Zuliani Anggis Sadewi
    NIM : 175231049

    Aspek dibandingkan dilakukan dengan membandingkan laporan keuangan pada periode sebelumnya dengan laporan terbaru. Jika kualitas penulisan tidak stabil atau menurun maka ini bisa menjadi kendala falam membandingkan laporan sebelumnya dengan laporan yanh baru. Karena akan berkaitan dengan kondisi kesehatan keuangan dan kinerja menejemen keuangnnya.

    Aspek dipahami dalam laporan keuangan harus mudah untuk dimengerti oleh penggunanya jika sulit dimengerti maka tidak memenuhi standar kualitas laporan keuangan yang baik. Kendalanya jika pembuat laporan keuangan tidak menguasai teknik pembuatan dan penyajian dalam laporan keuangan sesuai standar maka akan sulit untuk para pengguna dalam memahami laporan keuangan

    ReplyDelete
  3. Nama:Renny Sulistyowati
    NIM : 175231051

    Kendala dari aspek dapat dipahami ialah terkait dengan data yang dipublikasikan harus sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku dan perlunya keterangan sebagai penjelas mengingat para pengguna adalah semua kalangan. Keterangan berguna untuk memudahkan para pengguna laporan dalam memahami laporan tersebut.

    Kendala dari aspek dapat dibandingkan yaitu bagaimana manajemen strategi yang tepat agar dapat meningkatkan kinerja lembaga keuangan syariah di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  4. Nama : Zairotul Zamronah
    Nim : 175231096

    Kendala yang dihadapi dalam memenuhi karakteristik pokok laporan keuangan dari aspek relevan dan andal yaitu tepat waktu dan keseimbangan antara biaya dan manfaat. Ketika pada pelaporan terjadi penundaan sampai aspek transaksi diketahui maka informasi yang dihasilkan sangat andal tapi kurang relevan atau bermanfaat bagi pengambil keputusan. Jika disajikan tepat waktu namun tidak mencakup seluruh aspek transaksi maka informasi kurang andal. Selanjutnya yaitu memyeimbangkan antara biaya dan manfaat, manfaat yang dihasilkan informasi harus melebihi biaya penyusunannya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Nama : Rafika Dewi Agustin
    NIM : 175231130

    Strategi dan kebijakan yang dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandingkan pada laporan keuangan yang akan diberikan pada pihak pengambil keputusan dari perusahaan bersangkutan bisa menjadi perbandingan apa saja yang harus diperbaiki untuk pelaporan keuangan ke depan termasuk strategi untuk pemasaran produk.

    Kebijakan yang dapat diambil adalah laporan keuangan yang akan dibandingkan harus valid dan tidak ada kesalahan sama sekali. Hal ini akan mempengaruhi reputasi perusahaan.

    ReplyDelete
  7. Nama :An Nisaa'
    NIM : 175231056

    Kendala dalam aspek relevan dan andal adalah Mterialitas dan Keseimbangan antar Karakteristik Kualitatif. Dalam materialitas yang seharusnya memuat semua informasi, laporan keuangan hanya dapat memuat informasi yang memenuhi kriteria materialitas. Informasi dipandang material apabila kelalaian untuk menyertakan atau kesalahan dalam mencatat informasi tersebut dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pengguna yang diambil atas dasar laporan keuangan. Sedangkan kendala dalam Keseimbangan antar Karakteristik Kualitatif harus mewujudkan informasi laporan keuangan yang dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya atau laporan keuangan entitas pelaporan lain pada umumnya serta dapat dipahami oleh pengguna.

    ReplyDelete
  8. Nama : Eka Fatmasari
    NIM : 175231087

    Aspek dapat dipahami dalam laporan keuangan entitas syariah berarti semua pengguna laporan keuangan mulai dari investor sampai dengan masyarakat umum harus paham dan mengerti isi laporan keuangan yang dibuat. Aspek dapat dipahami dalam laporan entitas syariah biasanya memiliki kendala dalam penyusunan laporan keuangan. Adanya peraturan mengenai penyusunan laporan keuangan yang harus sesuai dengan PSAK terkait dan harus relevan tetap dituntut agar dapat mudah dipahami. Hal tersebut menjadi kendala dalam proses pembuatan laporan karena terdapat jenis akun-akun tambahan dengan istilah yang mengacu pada prinsip Islam dan mengakibatkan belum semua kalangan mengenal ataupun paham maksud dari akun tambahan tersebut.

    Aspek dapat dibandingkan merupakan karakteristik aspek dalam laporan keuangan entitas syariah. Laporan keuangan harus dapat dibandingkan dari tahun sekarang dengan tahun-tahun sebelumnya. Laporan keuangan entitas syariah memiliki jenis perbandingan internal dan perbandingan eksternal. Perbandingan internal memiliki kendala dimana apabila peraturan akuntansi terhadap laporan keuangan dari tahun ke tahun berbeda maka laporan keuangan akan sulit untuk dibandingkan. Kendala yang sama juga kemungkinan akan terjadi pada perbandingan eksternal, akan tetapi dalam perbandingan eksternal apabila ada perubahan kebijakan akuntansi maka perubahan akan disampaikan pada saat periode tersebut terjadi.

    ReplyDelete
  9. Nama : Della Marantika
    NIM : 175231151
    Karakteristik laporan keuangan terdapat aspek dapat dibandingkan. Laporan dari satu entitas dapat dibandingkan dengan laporan entitas lainnya jika memiliki penerapan akuntansi yang sama. Jika dari kedua entitas tersebut menerapkan akuntansi yang berbeda bagaimana cara kita sebagai membandingkan laporan tersebut. Apakah dapat dibandingkan atau tidak. Dan apa saja yang perlu dibandingkan dalam laporan keungan syariah.
    Dalam karakteristik laporan keuangan juga terdapat aspek yang dapat dipahami. Bagaimana cara kita memahami dan menganalisis laporan keuangan tersebut jika ada beberapa aspek yang tidak dimengert.

    ReplyDelete
  10. Nama: Happyta Prima Dewi
    NIM: 175231014

    Dalam aspek "relevan" kendala yang akan dihadapi dalam memenuhi karakteristik pokok laporan keuangan syariah adalah ketika laporan keuangan yang sudah direncanakan untuk masa mendatang tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Sehingga rencana yang sudah dirancang sedemikian rupa ternyata memiliki sebuah kendala yang tidak terduga sebelumnya. Maka hal tersebut membutuhkan rencana lain atau rencana cadangan untuk menutup kemungkinan gagal dalam memprediksi laporan keuangan yang akan datang.

    Dalam aspek "andal" kendala yang akan dihadapi adalah apabila penyajian harus memberikan penyusunan secara jujur. Dalam hal ini, setiap hal yang dikerjakan oleh seseorang tentunya akan berbeda-beda. Kendala yang akan dihadapi adalah penyajian laporan yang dibuat tidak sesuai dengan fakta yang ada.

    ReplyDelete
  11. Nama : Dhea Nur Istiqomah
    Nim : 175231103

    Aspek dapat dipahami, kendalanya adalah bagaimana membuat laporan keuangan yang menarik dengan bahasa yang sederhana dan sangat mudah diterima atau dipahami oleh semua kalangan. Sehingga para pengguna akan dengan mudah memahami semua informasi yang disampaikan pada laporan keuangan tersebut. Membuat laporan keuangan yang lengkap,menarik dan dapat diterima oleh semua kalangan/pengguna itu sulit, maka didalamnya harus memperhatikan aturan-aturan pembuatan laporan keuangan.

    Aspek Dapat Dibandingkan, kendalanya adalah jika format penulisan atau kualitas laporan keuangan berbeda maka akan sulit dibandingkan. Selain itu adanya kesalahan didalam menganalisa saat membandingkan laporan keuangan dikarenakan belum begitu memahami laporan keuangan tersebut juga bisa menjadi kendala. Karena aspek ini digunakan untuk membandingkan periode sebelumnya dengan periode terbaru untuk mengetahui perkembangan perusahaan, maka analisa perbandingan ini harus akurat.

    ReplyDelete
  12. Nama : Anis Alfiah
    NIM : 175231003

    Kendala yang dihadapi dalam memenuhi aspek karakteristik pokok keuangan syariah "dapat dipahami" yaitu dalam laporan keuangan harus memenuhi aspek tersebut, apabila laporan keuangan tersebut sulit untuk dipahami maka kualitas dari laporan keuangan tersebut memiliki kualitas yang tidak baik. Sebagai seorang profesional dalam pembuatan laporan keuangan kita harus memiliki pengetahuan mengenai ekonomi dan bisnis,  akuntansi, dan juga memiliki kemauan untuk mempelajari informasi dengan baik. Karena yang membutuhkan laporan keuangan tidak hanya di pihak internal tetapi juga dari berbagai kalangan seperti akademisi, investor, masyarakat dan sebagaimana maka dari itu laporan kuangan tersebut dibuat agar para kalangan mudah memahami nya.

    Yang dimaksud dalam membandingkan disini yaitu perbandingan antara laporan keuangan yang sebelumnya dengan laporan keuangan periode selanjutnya. Kendala yang dihadapi dalam aspek "dapat dibandingkan" yaitu kita harus memahami laporan keuangan perusahaan lainnya dengan usaha yang sejenis.

    ReplyDelete
  13. Nama : Ayu Oktavia Ningsih
    Nim : 175231133

    Kendala dalam aspek "dapat dipahami" dalam menyusun sebuah laporan keuangan harus disusun dengan baik sehingga segala bentuk transaksi yang tercatat didalamnya bisa lebih dimengerti oleh setiap pemimpin divisi yang ada di perusahaan bersangkutan. Ketika laporan bisa terbaca dengan jelas, strategi yang digunakan untuk perencanaan penjualan ke depan juga makin jelas.

    Kendala dalam aspek "dapat dibandingkan" dalam menyusun sebuah laporan keuangan perlu memiliki informasi yang lengkap dan tepercaya sehingga laporan yang diberikan pada pihak pengambil keputusan dari perusahaan bersangkutan bisa menjadi perbandingan apa saja yang harus diperbaiki untuk pelaporan keuangan ke depan termasuk strategi untuk pemasaran produk.

    ReplyDelete
  14. Nama : Arini Okvitasari
    NIM : 175231033


    Kendala yang dihadapi dari aspek "dapat dipahami" adalah setiap pengguna laporan keuangan syariah berasal dari kalangan yang berbeda beda meliputi akademisi, investor, auditor, pemerintah sampai pada kalangan masyarakat umum. Yang mana kesemua kalangan tersebut memiliki tingkat pemahaman yang berbeda beda. Oleh sebab itu agar laporan keuangan dapat memenuhi standar laporan keuangan yang baik maka laporan keuangan harus dapat dipahami dan dimengerti oleh semua kalangan.

    Sedangkan kendala yang dihadapi dalam aspek ''dapat dibandingkan "adalah apabila terdapat perubahan kebijakan dalam penyusunan laporan keuangan selain itu juga harus dapat memahami laporan keuangan perusahaan lain dengan usaha yang sejenis. Yang dimaksud dalam membandingkan disini yaitu perbandingan antara laporan keuangan yang sebelumnya dengan laporan keuangan periode selanjutnya.

    ReplyDelete
  15. Nama : Hasna Luthfiah N
    NIM : 175231094

    Aspek Relevan, kendalanya adalah perihal waktu. Apabila dalam proses penyusunan laporan keuangan tidak tepat waktu maka akan mempengaruhi laporan keuangan di masa yang akan datang. Karena pada aspek relevan, laporan keuangan di masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang saling berkaitan. Apabila ada kesalahan pada laporan keuangan di masa lalu pasti akan mempengaruhi keputusan ekonomi di masa yang akan datang.
    Aspek Andal, kendalanya adalah ketika pada proses penyusunan laporan keuangan terjadi ketidakjujuran atau tidak transparan. Karena apabila terjadi ketidakjujuran pada laporan keuangan maka laporan tersebut akan menyesatkan karena memberikan informasi yang tidak benar sesuai kenyataan atau fakta. Karena pada dasarnya keandalan suatu laporan keuangan dapat dilihat dari aspek kejujuran, dapat dipercaya, dan dapat diverifikasi atau diuji.

    ReplyDelete
  16. Nama : Nurul Katimah
    NIM : 175231105

    Kebijakan yang dapat dirumuskan perusahaan berdasarkan aspek dapat dibandingkan adalah kebijakan akuntansi. Mengapa?? Karena karakteristik laporan keuangan adalah dapat dibandingkan dengan periode-periode sebelumnya, jika hasil perbandingan tersebut kurang baik maka ada yang salah dengan sistem akuntansinya.

    Oleh karena itu, kebijakan yang dapat dilakukan perusahaan adalah mengganti kebijakan akuntansi yang baru dan lebih unggul dari kebijakan akuntansi yang diterapkan sekarang. Akan tetapi jika kebijakan akuntansi yang diterapkan sekarang sudah baik, maka perusahaan bisa tetap menggunakan kebijakan akuntansi tersebut.

    ReplyDelete
  17. Nama : Aprillia Herma Wati
    Nim :175231149

    Kendala dari aspek dapat dipahami yaitu berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan terutama dalam hal transaksi. Apabila penyusunan laporan keuangan tidak memenuhi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), maka laporan akan susah dipahami dan akan menyebabkan kesulitan dalam memprediksi strategi kedepannya yang digunakan untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan.

    Sedangkan kendala pada aspek perbandingan yaitu laporan keuangan diharuskan memiliki informasi yang lengkap dan akurat. Jika tidak lengkap dan akurat, maka sulit untuk mengambil keputusan pada saat melakukan perbandingan apa saja yang perlu diperbaiki untuk laporan keuangan kedepannya.

    ReplyDelete
  18. Nama : Lutfiyana N
    NIM : 175231045

    Strategi/kebijakan yang dapat dirumuskan dalam aspek dapat dibandingkan pada laporan keuangan syariah yaitu :
    - pemakai laporan keuangan syariah harus dapat memperbandingkan Laporan keuangan perusahaan antar periode untuk dapat menilai kecenderungan (trend) posisi dan kinerja keuangan.
    - Pemakai laporan keuangan syariah juga harus memperoleh informasi tentang kebijakan akuntansi yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan dan kebijakan serta pengaruh perubahan tersebut.
    - Melakukan perbandingan laporan keuangan syariah untuk mengevaluasi posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan secara relatif dan konsisten dalam perusahaan yang sama maupun dalam perusahaan yang berbeda.

    Perbandingan antara perusahaan dan konsistensi dalam penerapan metode dari waktu ke waktu akan meningkatkan nilai informasi perbandingan relatif peluang ekonomi atau kinerja.

    ReplyDelete
  19. Nama : Riska Devi Prasetya
    NIM : 175231126

    Kendala yang dihadapi adalah ketika keputusan yang diambil untuk masa yang akan tidak sesuai dengan keputusan yang apa yang diharapkan dan itu bisa berpengaruh besar terhadap suatu perusahaan.
    Kendala yang di hadapi pada aspek andal adalah ketika pembuat laporan keuangan tidak membuat laporan keuangan perusahaannya tidak sesuai dengan apa yang telah di tetapkan, maka itu akan berpengaruh terhadap reputasi sebuah perusahan. Jadi dalam pembuatan laporan keuangan haruslah sesuai dengan peraturan yang terlah ada yang telah disepakati.

    ReplyDelete
  20. Nama : Pingki Handayani
    Nim : 175231138

    Strategi atau kebijakan yang dapat dirumuskan dalam karakteristik laporan keuangan syariah salah satunya yaitu di bagian Dapat dibandingkan yaitu dengan cara membandingkan dengan usaha sejenis. Dapat dibandingkan dalam laporan keuangan syariah dapat di bandingkan dengan lapoan keuangan entitas lainnya, dalam melakukan perbandingan bisa dilakukan secara internal dan cara eksternal. Perbandingan secara internal dapat dilakukan dengan cara mengimplementasikan kebijakan akuntansi yang sama setiap tahunnya. Sedangkan dalam perbandingan menggunakan cara eksternal dapat dilakukan apabila suatu entitas yang akan di bandingkan mengimplementasikan suatu kebijakan akuntansi yang sama.

    ReplyDelete
  21. Nama :Rika oktaviana putri
    NIM :175231129
    jika kita lihat dari aspek yang dapat di pahami, kendala yang di hadapi adalah setiap laporan keuangan harus memenuhi standar akuntansi keungan, di karenakan yang menggunakan laporan keuangan tidak hanya dari kalangan lembaga keuangan namun jjuga masyarakat, akademisi, investor dll. Jadi kita harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas ekonomi, bisnis dan akutansi harus di pelajari dengan wajar dan tekun.
    Jika kendala yang di hadapo dalam aspek dapat di bandingkan yaitu, harus bisa membandingkan laporan keuangan syariah antar periode dan juga bisa membandingkan laporan keuangan perusahaan lain dengan usaha yang sejenis karena laporan keuangannya pasti berbeda. Selain itu kita juga harus bisa membandingakn posisi keuangan antara periode sebelumnya dan selanjutnya

    ReplyDelete
  22. Nama : Anis Safitri
    NIM : 175231131
    - Kendala yang saya hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek dapat dipahami yaitu dari segi cara membaca laporan keuangan. Saya cukup sulit untuk memahami sebuah laporan keuangan. Langsung bingung, pusing kalo suruh baca laporan keuangan. Entah karena apa, mungkin karena dari dulu saya kurang suka dengan materi-materi akuntansi. Serta di laporan keungan penulisannya juga membingungkan.
    - Kendala yang saya hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan yaitu dapat dibandingkan. ena angka" yang bediri sendiri sulit dikatakan baik tidaknya maka dari itu diperlukan pembanding. Hal ini dilakukan agar kita bisa melihat baik tidaknya sesuatu. Jika dalam hal laporan keuangan biasanya berguna untuk membandingkan laporan keuangan yang lama dengan laporan keuangan yang baru untuk memberikan kesimpulan atau dorongan untuk bisa memperbaiki laporan keuangan dimasa mendatang. Kendala dalam hal ini yaitu sulitnya mencari solusi agar laporan keuangan untuk masa depan lebih baik dibandingkan laporan keuangan yang sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Nama : Anis Safitri
    NIM : 175231131
    - Kendala yang saya hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek dapat dipahami yaitu dari segi cara membaca laporan keuangan. Saya cukup sulit untuk memahami sebuah laporan keuangan. Langsung bingung, pusing kalo suruh baca laporan keuangan. Entah karena apa, mungkin karena dari dulu saya kurang suka dengan materi-materi akuntansi. Serta di laporan keungan penulisannya juga membingungkan.
    - Kendala yang saya hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan yaitu dapat dibandingkan. ena angka" yang bediri sendiri sulit dikatakan baik tidaknya maka dari itu diperlukan pembanding. Hal ini dilakukan agar kita bisa melihat baik tidaknya sesuatu. Jika dalam hal laporan keuangan biasanya berguna untuk membandingkan laporan keuangan yang lama dengan laporan keuangan yang baru untuk memberikan kesimpulan atau dorongan untuk bisa memperbaiki laporan keuangan dimasa mendatang. Kendala dalam hal ini yaitu sulitnya mencari solusi agar laporan keuangan untuk masa depan lebih baik dibandingkan laporan keuangan yang sebelumnya

    ReplyDelete
  24. Nama : Anis Safitri
    NIM : 175231131
    - Kendala yang saya hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek dapat dipahami yaitu dari segi cara membaca laporan keuangan. Saya cukup sulit untuk memahami sebuah laporan keuangan. Langsung bingung, pusing kalo suruh baca laporan keuangan. Entah karena apa, mungkin karena dari dulu saya kurang suka dengan materi-materi akuntansi. Serta di laporan keungan penulisannya juga membingungkan.
    - Kendala yang saya hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan yaitu dapat dibandingkan. ena angka" yang bediri sendiri sulit dikatakan baik tidaknya maka dari itu diperlukan pembanding. Hal ini dilakukan agar kita bisa melihat baik tidaknya sesuatu. Jika dalam hal laporan keuangan biasanya berguna untuk membandingkan laporan keuangan yang lama dengan laporan keuangan yang baru untuk memberikan kesimpulan atau dorongan untuk bisa memperbaiki laporan keuangan dimasa mendatang. Kendala dalam hal ini yaitu sulitnya mencari solusi agar laporan keuangan untuk masa depan lebih baik dibandingkan laporan keuangan yang sebelumnya

    ReplyDelete
  25. Nama:Usi Afika Yahya
    Nim:175231004

    Kendala yang dihadapi di kalangan profesional dalam aspek relevan adalah di dalam aspek relevan kan seharusnya laporan yang sebelumnya digunakan untuk masa sekarang dan untuk perbaikan di masa mendatang. Tetapi pada kenyataannya untuk laporan di masa lalu itu masih banyak terjadi laporan-laporan yang juga masih butuh perbaikan. Sehingga persoalannya terletak di dalam suatu laporan yang pasti ada hal yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

    Sedangkan kendala yang dihadapi di kalangan profesional dalam aspek andal adalah mungkin lebih ke penyusunan laporan yang belum sepenuhnya disusun sesuai kenyataan yang ada, baik dari transaksi maupun dari yang lainnya dan itu mungkin masih terjadi untuk saat ini. Dan kendala utamanya adalah sikap jujur ataupun penyajian yang sesuai dengan keadaan mungkin kendala bagi kalangan profesional. Karena harus menyajikan suatu laporan keuangan yang baik dan harus perfect. Dan hal itu mungkin akan ada sedikit unsur kecurangan yang terjadi guna mencapai suatu target yang baik.

    ReplyDelete
  26. Nama : Anis Safitri
    NIM : 175231131
    - Kendala yang saya hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek dapat dipahami yaitu dari segi cara membaca laporan keuangan. Saya cukup sulit untuk memahami sebuah laporan keuangan. Langsung bingung, pusing kalo suruh baca laporan keuangan. Entah karena apa, mungkin karena dari dulu saya kurang suka dengan materi-materi akuntansi. Serta di laporan keungan penulisannya juga membingungkan.
    - Kendala yang saya hadapi ketika sebagai kalangan professional dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan yaitu dapat dibandingkan. ena angka" yang bediri sendiri sulit dikatakan baik tidaknya maka dari itu diperlukan pembanding. Hal ini dilakukan agar kita bisa melihat baik tidaknya sesuatu. Jika dalam hal laporan keuangan biasanya berguna untuk membandingkan laporan keuangan yang lama dengan laporan keuangan yang baru untuk memberikan kesimpulan atau dorongan untuk bisa memperbaiki laporan keuangan dimasa mendatang. Kendala dalam hal ini yaitu sulitnya mencari solusi agar laporan keuangan untuk masa depan lebih baik dibandingkan laporan keuangan yang sebelumnya

    ReplyDelete
  27. Nama: Sarah Andriani
    NIM : 175231086
    1. Kendala yang di hadapi seorang profesional dalam karakteristik laporan keuangan secara relevan adalah adanya ketidak validan sebuah transaksi maupun data maka akan berdampak pada keputusan sebuah manajemen dan dalam sebuah laporan hendaknya disajikan selengkap mungkin guna mencegah adanya ketimpangan dalam laporan keuangan.
    2. Kendala yang di hadapi seorang profesional dalam karakteristik laporan keuangan secara andal adalah bila dalam sebuah transaksi ada ketidakwajaran dalam pelaporannya, maka sebuah laporan harus disajikan sesuai dengan fakta dan apa adanya.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Nama : Afifa Damayanti
    NIM : 175231128

    Laporan keuangan ini memuat informasi tentang transaksi / biaya yang keluar masuk. Bagi investor informasi dari laporan keuangan sangat bermanfaat untuk bahan pertimbangan mengambil keputusan dalam menyuntikan dana atau tidak. Investor wajib memperhatikan angka" yang terdapat dalam laporan keuangan.
    Laporan keuangan yang baik salah satunya harus memiliki karakteristik kualitatif laporan informasi. Salah satunya laporan keuangan bis dibandingkan dengan cara membandingkan laporan keuangan dari salah satu perusahaan dengan laporan keuangan lainnya. Juga bisa membandingakan laporan keuangan tersebut dengan laporan keuangan pada masa lalu dari perusahaan itu sendiri. Agar dapat mengetahui apakah perusahaan tersebut tetap konsisten antara periode satu dengan periode lainnya dalam hal prosedur dan kebijakan akuntansi yang tidak berubah.

    ReplyDelete
  30. Nim : 175231085
    Nama : Niken Ayu Anikasari

    Kebijakan yang dapat digunakan dengan Analisis perbandingan, yang merupakan teknik analisis laporan keuangan yang dilakukan dengan cara menyajikan laporan keuangan secara horizontal dan membandingkan antara satu dengan yang lain, dengan menunjukkan informasi keuangan atau data lainnya baik dalam rupiah atau dalam unit. Teknik perbandingan ini juga dapat menunjukkan kenaikan dan penurunan dalam rupiah atau unit dan juga dalam persentase atau perbandingan dalam bentuk angka perbandingan atau rasio.
    Perbandingan dapat juga dilakukan antara laporan yang sudah dikonversikan ke angka indeks atau laporan bentuk common size bentuk awam. Malah metode ini lebih mudah dan lebih sederhana menafsirkannya disbanding laporan aslinya.
    Dalam melakukan analisis laporan keuangan teknik perbandingan ini, kita dapat membandingkannya dengan angka-angka laporan keuangan tahun lalu, angka laporan keuangan perusahaan sejenis, rasio rata-rat industry, dan rasio normatife sebagai standar perbandingan (yardstick).

    ReplyDelete
  31. Nama: Novia Rachmadani Wijayanti
    NIM: 175231077

    • Dari aspek dipahami, menurut saya adalah bagaimana laporan keuangan harus mudah diterima atau dicerna oleh para pengguna. Jadi, yang membuat laporan keuangan harus berpedoman kepada standar yang telah ditetapkan. Berarti pembuat laporan keuangan harus menguasai teknik pembuatan laporan dan penyajian dalam laporan keuangan sesuai dengan standar yang telah ada.
    • Dari aspek dibandingkan, menurut saya adalah bagaimana laporan sekarang bisa dibandingkan dengan laporan-laporan sebelumnya. Jadi, agar si pengguna dapat mengetahui perkembangan atau perbedaan yang terjadi didalamnya. Karena, hal ini akan berkaitan dengan performa atau kinerja keuangan perusahaan tersebut.

    ReplyDelete
  32. Nama : Puji Rahayu
    NIM : 175231029

    Dalam aspek "dapat dipahami" ini semua pengguna laporan keuangan baik itu pihak internal maupun eksternal yang mana berasal dari kalangan yang berbeda-beda harus dapat mengerti dan memahami apa informasi dalam laporan keuangan tersebut. Kendalanya adalah dalam pembuatan laporan keuangan ini harus dapat dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna agar dapat memahami dan mempelajari informasi yang dimaksud.

    Dalam aspek " dapat dibandingkan" ini yang dimaksud adalah laporan keuangan dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya atau laporan keuangan entitas pelaporan lain pada umunya (usaha yang sejenis). Sehingga dalam kualitas penulisan laporan keuangan ini harus stabil atau bahkan lebih baik maka tidak akan sulit untuk membandingkan laporan sebelumnya.

    ReplyDelete
  33. Nama : Elfish Fajarwati Khomariah
    NIM : 175231152

    Kendala dalam memenuhi karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek Relevan dan Andal, yaitu dalam kedua aspek ini masing-masing memilki syarat atau ketentuan yang harus di penuhi.

    Aspek Relevan
    > Informasi memiliki manfaat umpan balik
    > Informasi memiliki manfaat yang prediksi
    > Tepat waktu
    > Lengkap
    Aspek Andal
    > Disajikan secara jujur
    > Dapat diverifikasi
    > Netralitas

    Syarat-syarat diatas dalam karakteristik pokok laporan keuangan syariah wajib di lakukan tanpa ada pengurangan sedikitpun. Jika saja dalam syarat tersebut kurang maka itu akan menjadi sebuah kendala dalam memenuhi karakteristik laporan keuangan. Sangat penting dalam kedua aspek tersebut jika semua syarat terpenuhi dikarenakan akan menentukan akhir dari repurtasi suatu perusahaan akan baik atau buruk. Syarat-syarat tersebut sudah di tentukan sebagaimana semestinya.

    ReplyDelete
  34. Nama: Ayu Malinda
    Nim : 175231083

    dalam memenuhi aspek karateristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek yang dapat di pahami kendala yang di hadapi oleh kalangan profesional yaitu kurangnya pemahaman terhadap laporan keuangan syariah atau keterbatasan sdm dalam laporan keuangan syariah

    sedangkan dalam aspek dapat di bandingkan kendala yang di hadapi yaitu kurangnya informasi yang lengkap dan terpercaya sehingga masih sulit untuk membandingkan laporan keuangan syariah. dalam aspek dapat di bandingkan ini sangat penting bagi perusahaan sebagai tolak ukur untuk membandingkan apa saja yang harus di perbaiki dalam laporan keuangan syariah di masa mendatang

    ReplyDelete
  35. Nama : Yonas Oktavian Yuandita
    NIM : 175231141

    Kendala yang saya hadapi sebagai mahasiswa profesional dalam aspek dapat dipahami adalah tidak semua pemakai memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas laporan keuangan syariah. Namun dengan adanya laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) sangat memungkinkan untuk mempermudah para pemakai untuk memahaminya.

    Sedangkan dari segi aspek dapat dibandingkan adalah walaupun membandingkannya dengan usaha sejenis belum tentu dapat menemukan sesuatu untuk meraih potensi keuntungan. Mengingat setiap perusahaan memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda dalam kinerjanya.

    ReplyDelete
  36. Nama : Arrum Permatasari PP
    NIM : 175231140

    Strategi atau kebijakan yang dapat dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandingkan pada laporan keuangan syariah adalah sebuah laporan keuangan perlu memiliki informasi lengkap sehingga laporan yang diberikan dapat dibandingkan untuk pelaporan keuangan kedepannya termasuk strategi atau kebijakan dari produk/pemasarannya.
    Strategi nya ialah Pemakai harus dapat membandingkan laporan keuangan antar periode untuk mengidentifikasi kecenderungan posisi dan kinerja keuangan. Agar dapat dibandingkan, informasi tentang kebijakan akuntansi yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan dan perubahan kebijakan serta pengaruh perubahan tersebut juga harus diungkapkan termasuk ketaatan atas standar akuntansi yang berlaku. Bila pemakai akan membandingkan posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan antarperiode, maka entitas perlu menyajikan informasi periode sebelumnya dalam laporan keuangan.

    ReplyDelete
  37. Nama : Wanda Cahyaningrum
    NIM : 175231100

    Strategi atau kebijakan yang dapat dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandingkan pada laporan keuangan syariah ialah dengan penyajian laporan keuangan yang terstruktur, mudah dipahami,dan lengkap. Sehingga mudah untuk mendapatkan informasi dari laporan keuangan yang telah dibuat.

    Serta membandingkan laporan keuangan antar entitas dari tahun ke tahun atau dari periode ke periode, sehingga dapat digunakan untuk mengukur kinerja lembaga keuangan dan sebagai bahan evaluasi,untuk memperbaiki kinerja kedepannya.

    ReplyDelete
  38. Fatur Rohman (175231097)
    1. Kendala yang dihadapi dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek dapat dipahami adalah bagaimana cara kita merancang, menyusun, dan membuat laporan keuangan syariah dengan kualitas yang baik selain itu juga harus mudah dipahami dan dimengerti oleh pemakai atau pengguna informasi tersebut. Laporan keuangan syariah itu juga dinyatakan dalam bentuk yang sederhana serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman dan kemampuan para pengguna informasi laporan keuangan syariah tersebut.
    2. Kendala yang dihadapi dalam memenuhi aspek karakteristik pokok laporan keuangan syariah berdasarkan aspek dapat dibandingkan adalah membuat laporan keuangan syariah yang sesuai dengan standar penyusunan laporan keuangan syariah yang baik dan benar sehingga dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya atau laporan keuangan entitas lain untuk mengidentifikasikan kecenderungan (trend) posisi dan kinerja keuangan suatu perusahaan.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Nama: Herawati Nur Permata Depy
    Nim: 175231048

    Strategi atau kebijakan yang dapat dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandungkan pada laporan keuangan syariah ialah dari hasil laporan keuangan syariah menjadi suatu kebijakan demi meningkatkan keuntungan dengan cara mengambil perbandingan dengan usaha lain yg dr situ kita dapat mencari bagaimana proses untuk mendapatkan keuntungan,dan hal-hal yg dapat menunjang dalam mendapatkan keuntungan berdasarkan syariah yg sudah ditentukan,,

    ReplyDelete
  41. Nama : Aditya Dheny Pratama
    NIM : 175231120

    Strategi atau kebijakan yang dapat dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandingkan pada laporan keuangan syariah ialah dengan penyajian laporan keuangan yang terstruktur, mudah dipahami,dan lengkap. Sehingga mudah untuk mendapatkan informasi dari laporan keuangan yang telah dibuat.

    Serta membandingkan laporan keuangan antar entitas dari tahun ke tahun atau dari periode ke periode, sehingga dapat digunakan untuk mengukur kinerja lembaga keuangan dan sebagai bahan evaluasi,untuk memperbaiki kinerja kedepannya.

    ReplyDelete
  42. Nama Tomi Herbangun
    Nim 175231078


    Strategi dan kebijakan yang dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandingkan pada laporan keuangan yang akan diberikan pada pihak pengambil keputusan dari perusahaan bersangkutan bisa menjadi perbandingan semua yang harus diperbaiki dalam laporan keuangan dimasa depan.

    Kebijakan yang dapat diambil adalah suatu laporan keuangan yang akan dibandingkan-bandingkan harus benar-benar valid tanpa suatu krsalahan. Dikarenakan hal tersebut dapat mempengaruhi reputasi serta nama baik suatu perusahaan.

    ReplyDelete
  43. Nama: Handayani
    NIM : 175231061

    -Kendala yang dihadapi dalam aspek karakteristik "dapat difahami", maksudnya yaitu bagaimana cara agar suatu laporan keuangan mudah difahami oleh penggunanya seperti, investor, karyawan, pemerintah, dsb. Laporan keuangan yang disusun haruslah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang telah ditetapkan, jika suatu laporan keuangan sulit dimengerti oleh para penggunanya bisa dikatakan laporan keuangan tersebut belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang ada. Seperti contohnya yaitu seharusnya dalam laporan keuangan dicantumkan suatu informasi yang kompleks, namun informasi tersebut tidak dikeluarkan dalam laporan keuangan karena mempertimbangkan hal tersebut, dimana setiap pengguna laporan keuangan memiliki pemahaman yang berbeda setiap orangnya, oleh karena pertimbangan itu maka hal tersebut dilakukan agar laporan keuangan dapat mudah difahami oleh para penggunanya.

    -sedangkan untuk karakteristik "dapat dibandingkan" maksudnya bahwasannya laporan keuangan pada periode saat ini dapat dibandingkan dengan periode sebelumnya. Tentu dalam hal ini dalam hal kebijakan akuntansi yang digunakan dalam penyusunan, perubahan kebijakan, serta pengaruh dari adanya perubahan harus diungkapkan serta ketaatan akan Standar akuntansi Keuangan yang ada. Laporan keuangan juga dapat dibandingkan dengan laporan keuangan entitas lain yang terkait, dengan karakteristik inilah akan terlihat perbedaan antara suatu laporan keuangan degan laporan keuangan lain

    ReplyDelete
  44. Nama : Fadzkhul Jannah
    NIM : 175231035

    strategi dan kebijakan yang dapat dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandingkan yaitu dengan membandingkan dengan usaha yang sejenis. Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan. Dengan demikian posisi keuangan maupun bagian yang belum maksinal bisa ditingkatkan untuk memperbaiki posisi perusahaan

    ReplyDelete
  45. Nama : Ayu Kusuma Wardani
    Nim : 175231028

    Pemakai harus dapat membandingkan laporan keuangan entisas antar periode untuk mengidentifikasi kecenderungan posisi dan kinerja keungan. Pemakai juga harus dapat membandingkan laporan keuangan antar entitas untuk mengevaluasai posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan secara relatif. Oleh karena itu, pembandingan berupa pengukuran dan penyajian dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang serupa harus dilakukan secara konsisten untuk entitas tersebut, atar periode entitas yang sama, untuk entitas yang berbeda, maupun dengan entitas yang lain. Agar dapat dibandingkan, informasi tentang kebijakan akuntansi yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan dan perubahan kebijakan serta pengaruh perubahan tersebut juga harus diungkapkan termasuk ketaatan atas standar akutansi yang berlaku. Perbandingan dapat dilakukan secara internal, yaitu membandingkan dengan laporan internal perusahaan jika menggunakan kebijakan yang sama dari tahun ke tahun. Atau dapat juga dilakukan dengan perbandingan secara eksternal, yaitu melakukan perbandingan dengan laporan dari luar perusahaan yang memiliki kebijakan yang sama dengan laporan yang dibuat perusahaan. 

    ReplyDelete
  46. Nama : Rita Anis H.
    Nim : 175231055

    Mengenai strategi atau kebijakan yang dapat dirumuskan berdasarkan aspek dapat dibandingkan yaitu bermaksud bahwa laporan keuangan syariah dapat menjadi salah satu langkah yang dapat diambil perusahaan dalam pengambilan kebijakan atau keputusan dalam peningkatan keuntungan yangmana dibandingan dengan usaha lain yang sejenis. Sehingga, melalui perbandingan laporan keuangan tersebut diharapkan mampu mengevaluasi atau memperbaiki kinerja perusahaan untuk jenjang ke depan yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  47. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete