Monday, February 17, 2020

Manajemen Laba



Setiap periode akuntansi, baik perusahaan, lembaga keuangan, maupun perbankan melakukan pengumuman laba. Pengumuman laba memberikan ringkasan informasi penting mengenai posisi keuangan dan kinerja perusahaan baik untuk periode kuartalmaupun tahunan. Informasi rinci pada laporan keuangan dapat dianalisis untuk memberikan gambaran mengenai kinerja dan prospek perusahaan masa datang yang tidak dapat diperoleh dari ringkasan informasi saat pengumuman laba. Para investor, pemilik modal, dan pihak terkait merupakan pengguna utama dan yang menanti informasi pengumuman laba. Informasi ini juga terkait dengan capaian target yang diinginkan periode sebelumnya.

Manajemen laba dapat didefinisikan sebagai ”intervensi manajemen dengan sengaja dalam proses penentuan laba, biasanya untuk memenuhi tujuan pribadi” (Schipper, 1989). Dalam mengelola laba, terdapat tiga strategi yaitu: meningkatkan laba, mandi besar, dan penataan laba. Masing-masing strategi memiliki cara dan tujuan tertentu yang ditujukan untuk memperoleh manfaat bagi penggunanya. Manajer keuangan memiliki peran penting dalam pengelolaan laba atau sering disebut sebagai manajemen laba.

Perusahaan, lembaga keuangan, dan perbankan melakukan manajemen laba dikarenakan beberapa motivasi, yaitu intensif perjanjian, dampak harga saham, dan ketaatan undang-undang. Motivasi tersebut yang membuat manajer harus berfikir keras dalam mendapatkan sisi keuntungan yang layak bagi pihak yang berkepentingan dengan laba. Pada sisi bawah laporan keuangan, item Laba menjadi penilaian kinerja keuangan dalam kurun satu periode.

Baru-baru ini, pecinta sepak bola dihebohkan oleh salah satu klub sepak bola liga Inggris yang  diduga melakukan penggelembungan dana.  Atas tindakan tersebut membuat klub sepak bola yang bersangkutan harus menerima sanksi. Lebih lengkapnya silahkan baca berita berikut https://sport.detik.com/sepakbola/liga-inggris/d-4900145/city-dilarang-tampil-di-kompetisi-eropa-selama-dua-musim 

Tugas:

NIM dengan angka belakang 1, 3, 5, 7: Ketika Anda memilih kelas kewirausahaan atau Anda memilih sebagai pengusaha, apa yang seharusnya dilakukan untuk menyeimbangkan neraca laporan keuangan?

NIM dengan angka belakang 0, 2, 4, 6Ketika Anda memilih kelas kewirausahaan atau Anda memilih sebagai pengusaha, langkah apa yang Anda tempuh sebelum dan sesudah kejadian tersebut terkait dengan laporan keuangan.

NIM dengan angka belakang 8 dan 9: Ketika Anda memilih kelas kewirausahaan atau Anda memilih sebagai pengusaha, sikap apa yang harus dilakukan ketika Anda menjadi orang yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut?
Categories:

37 comments:

  1. pengumuman laba di lakukan bertujuan agar pendapatan yg diterima bersifat transparansi dan menghindari tuduhan yg sensitif. maka langkah sebelumnya yg di tempuh sudah benar dengan menyampaikan pengumuman laba yang du dapat. bila sudah terjadi seperti itu maka langkah yg diambil adalah pembuktian secara nyata antara tuduhan dengan bukti bukti yg ada.


    faizal hamdan maheri (175231156)

    ReplyDelete
  2. Nama : Niken Meganingtyas
    NIM : 175231115

    Sebagai wirausaha hal yang seharusnya dilakukan untuk menyeimbangkan neraca laporan keuangan adalah :
    a. Melakukan analisa yang lebih teliti terhadap elemen-elemen yang berpengaruh dalam proses transaksi seperti aktiva, utang, biaya, pendapatan, dan modal.
    b. Melakukan analisis terhadap elemen-elemen yang terkait, apakah transaksi tersebut bisa menambah atau mengurangi pada elemen tersebut.
    c. Melakukan analisis pada bagian debit dan kredit yang sudah dilakukan, apakah ada tambahan elemen tertentu yang harus di masukan pada sisi debit ataupun kredit.
    d. Melakukan perbandingan antara angka-angka yang sudah di-posting dengan angka-angka pada bukti pembayaran, rekening, dan sejenisnya.
    e. Menguji ulang semua kesamaan antara bagian debit dan kredit dengan keseluruhan catatan yang ada pada jurnal.
    f. Menuliskan secara urut sesuai dengan nomor rekening.
    g. Menuliskan secara urut berdasarkan tanggal terjadinya transaksi terjadi.
    Melakukan cek pada penulisan angka khususnya pada tanda titik dan koma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai pengusaha yang baik dan profesional sikap yang saya ambil adalah mengakui kesalahan bila saya salah. Namun bila isu yang di sampaikan tidak sesuai dengan kenyataan maka saya berani membuktikan bahwa itu tidak benar.

      Rismanto (1753231158)

      Delete
  3. Nama : Rizky Amalia Fatimah
    NIM : 175231088

    Jika saya menjadi orang yang bertanggung jawab atas penggelembungan dana sponsor tersebut, maka langkah awal saya adalah menerima semua sanksi yang diberikan, karena pihak saya memang melakukan kesalahan fatal. Kemudian saya akan meminta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan atas kejadian tersebut, dan jika ada oknum saya yang melakukan hal tersebut dengan sengaja, maka saya akan mengeluarkannya dari pekerjaan nya karena telah melakukan kesalahan besar yang merusak reputasi saya dan juga Manc. City.

    ReplyDelete
  4. Rizky Amalia FatimahFebruary 17, 2020 at 3:38 PM

    Nama : Rizky Amalia Fatimah
    NIM : 175231088

    Jika saya menjadi orang yang bertanggung jawab atas penggelembungan dana sponsor tersebut, maka langkah awal saya adalah menerima semua sanksi yang diberikan, karena pihak saya memang melakukan kesalahan fatal. Kemudian saya akan meminta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan atas kejadian tersebut, dan jika ada oknum saya yang melakukan hal tersebut dengan sengaja, maka saya akan mengeluarkannya dari pekerjaan nya karena telah melakukan kesalahan besar yang merusak reputasi saya dan juga Manc. City.

    ReplyDelete
  5. Retna Ayu Cahyani //
    175231145

    # Sebagai pembisnis atau pengusaha , yang harus saya perhatikan adalah modal saya dan analisis pendapatan. Tujuannya adalah agar biaya-biaya baik itu biaya produksi, operasional dan biaya lainya di pastikan tidak melebihi grafik dana masuk atau pendapatan. Sehingga saat di sajikan dalam laporan keuangan terlihat jelas perusahaan tidak terjadi kerugian yang mengisyaratkan kebangkrutan di mata pemakai laporan keuangan. Dengan menekan penggunaan biaya pengeluaran namun tetap memaksimalkan produk serta sistem pemasaran dan managemen yang optimal maka akan ada keseimbangan pada laporan keuangan bahkan keinginan untuk mendapatkan marginpun bisa sesuai yang di harapkan.

    ReplyDelete
  6. nama =Arifin
    nim =175231148
    sebagai pengusaha seharus segala hal yang berhubungan dengan usahanya harus teliti dan transparn
    dalam membuat laporan harus trasparan dan teliti dalam menganalisis secara terperinci terhadap aspek-aspek yang berkaitan dengan usahanya

    ReplyDelete
  7. Ibnu Mu'anam
    175231134

    Langkah yang saya akan tempuh ketika sebelum terjadinya hal tersebut adalah akan melakukan transparasi terhadap laporan keuangan tersebut jika di situ benar akan terjadinya financial fair play akan mennerimanya. Tetapi di situ saya juga tidak akan tinggal diam begitu saja,saya akan melakukan perombakan besar-besar an kepada pegawai disitu. Dan langkah keduanya saya akan mengajukan banding kepada pngadilan tinggi sepak bola, karena hal seperti ini membuat kerugian yang sangat besar unutuk 2 tahun kedepannya.

    ReplyDelete
  8. Juwita Wulantari
    175231102

    Sebagai seorang pengusaha/wirausahawan memang terkait dengan laporan keuangan harus bersifat transparan dan terbuka kepada pihak penting yang terkait demi menghindari tuduhan-tuduhan negatif mengenai laporan keuangan tersebut. Semisal memang benar saya melakukan penggelembungam dana tersebut maka yang dilakukan adalah menerima sanksi yang diberikan dan membayar denda yang telah ditetapkan karena secara real telah menggelembungkan dana tersebut. Tidak hanya itu, meminta maaf kepada setiap pihak yang terkait juga penting untuk tetap menjalin hubungan baik sesama pihak yang berdangkutan.

    ReplyDelete
  9. Melihat kasus yang ditempa manchester city hal yang paling mendasar adalah tidak adanya transparansi antara pihak manajemen club dengan publik sehingga laporan keuangan yang ada direkayasa dibuktikan dengan 70 dokumen yang terkuak oleh rui pinto (hacker) asal Portugal tersebut. Dengan tidak adanya transparansi tersebut justru akan merugikan pihak perusahaan dan jika mungkin ada kebocoran akan berimbas pada aturan finansial fairplay yang ada. Sebagai perusahaan besar sekelas manchester city seharusnya mempunyai cyber yang bisa menjamin keamanan dan privacy perusahaan tersebut. Dan perlu adanya analisa utang pendapatan biaya dan modal yang ada.

    Bagus satrio aji (175231015)

    ReplyDelete
  10. Yg dilakukan sebagai seorang wirausahawan utk menyeimbangkan neraca laporan keuangan yaitu memperhatikan kondisi utang dan piutang, memperhatikan saldo kas, memperhatikan saldo/ jumlah persediaan barang (jika perusahaan dagang), memperhatikan resiko finansial bisnis (aspek likuiditas, aspek adaptabilitas, aspek durabilitas) dan yang penting menyeimbangkan 3 komponen penting : aset, beban, dan ekuitas (modal)

    Naufal Ikhlas Ksatria (175231155)

    ReplyDelete
  11. Nama : Endah Deta L P
    Nim : 175231121
    Hal yang perlu saya lakukan apabila terjadi ketidakseimbangan neraca laporan keuangan yaitu :
    1. Diperlukannya pengecekan kembali, apakah transaksi yang dilakukan sudah benar pada kredit maupun debit. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada transaksi yang dimasukkan ke kolom yang salah, misalnya transaksi x yang seharusnya di debit malah di kolom kredit.
    2. Perlunya pengecekan ulang mengenai nominal yang ada, misalnya kesalahan pengetikan yang seharusnya ribuan malah ratusan. Hal ini yang membuat jumlahnya selisih antara kredit dan debit.
    3. Apabila masih tidak balance, perlu pengecekan ulang pada bukti transaksi yang telah terjadi.
    Untuk menghindari hal tersebut maka diperlukannya ketelitian dalam penulisan laporan agar tidak terjadi ketidakseimbangan laporan keuangan. Yang perlu dilakukan seperti mengoreksi apakah pengeluaran atau pemasukan sudah tepat pada kolomnya debit atau kredit, pengecekan kembali nominal pada transaksi, mengecek kembali jumlah penjumlahan/pengurangan nominal, menulis nomor pada setiap transaksi, menulis note pada setiap transaksi, menulis tanggal pada saat kejadian transaksi, yang paling penting yaitu tetap menyimpan nota/bukti transaksi. Dengan langkah-langkah tersebut, akan mengurangi resiko ketidakseimbangan neraca laporan keuangan.

    ReplyDelete
  12. Nama : Ardhi Tri Prasetyo
    NIM : 175231162

    Dalam langkah awal menangani laporan keuangan seorangan pengusaha yang baru membuka usaha adalah dengan melakukan penangan stok barang usaha yang akan dia gunakan. Modal awal .
    yang kedua
    melakukan kalkulasi pengeluaran apabila dalam usaha tersebut menggunakan karyawan yang banyak seperti usaha makanan,.
    yang ketiga
    membuat laporan keuangan yang mudah untuk digunakan oleh karyawan yang bertugas di admin agar tidak terjadi eror dalam pemasukan laporan.
    yang keempat
    melakukan perkiraan atas usaha tersebut kedepannya dalam laporan keuangan bulanan yang dibuat pertama kali.

    ReplyDelete
  13. Nama : Hamid Anjar Kasih
    Nim : 175231125

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Hal yang perlu diperhatikan untuk menyeimbangkan neraca laporan keuangan adalah dengan memperhatikan dari segi Asset, Kewajiban dan Ekuitas kita. Rumus dasar yang kita ketahui dalam pencacatan laporan keuangan khususnya neraca adalah Aktiva = Kewajiban + Ekuitas, jika mengacu pada rumus tersebut maka sudah jelas bahwa harus adanya balance antara Aktiva dengan Kewajiban dan Ekuitas. Jika dibahas lebih luas lagi, Modal juga dinilai penting dan bersifat cukup vital dalam pengembangan sebuah usaha. Dengan semakin besarnya Laba Maka semakin besar juga para pengusaha mendapatkan keuntungan dan lebih mudah pula mereka dalam mengembangkan usaha. Cara untuk memperoleh modal adalah bisa dari pemilik perusahaan yang menginvestasikan dananya, hutang kepada pihak lain yang memiliki kelebihan dana ataupun lembaga pembiayaan contohnya Bank dan bisa juga dengan menjual saham perusahaan pada orang yang kelebihan dana. Dari cara yang ketiga ini, yang perlu diperhatikan disini adalah tentu kita harus meperbaiki Laba atau Profit dari perusahaan terlebih dahulu supaya perusahaan itu bisa go public untuk mendapatkan suntikan modal yang lebih dari para investor saham. Jika menanggapi kasus yang dialami oleh salah satu club sepak bola dari inggris ini, yang menjadi permasalahan adalah manajemen club yang dengan sengaja memanipulasi data keuangan mereka sehingga membuat mereka dikenai sanksi. Berbicara diluar konteks agama, Akhlak juga sangat penting untuk membangun sebuah perusahaan agar lebih maju lagi. Kejujuran adalah syarat utama yang harus dimiliki untuk mengelola sebuah intsansi ataupun perusahaan, tidak usah jauh-jauh sampai negara sebelah. Di Negara kita saja juga sedang dilanda krisis moral dan Akhlak, dimana sebuah kasus korupsi seakan-akan menjadi tren dan budaya yang melekat pada kepribadian para pejabat yang duduk dikursi pemerintahan.

    Sedikit saran saja, sebaiknya Bapak mengambil isu yang ada didalam negeri saja. Mungkin itu akan menjadi lebih menarik lagi untuk dibahas, dikaji serta didiskusikan. Hidup Mahasiswa, Hidup Buruh, Hidup Tani, Hidup Rakyat miskin kota.

    #Billahi fii sabilil haq
    #Fastabiqul Khairat

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  14. Wahyu Aji Galih Muslim (175231074)

    Sebagai pengusaha, sebelum kejadian tersebut tentunya kami akan selalu melakukan pengecekan secara bertahap atau bahkan secara diam-diam terhadap laporan keuangan bila memang audit kami kinerjanya sedikit diragukan atau mungkin dipercaya tapi tidak Ada salahnya juga melakukan pengecekan diam-diam, Dan setelah kejadian tersebut, jangan Mudah percaya bila belum Ada bukti yang nyata, jaman sekarang banyak berita yang kebenarannya sangat diragukan.. Dan apabila sudah terbukti, tindakan selanjutnya adalah lebih berhati-hati lagi

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Putri Febriana / 175231084

    "Manchester City melakukan penggelembungan pendapatan sponsor dalam laporan keuangan pada rentang 2012 hingga 2016 yang diserahkan ke UEFA"

    Dari informasi tersebut dapat dilihat bahwa Manchester City memanipulasi data. Hal tersebut dapat terjadi karena tidak adanya transparansi terhadap laporan keuangan. Karena memanipulasi data termasuk kedalam kecurangan (fraud), maka calon pengusaha harus melakukan tindakan antisipasi atau membentuk manajemen risiko sebelum melakukan usahanya.

    Berbagai cara dapat dilakukan calon pengusaha diantaranya yang pertama dengan menggunakan software yang accountable. Dengan menggunakan software ini maka dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengawasan kerja, kemudian kerahasiaan data juga terjamin. Kedua, dapat memperketat pelaksanaan SOP sehingga para pekerja dapat tertib dan tidak melakukan hal yang melenceng karena terdapat sanksi dan reward yang diberikan. Ketiga, menciptakan kultur perusahaan yang baik seperti berkomunikasi yang baik, membuat visi dan misi perusahaan, adanya reward dan konsekuensi. Dengan adanya kultur perusahaan yang baik maka akan memberikan transparansi, rasa hormat dan tanggung jawab untuk melaksanakan peraturan sehingga akan meminimalisir kecurangan seperti memanipulasi data.

    Sedangkan sikap yang saya ambil ketika sudah terdapat kesalahan ataupun kecurangan maka saya akan memberikan sanksi yang telah dibuat diawal (perjanjian kerja). Seperti mengajukan pidana pihak terkait, meminta ganti rugi ataupun putus hubungan kerja.

    ReplyDelete
  17. Jika saya menjadi orang yang bertanggung jawab pada penggelembungan dana tersebut, mau tidak mau saya harus menerima sanksi yang diberikan. Dan mengusahakan hal tersebut tidak terulang kembali jika saya masih diberi kepercayaan untuk bertanggung jawab atas itu. Agar hal tersebut tidak terjadi kembali, maka perlu dilakukan investigasi untuk menemukan sumber penyebab dari masalah tersebut dan membersihkan parasit yang menyebabkan hal ini terjadi. Mengupayakan kembalinya citra baik, atau kebangkrutan adalah akhir segalanya. Bisa juga dilakukan pembaruan pengurus.


    Nama : Wiwid Fitriany
    Nim : 175231089

    ReplyDelete
  18. Annisa Nurhalisa 175231037
    Neraca pada hakekatnya merupakan laporan yang menyeimbangkan aktiva (harta) dan pasiva (kewajiban). Jadi kamu buat dulu total aktivanya, yang terdiri dari kas, perlengkapan, peralatan, piutang usaha, dan lain-lain. Kemudian kamu buat total pasivanya, yang terdiri dari utang usaha, utang bank, dan modal usaha. Jumlah total aktiva harus sama dengan jumlah total pasiva. 

    ReplyDelete
  19. Nama : Nurul Safitri
    Nim : 175231060

    Jika saya sebagai pengusaha hal yang saya lakukan sebelumnya saya akan menganalisis keuangan untuk periode kedepan. Setelah itu saya akan mengumumkan laba yang saya dapatkan. Karena pengumuman laba juga berpengaruh pada pelanggan ataupun mitra. Selain itu pengumuman laba juga berpengaruh pada investor.

    ReplyDelete
  20. Tindakan yang di lakukan oleh seorang pengusaha dalam menyeimbangkan neraca laporan keuangan yaitu:
    1. Seorang pengusaha harus teliti dalam sebuah transaksi
    2. Dalam sebuah transaksi harus benar-benar seimbang dalam pencatatan keluar masuknya sebuah transaksi keuangan apakah itu bertambah atau berkurang.
    3. Mencatat transaksi sesuai tanggal transaksinya. Yaitu dimana sebuah transaksi dibsetiap harinya harus dicatat
    4. Harus adanya pembukuan setiap bulannya. Dimana tujuan ini agar mengecek kebenaran dalam sebuah transaksi.
    5. Sikap saling keterbukaan antara rekan atau anggota usaha, karena dengan adanya keterbukaan maka tidak mungkin akan terjadinya penyelewengan.

    ReplyDelete
  21. Tiyas Sariningrum
    175231112

    Sebelumnya, saya akan tetap melakukan double, triple, bahkan kwartet checking sebagaimana mestinya dalam mengkaji laporan keuangan, selanjutnya melakukan publishing terkait laporan keuangan tersebut agar ada transparansi antara pembuat laporan maupun penggunanya untuk menghindarkan dari opini-opini negatif. Dan jika Manchester City terbukti melakukan penggelembungan dana pelanggaran Financial Fair Play seperti telah disebutkan, maka wajib menanggung konsekuensinya dengan membenarkan dakwaan dan meminta maaf kepada semua pihak terkait, tak lupa untuk menyelidiki tim audit karena ikut andil dan berperan besar dalam kecurangan ini, sanksi akan benar-benar dijatuhkan untuk semua oknum yang berperan di dalamnya, entah denda maupun sanksi sosial yang mana harus diberhentikan dari permainan selama 2 musim. Setelahnya, biaya ganti rugi harus di klaim sesuai dengan kesepakatan awal jika kontrak tersebut rusak.

    ReplyDelete
  22. Fitriyani Jannah (175231143)

    Perihal kasus yang menimpa salah satu club sepak bola ternama yakni manchester city, kunci permasalahan yang utama yaitu terletak pada ketidak transparansian antara pihak manajemen club dengan publik sehingga terjadinya perekayasaan laporan keuangan yang terjadi selama tahun 2012 hingga tahun 2016. Yang dimana hal tersebut justru hanya dapat merugikan pihak perusahaan itu sendiri. Dengan adanya kasus tersebut, saya yang di posisikan sebagai pihak wirausaha tentunya dapat menelaah secara pasti bahwa perlu adanya pengawasan yang ketat serta strategi yang tepat dalam menyeimbangkan laporan keuangan sehingga tidak terjadinya kasus perekayasaan. Teruntuk itu perlu adanya analisa utang, pendapatan, biaya dan modal yang ada, serta melakukan berbagai tindakan untuk tetap menjaga keseimbangan neraca laporan keuangan yang ada sehingga terhindar dari adanya kasus perekayasaan laporan keuangan yang sejatinya dapat merugikan perusahaan itu sendiri. Cara cara yang dapat dilakukan dalam menjaga keseimbangan laporan keuangan adalah dengan mendata serta mencatat secara pasti setiap adanya dana aliran masuk maupun dana aliran keluar, melakukan analisa terhadap setiap elemen penting yang terdapat pada laporan keuangan yang antara lain mengenai aktiva, pendapatan, biaya, modal, dan utang, dilakukan pengecekan kembali terhadap transaksi-transaksi yang dilakukan apakah sudah benar penempatannya pada posisi kredit maupun debit, serta menyertakan bukti-bukti transaksi sehingga dapat di pertanggung jawabkan apabila nantinya terjadi kesalahan dalam menginput data keuangan yang ada. Dengan adanya keseimbangan laporan keuangan serta pengawasan yang ketat dari pihak terkait, pastinya semakin sedikit risiko yang diterima oleh perusahaan sehingga dapat terhindar dari kasus perekayasaan laporan keuangan seperti halnya kasus yang telah disebutkan.

    ReplyDelete
  23. Nama : Miftakhul Nur Hayati
    NIM : 175231159


    Pertanyaan:
    Ketika anda memilih kelas kewirausahaan atau pengusaha, sikap apa yang harus dilakukan ketika anda menjadi orang yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut!

    Jawab :

    1. Langkah pertama yang saya ambil yaitu melakukan banding atas hukuman atau sanksi yang diberikan UEFA kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)
    Dengan melakukan banding hukuman, saya berharap pihak CAS mempertimbangkan resiko yang akan dialami jika Manchester City dilarang mengikuti kompetisi Eropa, sanksi tersebut sebanding atau tidak dengan resiko tersebut. Jika sanksi tersebut sangat merugikan pihak Manchester City maka saya berharap ada keringanan atas sanksi tersebut.

    2. Kedua, saya akan berkoordinasi kepada tim dan pihak-pihak Manchester City untuk merundingkan dan menyiapkan strategi kedepannya

    3. Ketiga, saya akan berusaha mengembalikan citra dari Manchester City. Dengan adanya kasus tersebut pasti citra dari Manchester City menjadi buruk, untuk itu saya akan melakukan upaya agar reputasi Manchester City bisa kembali baik.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Sifa fauziah
    Nim:175231124
    Sebagai seorang calon pengusaha atau wirausahawan dalam menghadapi masalah tersebut disebuah perusahaan harus diterapkan sistem transparansi pada manajemen nya agar tidak timbul masalah2 conyohnya kecurangan dalam manajemen keuangan, kemudian pada setiap perusahaan harus memiliki sistem aplikasi yang bertugas untuk mengecek kecurangan atau kejanggalan dalam penginputan data dari suatu perusahaan, kemudian selalu dipantaunya setiap karyawan adanya pendekatan secara pribadi antara atasan dengan karyawan agar tertanam sikap saling tanggung jawab dalam melakukan tugas dan kemudian adanya standar opersional perusahaan yang diperketat agar meminimalisir para oknum2 perusahaan yang mungkin akan berniat buruk terhadap perusahaan.
    Kemudian jika permasalahan itu memang sudah benar2 terjadi maka perusahaan akan menindak lanjutinya dengan menyerahkan oknum2 jahat tersebut kepada pihak yang berwajib untuk mengambil jalan tengah yg sesuai dengan perjanjian awal saat bekerja pada perusahaan.

    ReplyDelete
  26. Sebelum, manajemen harus menghapus beberapa aktiva dan membebankan perkiraan biaya yang akan datang pada laporan saat ini. Selain itu ia juga harus melakukan clear the desk atau menyembunyikan bukti yang ada, sehingga laba yang dilaporkan di periode yang akan datang meningkat.
    Sesudah, Tindakan yang dilakukan manajemen adalah dengan memanipulasi data akuntansi dalam laporan. Selain itu meratakan laba yang dilaporkan untuk tujuan pelaporan eksternal, terutama bagi investor karena pada umumnya investor lebih menyukai laba yang relatif stabil.


    Dewi Tri Hidayanti (175231154)

    ReplyDelete
  27. Nama : Diyah Setiyawati
    NIM : 175231070

    Sebagai pengusaha tentunya saya harus memikirkan dan mengetahui tindakan apa yang saya lakukan beserta dengan risiko yang akan mungkin terjadi jika saya melakukan hal tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, saya akan menyajikan laporan keuangan yang benar sesuai dengan kenyataan yang ada, untuk memberikan informasi kinerja keuangan dan prospek yang telah dicapai. Dan setelah kejadian itu memang harus diselidiki secara mendalam apakah memang dari pihak Manchester City itu bersalah sepenuhnya atau tidak, tetapi jika terbukti salah mereka sebaiknya mengakui kesalahan dan harus memperbaiki laporan keuangannya, nama baik dan membayar dendanya sebesar tiga puluh juta euro.

    ReplyDelete
  28. Iin febri kusuma wardani
    175231160
    a. Memiliki Sistem Pengendalian Yang Baik

    Berkaitan dengan pengendalian internal, Committee of Sponsoring Organizations (COSO) mengharuskan perusahaan untuk memiliki kerangka pengendalian internal sebagai berikut:

    lingkungan pengendalian yang baik
    penilaian resiko
    aktivitas pengendalian yang baik
    arus komunikasi dan informasi yang baik
    pengawasan

    1. Lingkungan pengendalian,

    Merupakan lingkungan kerja yang diciptakan atau dibentuk oleh perusahaan bagi para karyawan. Unsur – unsur lingkungan pengendalian meliputi hal–hal berikut:

    Peran dan contoh manajemen
    Komunikasi manajemen
    Perekrutan yang tepat
    Struktur organisasi yang jelas
    Internal audit perusahaan yang efektif
    2. Arus komunikasi dan informasi yang baik (sistem akuntansi)

    Setiap fraud yang terjadi pasti meliputi tindakan kecurangan, menyembunyikan kecurangan, dan konversi. Oleh karena sistem akuntansi yang baik dan benar dapat menyediakan jejak audit yang dapat membantu fraud ditemukan dan mempersulit penyembunyian.

    Sistem akuntansi yang baik harus memastikan bahwa transaksi yang tercatat mencakup kriteria berikut:

    Sah
    Diotorisasi dengan benar
    Lengkap
    Diklasifikasikan dengan benar
    Dilaporkan pada periode yang benar
    Dinilai dengan benar
    Diikhtisarkan dengan benar
    3. Aktivitas atau prosedur pengendalian

    Agar perilaku karyawan sesuai dengan apa yang diinginkan Anda sebagai pebisnis dan membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya, tentu diperlukan lima prosedur pengendalian yang utama:

    Pemisahan tugas atau pengawasan ganda
    Sistem otorisasi
    Pengecekan independen
    Pengamanan fisik
    Dokumen dan pencatatan
    b. Menghambat terjadinya kolusi

    c. Mengawasi karyawan dan menyediakan saluran telekomunikasi untuk pelaporan fraud

    d. Menciptakan gambaran hukuman yang akan diterima bila melakukan fraud

    e. Melaksanakan pemeriksaan secara proaktif.

    ReplyDelete
  29. Nama: Hafilda Khoirun Nisa
    NIM : 175231075
    Sebagai pengusaha, yang seharusnya dilakukan untuk menyeimbangkan neraca laporan keuangan yaitu dengan melihat 4 komponen utama dari neraca laporan keuangan. Dalam hal menjalankan usaha, pengusaha harus melihat dari sisi saldo kas, piutang/uang muka, persesiaan akan barang usaha, dan hutang. Untuk menyeimbangkan neraca laporan keuangan dengan melihat 4 komponen tersebut, maka akan terlihat laba dari usaha yang dijalankan dan akan terlihat transparan suatu usaha tersebut.

    ReplyDelete
  30. Nama : uli muslikhah
    Nim : 175231127

    Menyeimbangkan neraca laporan keuangan, dengan melakukan analisa yang lebih teliti terhadap elemen-elemen yang berpengaruh dalam proses transaksi seperti aktiva,utang,biaya,pendapatan,& modal. Kemudian melakukan analisis terhadap elemen-elemen yang terkait Apakah transaksi tersebut bisa menambah atau mengurangi pada elemen-elemen tersebut. dan menguji semua kesamaan antara debit dan kredit dengan keseluruhan catatan yang ada di jurnal. Kemudian menulis kembali secara urut nomor rekening berdasarkan tanggal terjadinya transaksi saat itu, dan melakukan pengecekan kembali pada penulisan angka agar tidak terjadi kekeliruan dalam laporan keuangnya.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Nama: Galuh Resti Setyani
    NIM. : 175231146


    Ketika saya menjadi pengusaha yang saya lakukan sebelum club sepak bola melakukan penggelembubgan dana yang menyebabkan mendapatkan saksi.
    dapat mencegah terjadinya manajemen laba. Mekanisme corporate governance merupakan salah satu cara untuk mencegah tindakan manajemen laba yang dilakukan oleh manajer. Mekanisme tersebut meliputi kepemilikan manajerial, dewan komisaris, komite audit, dan investor institusional. Kepemilikan manajerial, yaitu dengan meningkatkan kepemilikan manajerial yang akan menyelaraskan kepentingan manajer dengan pemegang saham, sehingga perilaku oportunistik manajer dapat dikurangi. Selain kepemilikan manajerial, peranan dewan komisaris juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas laba dengan membatasi tingkat manajemen laba melalui fungsi pemonitoran atas pelaporan keuangan. Selain itu, dengan adanya komite audit yang bertanggung jawab untuk mengawasi laporan keuangan, mengawasi audit eksternal, dan mengawasi sistem pengendalian internal (termasuk audit internal), diharapkan dapat mengurangi sifat opportunistic manajer dalam melakukan manajemen laba. Selain itu, juga terdapat investor institusional yang berfungsi melakukan monitoring terhadap perilaku manajerial, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas laba dengan demikian nilai perusahaan juga meningkat.


    Sesudah terjadi peristiwa
    Tetap selalu waspda kepasa manajer karena si manager lebih mengetahui apa saja
    Lebih teliti lagi dalam melakukan pendanaan
    Selalu melakukan perbaikan dan
    Memberikan sanksi yang harus di terima. Dan meningkatkan kinerja supaya mendapatkan laba yang banyak.

    ReplyDelete
  33. Nama : Said Satria
    NIM : 175231147

    Neraca pada hakekatnya merupakan laporan yang menyeimbangkan aktiva (harta) dan pasiva (kewajiban). 

    Dan sebagai pemilik perusahaan/pengusaha soal kebocoran seperti itu merupakan kerugian besar karena dapat mempengaruhi kepercayaan clien kepada perusahaan

    Jadi, sebagai seorang pengusaha/pemilik perusahaan, Neraca Laporan Keuangan kita buat dulu total aktivanya, yang terdiri dari kas, perlengkapan, peralatan, piutang usaha, dan lain-lain. Kemudian kita buat total pasivanya, yang terdiri dari utang usaha, utang bank, dan modal usaha. Jumlah total aktiva harus sama dengan jumlah total pasiva. 

    ReplyDelete
  34. Nama : Ammeisa Rahayuni
    NIM : 175231044

    Ketika saya menjadi seorang pengusaha, yang akan saya lakukan sebelum terjadi penggelembungan dana seperti kasus salah satu klub sepak bola liga inggris diatas adalah :
    Mengacu pada Albrecht, Albrecht, Albrecht, dan Zimbelman (2009:109), salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk mencegah fraud yaitu dengan mengurangi peluang terjadinya fraud dengan memperhatikan hal–hal berikut ini:
    a.Memiliki Sistem Pengendalian Yang Baik
    Berkaitan dengan pengendalian internal, Committee of Sponsoring Organizations (COSO)   mengharuskan perusahaan untuk memiliki kerangka pengendalian internal sebagai berikut:
    Lingkungan pengendalian yang baik
    Penilaian resiko
    Aktivitas pengendalian yang baik
    Arus komunikasi dan informasi yang baik
    Pengawasan
    b.Menghambat terjadinya kolusi
    c.Mengawasi karyawan dan menyediakan saluran telekomunikasi untuk pelaporan fraud
    d.Menciptakan gambaran hukuman yang akan diterima bila melakukan fraud
    e.Melaksanakan pemeriksaan secara proaktif.

    Saya juga akan melakukan hal-hal berikut :
    Membuat manajemen resiko
    Background check terhadap semua karyawan
    Kontrol internal perusahaan
    Apabila kasus penggelembungan dana tersebut telah terjadi, sebagai pengusaha saya akan mengakui bahwa itu memang kesalahan perusahaan untuk pihak-pihak hukum. Dan saya akan melakukan pencarian sumber masalah dalam kasus ini yang selanjutkan akan memberikan sanksi kepada pihak yang bersalah sesuai dengan kesepakatan di awal kontrak kerja.

    ReplyDelete
  35. Jika saya seorang pengusaha hal yang akan di tempuh yaitu
    Sebelum:
    1. Lebih transparan dalam melaporkan keuangan perusahaan
    2. Lebih perhitungan sebelum berbelanja pemain.
    Sesudah:
    1. Menyeimbangkan neraca keuangan
    2. Bila memang bersalah bersedia menerima sanksi dan denda
    3. Dalam kondisi tertentu akan menjual pemain.

    Nama : Siti Sholikhatun
    NIM : 175231104

    ReplyDelete
  36. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete