Friday, March 27, 2020

Perkreditan




Pengertian kredit memiliki keanekaragaman, dapat dimulai dari kata “Kredit” yang berasal dari Bahasa Yunani “Credere” yang berarti “kepercayaan” atau dalam Bahasa latin “Creditum” memiliki arti kepercayaan akan kebenaran. Dalam kehidupan sehari-hari, pengertian kredit berkembang luas, diantaranya sebagai berikut:
a. Kredit adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakan suatu pinjaman dengan janji pembayaran akan ditangguhkan pada suatu jangka tertentu sesuai dengan kesepakatan.
b.    UU No. 10 tahun 1998 menyebutkan bahwa kredit adalah "penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.
c.    Menurut Muljono, kredit adalah kemampuan untuk melakukan pembelian atau melaksanakan suatu pinjaman dengan perjanjian untuk membayar dalam waktu yang ditentukan.
d.    Menurut Hasibuan, Menjelaskan bahwa kredit ialah semua jenis pinjaman yang harus dibayar bersama bunganya oleh peminjam seperti perjanjian yang disepakati bersama.
Prinsip-prinsip perkreditan yang dijalankan oleh bank adalah prinsip 5C, beberapa orang ada yang menyebutkan prinsip 6C. Hal ini dilakukan agar perbankan tetap dalam kondisi yang sehat. Prinsip-prinsip tersebut terdiri dari:
a.  Character
b.  Capacity
c.  Capital
d.  Collateral
e.  Condition of Economy
f.   Constraint
Kebijaksanaan yang diambil oleh bank dalam perkreditan semata-mata dilakukan untuk mempermudah bank dalam menyalurkan kredit. Dalam perkembangan business perbankan mengarah kepada “one stop shoping bank”, hal ini menyebabkan permasalahan semakij rumit. Bank harus menyusun “net work” yang tidak terputus demi mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Untuk mengatasi permasalahan dan kerumitan yang terjadi, maka bank mengambil kebijaksanaan perkreditan yang terdiri dari 3 azas pokok, yaitu:
a.  Azas likuiditas
b.  Azas solvabilitas
c.  Azas rentabilitas
Kredit dapat dibedakan  menjadi beberapa jenis, diantaranya bentuk kredit menurut obyek yang dibiayai, diantaranya sebagai berikut:
a.  Kredit modal kerja
b.  Kredit Investasi
c.  Personal loan
d.  Non cash loan

** Apakah Sobat pernah punya pengalaman dan pengetahuan kredit di bank? Apabila sudah dapat diceritakan pengalaman dan pemahaman perkreditan di bank, tetapi apabila belum memiliki pengalaman kredit, dapat mengamati pengalaman yang dilakukan oleh keluarga, teman, atau tetangga dalam mengakses kredit di bank.
a. Jenis kredit apa yang dipilih?
b. Manfaat apa yang diperoleh oleh peminjam?
c. Silahkan jawab dikolom komentar, jangan lupa sertakan Nama dan Nim?

*** Semoga hari ini menyenangkan dan selalu dalam lindungan-Nya, Aamiin


Categories:

166 comments:

  1. Nama :alfinna putri Utami
    Nim. :I000190020
    1. Kredit investasi

    2. kredit investasi memiliki jangka waktu lebih lama, karena untuk melakukan pinjaman atas kredit investasi, jangka waktu yang diberikan bank untuk kredit ini minimal satu tahun. Manfaat dari kredit investasi selain untuk mendapatkan tambahan modal kerja bagi wirausahawan, juga memiliki keuntungan lain, yaitu bisa melakukan angsuran dalam pembayarannya. untuk mendapatkan kredit investasi, maka pihak bank yang memberi pinjaman akan melakukan verifikasi dan meneliti usaha yang dijalankan oleh peminjam. Dan bunga yang dikenakan pun memiliki jumlah sesuai dengan yang dikehendaki oleh pihak bank pemberi fasilitas kredit investasi. Bunga inipun nantinya akan ditambahkan ke kredit investasi, karena bunga kredit mempengaruhi keuntungan bank, mengingat keuntungan bank diperoleh dari selisih bunga kredit investasi dengan bunga simpanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Ferdiansyah Pratama Putra
      NIM : I000190005

      1. Kredit Modal kerja

      2.Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang kita butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat kita cairkan sewaktu-waktu ketika kita membutuhkannya.

      Delete
    2. Nama:Choirul Rahmat
      Nim :I000190113

      Jenis kredit yang dipilih yaitu kredit:
      - kredit modal kerja
      Manfaat kredit modal kerja :
      1. Sangat membantu bagi pelaku usaha
      dalam Berinovasi.Bisnis yang sudah sukses masih memerlukan inovasi tujuannya supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan.
      2. Melancarkan Kegiatan Operasional Perusahaan. Jika operasional bisnis sering tersendat itu tandanya Anda sudah membutuhkan suntikan dana dari pinjaman sehingga membuat operasional bisnis menjadi lancar kembali.
      3. Pengadaan Alat-Alat
      Pinjaman yang Anda dapatkan juga berguna untuk mengadakan alat-alat yang berhubungan dengan usaha.
      4. Arus Kas Mejadi Lancar. Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah Anda akan bisa dilancarkan arus kas dalam bisnis. Bagi bisnis yang baru berjalan akan dibutuhkan banyak modal usaha terutama di beberapa bulan pertama dimana bisnis yang dijalankan tidak meraih keuntungan namun operasional tetap berjalan seperti untuk membayar gaji karyawan, usang sewa, listrik, air, dan lain sebagainya. Dengan pinjaman tersebut Anda tidak akan kekurangan modal untuk menjalankan bisnis Anda.

      Delete
    3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Delete
  2. Nama: Wiwin Sawinda
    NIM : I000190924

    1. Kredit modal kerja (Kredit yang digunakan sebagai modal usaha)

    2. Kredit ini memberikan beberapa manfaat bagi para peminjam yaitu:
    a. Dapat memberikan modal bagi usahawan yang ingin mendirikan suatu usaha namun belum memiliki modal yang cukup. kredit ini dirasa lebih efektif karena tidak terlalu memberatkan bagi para usahawan kelas menengah ke bawah, dengan jangka waktu yang relatif pendek dan pinjaman yang relatif kecil hal ini dapat membantu para usahawan untuk meneruskan usahanya.
    b. kredit ini dapat digunakan sebagai modal untuk membeli bahan baku usaha dan juga untuk membayar karyawan.
    c. kredit ini biasanya digunakan oleh pabrik- pabrik, pertokoan dan perusahaan makanan.

    Dan berdasarkan pengalaman yang dialami oleh saudara saya kredit jenis ini tidak terlalu memerlukan persyaratan yang terlalau rumit dan pengembaliannyapun masih terjangkau oleh masyarakat kelas menengah kebawah sebagsi modal usaha.

    ReplyDelete
  3. Nama : Almasah farah diah .S
    Nim. :I000190009

    1.kredit modal kerja

    2. Manfaat peminjam dengan kredit modal kerja adalah memberikan modal usaha dari nol, dan juga dapat membantu orang yang belum mendapatkan pekerjaan dengan
    membuka usaha melalui bantuan kredit modal kerja, pembayaran secara bertahap sehingga meringankan beban peminjam, pembanyaran sangat ringan sebelum jatuh tempo.
    Itulah beberapa manfaat dari kredit modal kerja

    ReplyDelete
  4. Nama : Sarah Yunika Charlianis
    NIM : I000190035

    1. Kredit Jaminan

    2. Saudara saya mengajukan kredit jaminan untuk di gunakan sebagai modal usaha dan merantau. Manfaat dari kredit ini adalah peminjam mendapatkan kepercayaan yang lebih dari Bank untuk memberikan kredit atas kemampuan peminjam dan dengan adanya jaminan yang berupa fisik sebagai jaminan tambahan, menjadikan proses kredit lebih cepat keluar. Dengan adanya jaminan tersebut juga dapat menjadikan semangat untuk si peminjam untuk melunasi perkreditan tepat waktu. Kredit Jaminan ini dapat di gunakan untuk berbagai macam keperluan dari modal usaha atau membeli keperluan hidup berdasarkan kebutuhannya.

    ReplyDelete
  5. Nama:Viki Saputra Rogi Makin
    NIM :I000190099
    Kelas: Hes C

    1. Kredit Modal Kerja.

    2.Dengan melakukan pinjaman kredit modal kerja tersebut sesorang dapat mengembangkan usaha yang ia miliki menjadi usaha yang lebih maju lagi maupun menjadi modal-modal dasar untuk membangun suatu usaha.dengan adanya kredit modal kerja tersebut juga, orang itu dapat menjadikan usaha yang ia bngun dari kredit itu menjadi salah satu investasi (aset) mas depan tanpa melalalui kredit investasi.
    Kredit modal kerja sangat membantu msyarakat dalam berusaha dan bisa mencari satu usaha sebagai investasi masa depan dengan jangka waktu yang panjang. Semua jenis Kredit yang digunakan mempunyai kesamaan dalam tengga' waktu atau batas waktu untuk di kembalikan bunga awal maupun jumlah uang yang dijadikan usaha maupun kperluan lainya.baik itu satu tahu,dua tahun maupun lain-lainya.

    ReplyDelete
  6. Nama:Viki Saputra Rogi Makin
    NIM :I000190099
    Kelas: Hes C

    1. Kredit Modal Kerja.

    2.Dengan melakukan pinjaman kredit modal kerja tersebut sesorang dapat mengembangkan usaha yang ia miliki menjadi usaha yang lebih maju lagi maupun menjadi modal-modal dasar untuk membangun suatu usaha.dengan adanya kredit modal kerja tersebut juga, orang itu dapat menjadikan usaha yang ia bngun dari kredit itu menjadi salah satu investasi (aset) mas depan tanpa melalalui kredit investasi.
    Kredit modal kerja sangat membantu msyarakat dalam berusaha dan bisa mencari satu usaha sebagai investasi masa depan dengan jangka waktu yang panjang. Semua jenis Kredit yang digunakan mempunyai kesamaan dalam tengga' waktu atau batas waktu untuk di kembalikan bunga awal maupun jumlah uang yang dijadikan usaha maupun kperluan lainya.baik itu satu tahu,dua tahun maupun lain-lainya.

    ReplyDelete
  7. Nama : khoirul hartami
    Nim : I000190126
    Kelas:D
    1. Kredit Jaminan

    2. Saudara saya mengajukan kredit jaminan untuk di gunakan sebagai modal usaha dan merantau. Manfaat dari kredit ini adalah peminjam mendapatkan kepercayaan yang lebih dari Bank untuk memberikan kredit atas kemampuan peminjam dan dengan adanya jaminan yang berupa fisik sebagai jaminan tambahan, menjadikan proses kredit lebih cepat keluar. Dengan adanya jaminan tersebut juga dapat menjadikan semangat untuk si peminjam untuk melunasi perkreditan tepat waktu. Kredit Jaminan ini dapat di gunakan untuk berbagai macam keperluan dari modal usaha atau membeli keperluan hidup berdasarkan kebutuhannya

    ReplyDelete
  8. Nama : Salsabilla Ines Sekartaji
    NIM : I000190106
    Kelas: HES C

    1. Kredit modal kerja
    2. Kredit modal kerja sangat bermanfaat bagi para pengusaha baru maupun pengusaha lama, adapun beberapa manfaatnya : Membantu permodalan pengusaha yang baru dan telah mendirikan usaha, sehingga mereka bisa membiayai semua keperluan usaha tersebut. Modal yang tersisa dapat dijadikan modal simpanan sehingga mereka bisa menjalankan usaha saat terjadi krisis. Pembayaran kredit dilakukan sesuai perjanjian dan secara bertahap, sehingga meringankan pengusaha.

    ReplyDelete
  9. Nama : Regestina Firdaus Sabila
    NIM : I000190114

    Saya belum pernah mempunyai pengalaman dan pengetahuan kredit di bank tetapi saya sering mengamati beberapa orang yang pernah mempunyai pengalaman dan pengetahuan kredit di bank. Kali ini saya bertanya pengamalan kredit di bank kepada salah satu tetangga saya untuk menjawab pertanyaan berikut :
    a. Jenis kredit apa yang dipilih?
    Jenis kredit yang dipilih yaitu kredit modal kerja.
    b. Manfaat apa yang diperoleh oleh peminjam?
    Karena tetangga saya adalah seorang pedagang maka ia menggunakan uang hasil kredit di bank tersebut untuk modal mengembangkan usaha dagangnya, yang dulu nya ia hanya dagang satu jenis saja sekarang bisa beberapa jenis dagangan. Dari tempat nya pun juga berubah, dulu ia hanya berdagang keliling rumah ke rumah tetapi sekarang dia sudah memiliki kios sendiri. Kredit modal kerja juga sangat cocok untuk para pengusaha pemula untuk mengembangkan usahanya. Cara mendapatkan kredit ini juga cepat dan mudah, bahkan sekarang para nasabah tidak perlu lagi jauh jauh datang ke bank karena bank sudah menyediakan jasa layanan peminjaman kredit modal usaha online. Untuk pembayarannya pun juga mudah, jadi tidak perlu ragu ragu lagi untuk mengajukan pinjaman ini. Tidak perlu takut lagi tidak bisa membayar Jika Anda tahu bagaimana caranya mengalokasikan dana dan mengelola dana pinjaman dengan baik tentunya membayar cicilan pinjaman tersebut akan mudah dilakukan. Sekarang ini bisa kita lihat ada beberapa kasus dimana bisnis mengalami kemunduran dikarenakan melewatkan kesempatan emas yang datang kepadanya karena dia kekeh untuk tidak melakukan pinjaman. Akhirnya pihak kompetitorlah yang mengambil kesempatan emas tersebut sehingga bisnisnya menjadi lebih berkembang maju. Tentunya hal tersebut tidak ingin datang kepada bisnis Anda bukan? Oleh sebab itu janganlah bersikap anti terhadap pinjaman.

    ReplyDelete
  10. Nama : SALWA ROSYIDA
    NIM : I000190103
    Kelas: HES C

    A. Kredit personal loan dengan produk pembiayaan serbaguna mikro.

    B. Karena bentuknya personal loan, peminjam mendapatkan manfaat dari pinjaman tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang terhambat oleh faktor ekonomi. Ambil contoh seperti kekurangan uang untuk merenovasi rumah, dengan adanya personal loan, jadi si kreditur dapat merenovasi rumahnya tanpa harus menunggu dana yang perlu dikumpulkan

    ReplyDelete
  11. Nama : Muhammad Qodrat Multazam
    NIM : I000190170

    A. Kredit Pemilikan Rumah(KPR)

    B. Manfaat nya
    Karena dana terbatas tapi barang, yang diambil adalah rumah maka kemungkinan untuk rugi kecil. Beda dg mobil makin lama harga makin turun, kalau rumah atau tanah sebaiknya. Karena dipakai usaha jadi angsuran bisa dari keuntungan usaha (salon saat itu). Dan setelah lunas kredit nya jika sekarang akan dijual nilai jual nya sudah jauh diatas nilai kredit

    ReplyDelete
  12. Nama : Ervina Chandra Hartono
    NIM : I000190027


    Saya dan keluarga saya belum pernah melakukan transaksi apapun melalui perkreditan. Tetapi saya lumayan paham tentang perkreditan dalam bentuk barang yang dilakukan oleh tetangga saya.


    A. Kredit Berjangka
    B. Sebelum saya memberikan penjelasan tentang manfaat kredit berjangka ini, saya akan memberikan contoh kredit berjangka yang dilakukan oleh tetangga saya.
    Ya, disini contoh kredit berjangka yang dilakukan oleh tetangga saya yaitu melakukan perkreditan suatu barang sebut saja sepeda motor. Tetangga saja waktu itu kredit sepeda motor. Dia memilih kredit sepeda motor karena beberapa alasan. Salah satunya faktor KU wk. Tetangga saya membeli 1 unit sepeda motor dengan cara kredit. Dalam pembelian itu dia bisa membayarnya melalui angsuran setiap bulannya. Tetapi jelas sebelumnya dia melakukan DP dulu. Tetangga saya dalam melakukan perkreditan jenis barang sepeda motor ini bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk pelunasannya. Walaupun mengangasur setiap bulannya tetapi kata tetangga saya lebih memilih untuk kredit karena tidak terlalu terbebani pake banget walaupun ada batas tenggang waktu atau batas pelunasannya tapi lebih meringankan seperti itu katanya. Nah manfaat kredit berjangka sendiri menurut saya bisa membuat para kreditur tidak terlalu terbebani, bisa mengangasur uangnya secara berjangka yang ditentukan oleh perusahaan, tidak terlalu buru-buru untuk melunasinya karena diberikan waktu setiap bulan atau per2bulan, lebih meringankan beban para kreditur saat membeli suatu barang secara kredit disuatu perusahaan atau toko atau apapun itu yang sejenis untuk pembelian suatu barang. Dan tentunya kredit berjangka ini sangat diwajibkan untuk melakukan pelunasan .

    ReplyDelete
  13. Nama : khoirun nisa'
    Nim : I000192011

    A. Kredit modal kerja

    B. Orantua saya menggunakannya untuk modal bertani, Manfatnya untuk modal betani sebagai modal dari pembibitan benih padi yang unggul, pupuk pupuk yang berkualitas, obat obatan sawah, perairan sawah hingga perawatan perawatan yang dibutuhkan tanaman padi sehingga hasil panen pun bisa maksimal (baik) dan bisa dikembalikan setelah panen terjadi atau setelah keuntungan bertani yaitu sekitar 4 bulan

    ReplyDelete
  14. Nama : Rega Fardani Putri Masfufah
    Nim. : I000190141

    A. Jenis Kredit apa yang dipilih
    -Kredit modal kerja (Kredit yang digunakan sebagai modal usaha)

    B. Manfaat yang diperoleh peminjam
    -Kredit ini memberikan beberapa manfaat bagi para peminjam yaitu:
    a. Dapat memberikan modal bagi usahawan yang ingin mendirikan suatu usaha namun belum memiliki modal yang cukup. kredit ini dirasa lebih efektif karena tidak terlalu memberatkan bagi para usahawan kelas menengah ke bawah.
    b. kredit ini dapat digunakan sebagai modal untuk membeli bahan baku usaha dan juga untuk membayar karyawan.
    c. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    d. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan

    Dan berdasarkan pengalaman yang dialami oleh saudara saya kredit jenis ini tidak terlalu memerlukan persyaratan yang terlalau rumit dan bunga peminjaman tidak terlalu banyak sehingga tidak memberatkan peminjam

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Nama : Aprilia Dea Revira
    NIM : I000190082
    HES C


    a) kredit Motor
    b) Manfaat

    1. Memungkinkan, meskipun dana terbatas
    Dengan jumlah uang yang hanya beberapa juta saja, maka sangat tidak mungkin bagi Anda memiliki sebuah sepeda motor, terutama jika Anda berkeinginan membeli motor dalam kondisi baru. Namun dengan fasilitas kredit, maka Anda bisa menggunakan sejumlah dana tersebut sebagai uang muka dan membayar sisanya dengan cara mencicil setiap bulannya.

    Dana yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit motor hanya berkisar antara 25% - 30% saja, artinya dengan uang beberapa juta saja Anda sudah bisa membawa pulang sebuah sepeda motor idaman Anda.

    2. Layanan asuransi
    Setiap kendaraan yang dibeli secara kredit, biasanya telah dilengkapi dengan asuransi kendaraan bermotor, baik itu untuk kerusakan ataupun untuk kehilangan kendaraan tersebut. Layanan asuransi ini bisa membuat Anda sedikit bernapas lega, sebab resiko pada kendaraan Anda akan dijamin oleh pihak asuransi, sehingga Anda tidak perlu menanggung sejumlah kerugian atas berbagai hal-hal yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda tersebut.
    Namun, sangat penting mengetahui pertanggungan yang diberikan oleh asuransi terhadap kendaraan yang Anda beli. Jangan sampai ada kesalahpahaman atas polis yang bisa saja menimbulkan sejumlah kerugian bagi Anda di masa yang akan datang.

    3. Alokasikan dana untuk hal lain
    Meskipun Anda memiliki sejumlah dana yang terbilang cukup untuk membeli sebuah motor secara tunai, namun tidak ada salahnya mempertimbangkan pembelian secara kredit. Hal ini bisa Anda jadikan pilihan, terutama jika ternyata Anda bergerak di bidang bisnis tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil / keuntungan dari sejumlah dana yang Anda miliki.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Nama : Yuda Nur Rahman Hakim
    Nim : I000190090

    A. kredit modal kerja
    B. Modal awal untuk membangun sebuah usaha dari nol, Modal yang bisa disimpan sehingga bisa digunakan sewaktu –waktu ketika dibutuhkan. Dengan adanya modal simpanan. Usaha bisa terus berjalan walaupun sedang mengalami krisis. Bunga kredit hanya dikenakan pada uang yang sudah ditarik sehingga besarnya pembayaran kredit bisa diatur. Pembayaran secara bertahap sehingga meringankan beban peminjam. Waktu pembayaran ditetapkan dan sudah tertulis di surat perjanjian. Pembayaran ringan asal dibayar sebelum jatuh tempo karena setelah jatih tempo namun peminjam belum membayar maka akan dikenakan denda sesuai surat perjanjian.

    ReplyDelete
  19. Nama : Fahri Alfian H
    Nim : I000190034

    1. Kredit modal kerja
    2. Manfaat dari kredit modal kerja yaitu:

    · Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    · Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    Keuntungan dangan menggunakan kredit modal kerja, diantaranya yaitu:

    · Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis.
    · Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah Anda tarik untuk membangun usaha tersebut.
    · Beban debitor lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya.
    · Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debitor dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian.
    · Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor.

    ReplyDelete
  20. Nama : Syarofah Miftakhul Jannah
    NIM : I000190201




    A. Kredit Modal Kerja
    B. Bentuk kredit yang diberikan lembaga keuangan kepada saudara saya sebagai modal bisnis, baik itu untuk penambahan modal kerja atau untuk modal awal sebuah bisnis toko roti .
    Manfaat kredit ini yaitu Membuat Bisnis toko roti Lebih Berkembang ,salah satu contohnya sudara saya memerlukan modal dengan pinjaman. bisa membuat bisnis toko roti akan menjadi meningkat. Semakin banyak cabang toko roti yang dibuka tentunya pundi-pundi rupiah akan semakin banyak yang hasilkan

    ReplyDelete
  21. NAMA : PRISTIKA YUNIARTI
    NIM : I000190045
    KELAS : HES B

    a. Jenis kredit apa yang dipilih?
    Jawab : Kredit Modal Kerja
    b. Manfaat apa yang diperoleh oleh peminjam?
    Jawab : Kredit Modal Kerja merupakan bentuk kredit yang diberikan lembaga keuangan kepada pembisnis sebagai modal usahanya dari nol. Jenis kredit ini sangat bermanfaat bagi pembisnis baru ataupun pembisnis yang sudah lama. Manfaat dari Kredit Modal Kerja ini, yaitu
    Orang tua saya memerlukan tambahan modal untuk membangun sebuah rumah Kost. Manfaatnya untuk membeli bahan bangunan seperti pasir, semen, dan atap rumah, serta untuk menggaji pekerjanya. Sehingga dapat menyelesaikan pembangunan rumah kost dengan sempurna dan baik.
    Sekian manfaat dari Kredit Modal Kerja pada pengalaman dari orang tua saya 🙏

    ReplyDelete
  22. Nama : Dinda Sela Isya Khurahman
    NIM : I000190085

    1. Kredit modal kerja
    2. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitur atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya. Kredit modal kerja ini diberikan untuk fokus dalam mendukung suatu kemajuan usaha dari nasabah termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah yang menggunakan jenis kredit ini. Keuntungan yg didapatkan masing-masing pihak membuat kredit modal kerja diberikan pada pengusaha kecil menengah yang dapat membangun usaha.

    ReplyDelete
  23. Nama : Ema Wijaya
    NIM : I000190025
    Kelas : HES A

    1. Jenis kredit yang dipilih
    Jawab : Kredit Modal Kerja

    2. Manfaat dari Kredit Modal Kerja
    Jawab : Kakak ipar saya menggunakan modal tersebut untuk usaha membuka bengkel motor. Manfaat untuk kakak ipar saya yaitu sebagai modal awal memulai usaha. Yang digunakan untuk menyewa lahan, membeli peralatan dan perlengkapan, serta biaya operasional lainnya.
    Selain itu, modal tersebut juga bermanfaat untuk mengembangkan usaha kakak ipar saya hingga saat ini agar jauh lebih berkembang.

    ReplyDelete
  24. Nama : Rhamadhani Nisa Alhanifa
    NIM : I000190194
    Kelas : A

    a. Jenis kredit yang dipilih?
    Jawab : Kredit Modal Kerja

    b. Manfaat apa yang diperoleh oleh peminjam?
    Jawab : Saat itu salah satu anggota keluarga saya menggunakan kredit modal kerja untuk mengembangkan usaha turunan dari orang tuanya. Modal usaha itu bermanfaat untuk membiayai bangunan,barang-barang, bahan baku dan semua keperluan yang dibutuhkan. Selain itu, bunga kreditnya pun dapat diatur karena pembayarannya dikenakan pada uang yang sudah ditarik. Waktu pembayarannya dilakukan secara bertahap, waktu pembayarannya ditetapkan dan tertulis dalam surat perjanjian. Pembayarannya pun ringan jika belum jatuh tempo karena jika melewati jatuh tempo akan dikenai denda dan ada surat perjanjian pinjaman sehingga peminjam tahu besarnya bunga yang harus dibayar dan tidak ada kejadian bunga kredit naik tanpa pemberitahuan.

    ReplyDelete
  25. Nama : EVITA SETYARINI
    NIM : I000190122
    Kelas: HES D

    A. Kredit Jaminan

    B. Saudara saya mengajukan kredit jaminan yang di gunakan untuk melunasi hutang-hutangnya dengan syarat jaminan berupa bpkp . Manfaat dari kredit ini adalah peminjam mendapatkan kepercayaan yang lebih dari Bank untuk memberikan kredit atas kemampuan peminjam dan dengan adanya jaminan yang berupa fisik sebagai jaminan tambahan, menjadikan proses kredit lebih cepat keluar. Dengan adanya jaminan tersebut juga dapat menjadikan semangat untuk si peminjam untuk melunasi perkreditan tepat waktu. Kredit Jaminan ini dapat di gunakan untuk berbagai macam keperluan dari modal usaha atau membeli keperluan hidup berdasarkan kebutuhannya.

    ReplyDelete

  26. Nama : INDAH PUJI RAHAYU
    Nim : I000190123
    Kelas : D


    1. Kredit modal kerja
    2. Jenis kredit modal kerja ini sangat diperlukan bagi para pebisnis atau pengusaha yang ingin menjalankan suatu usahanya agar usahanya dapat berjalan dengan baik sesuai harapannya.Dengan bantuan kredit modal kerja ini dapat membantu pebisnis dan pengusaha dalam membiayai semua keperluan untuk menjalankan usaha. Kredit modal kerja ini juga sangat bermanfaat bagi para pebisnis atau pengusaha diantaranya yaitu bisnis tetap berjalan meskipun berada dalam krisis, pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya dikarenakan berdasarkan uang yang sudah ditarik untuk membangun usaha tersebut, beban debitor lebih ringan dikarenakan pembayaran dilakukan secara bertahap, peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor. Hanya itu sedikit uraian tentang kredit modal kerja, bagi yang ingin mengembangkan usahanya maka kredit ini menjadi pilihan untuk menunjang kebutuhan dalam pengembangan usaha.

    ReplyDelete
  27. Nama : Lukman Hakim W.P
    NIM : I000190096
    Kelas : C

    1) Kredit Investasi
    2) Saya mengamati dari pengusaha dari daerah saya,kredit digunakan untuk melakukan perluasan usaha atau penambahan usaha seperti membeli dan membuka pabrik baru di tempat yang berbeda, membangun sebuah proyek baru, pengadaan mesin dan bahan baku, membeli tanah dan juga bangunan untuk usaha baru, dll yang nantinya pelunasan kredit tersebut menggunakan uang hasil usaha yang baru saja dibiayai dengan modal tersebut.

    ReplyDelete
  28. Nama : Rizkiatul Anisa
    NIM : I000190033
    Kelas : A
    1.Kredit Modal Kerja
    2.Kredit atau pinjaman digunakan untuk keperluan dalam meningkatkan sebuah bisnis . Dalam suatu bisnis maupun itu bisnis kecil ataupun besar pada suatu perusahaan memerlukan biaya untuk modal usaha itu sendiri dan memerlukan biaya yang tidak sedikit yang digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari biaya produksi , biaya operasional mesin hingga biaya untuk membayar pegawai.
    manfaat dari kredit modal kerja yaitu kita bisa membangun dan membantu usaha tetap berjalan. Karena hal tersebut modal yang di berikan dapat ditarik atau di cairkan sesuai dengan yang butuhkan dan sisa dari uang kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat di cairkan sewaktu-waktu.

    ReplyDelete
  29. Dinda Ayu Siti Mutmainah
    I000190187


    A. Kredit Modal Kerja
    B. kredit modal kerja adalah kredit atau pinjaman yang diberikan untuk keperluan dalam meningkatkan produksi dalam bisnis yang berskala kecil maupun besar. Manfaat krwdit modal kerja yaitu sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan dibutuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat dicairkan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan atau dalam keadaan yang mendesak.

    ReplyDelete
  30. Nama: Sukma Melati P.J.G
    NIM: I000190046
    Kelas : HES B

    1. Kredit Mobil
    Kredit mobil adalah cara membeli mobil dengan metode pembayaran dicicil atau diangsur. Metode ini bisa dilakukan untuk pembelian mobil baru maupun mobil bekas. Pihak yang pemberi fasilitas biasanya berasal dari lembaga pembiayaan, seperti leasing dan lembaga perbankan.

    Opsi kredit mobil bisa menjadi pilihan ketika Anda tidak memiliki dana yang cukup ketika harus membeli mobil. Produknya biasanya berupa kredit kendaraan bermotor (KKB). Terdapat skema pembayaran mulai dari persentase uang muka hingga jumlah cicilan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang dipilih.

    2. Keunggulan Kredit Mobil
    Mengajukan suatu kredit sebaiknya tidak sampai memberatkan diri sendiri. Dalam hal ini kredit mobil dinilai meringankan beban keuangan sebagaimana hal-hal berikut bisa Anda dapatkan.

    -Menjaga neraca keuangan bulanan tetap stabil dan terjaga.
    -Cicilan ringan sehingga beban yang ditanggung juga ringan.
    -Mobil tetap bisa digunakan meskipun statusnya masih cicilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama :Maratul Awalliyah
      NIM :I000190121
      Kelas : Hes D
      Sebelumnya saya belum pernah memiliki pengalaman melakukan kredit di bank, tetapi saya sedikit tahu tentang kredit yang biasa bahkan sering dilakukan oleh pihak dari keluarga saya maupun para tetangga.
      a. Kredit yang paling sering yaitu personal Lian
      b. Manfaat yang diperoleh dari kredit tersebut yaitu Orang yang melakukan pengkreditan ini jangka waktu angsuran sudah ada pilihannya sehingga orang dapat memilih mana yang sesuai. Prosesnya juga relatif cepat dan mudah, sehingga memudahkan mereka yang ingin segera mendapat pinjaman dana.Dana dapat langsung diambil, maka peminjam bisa langsung bisa menggunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.Biasanya dana tersebut di gunakan untuk pembangunan rumah, biaya pendidikan, pembelian aset-aset seperti sepeda motor.

      Delete
  31. Nama : Maratul Awalliyah
    NIM : I000190121
    Kelas :Hes D
    Sebelumnya saya belum pernah memiliki pengalaman melakukan kredit di bank, tetapi saya sedikit tahu tentang kredit yang biasa bahkan sering dilakukan oleh pihak dari keluarga saya maupun para tetangga.
    a. Kredit yang paling sering yaitu personal Loan
    b. Manfaat yang diperoleh dari kredit tersebut yaitu Orang yang melakukan pengkreditan ini jangka waktu angsuran sudah ada pilihannya sehingga orang dapat memilih mana yang sesuai. Prosesnya juga relatif cepat dan mudah, sehingga memudahkan mereka yang ingin segera mendapat pinjaman dana. Dana dapat langsung diambil, maka peminjam bisa langsung bisa menggunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.Biasanya dana tersebut di gunakan untuk pembangunan rumah, biaya pendidikan, pembelian aset-aset seperti sepeda motor.

    ReplyDelete
  32. Nama : Yahya Habibul M
    NIM : I000190030
    kelas : A

    1. Kredit Modal Kerja

    2. Kredit Modal Kerja atau KMK itu adalah fasilitas kredit modal kerja yang diberikan baik dalam rupiah atau valuta asing untuk memenuhi modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dengan jangka waktu maksimal 1 tahun.ini bisa ke perorangan atau badan usaha yang berencana mengembangkan usahanya.

    ada syarat tertentu yang harus dipenuhi yakni calon debitur sudah memiliki perijinan bisnis dan setidaknya usaha tersebut telah berjalan kurang lebih satu tahun. KMK ini diharapkan bisa membantu wirausahawan kecil yang memang membutuhkan modal lebih untuk menunjang usaha mereka.
    KMK merupakan kredit yang diberikan lembaga keuangan kepada pengusaha sebagai modal usaha baik untuk penambahan modal kerja atau modal awal usaha. KMK sangat bermanfaat bagi para pengusaha baru maupun lama. Ada beberpa manfaat dari KMK yaitu :
    *modal awal untuk membangun sebuah usaha daru dari nol. modal awal bisa membantu peminjaman membiayai semua keperluan untuk membuka sebuah usaha
    *Modal yang bisa disimpan sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan dengan adanya modal simpanan, usaha bisa terus berjalan walaupun sedang mengalami krisis.
    *Bunga kredit hanya dikenakan pada uang yang sudah ditarik sehingga besarnya pembayaran kredit bisa diatur.
    *Pembayaran secara bertahap sehingga meringankan beban peminjaman. waktu pembayaran ditetapkan dan sudah tertulis disurat perjanjian.
    *Pembayaran ringan asal dibayar sebelum jatuh tempo karena setelah jatuh tempo namun peminjaman belum membayar maka akan dikenakan denda sesuai surat perjanjian.
    *Adanya surat perjanjian pinjaman sehingga peminjam tahu besarnya bunga yang harus dibayar dan tidak akan ada kejadian bunga kredit naik tanpa pemberitahuan.

    ReplyDelete
  33. Nama : Muhamad Afi Adani
    NIM : I000190192
    Kelas : HES C

    A. Kredit Modal Kerja

    B. Salah satu dari keluarga saya melakukan kredit modal kerja tersebut yang digunakannya sebagai modal dasar atau awal untuk membuka usahanya yaitu berupa usaha batik. Modal dari peminjaman tersebut digunakan untuk membeli bahan serta alat yang di perlukan untuk membukan usaha batik tersebut, sehingga usaha dari salah satu keluarga saya tersebut dapat terealisasikan serta dapat berkembang dan memberikan manfaat dan keuntungan baginya. Selain itu pengembalian dari peminjaman modal tersebut dapat dilakukan secara bertahap atau berangsur sehingga dapat meringankan beban dari peminjaman modal tersebut bagi peminjam menurutnya.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Natasya fika rahmadani
    Nim I000190032
    Kelas HES A

    1. Kredit modal kerja
    2. Apabila nasabah tidak bisa membayar cicilannya, maka bank ikut menanggung risiko karena sebelumnya nasabah dan pihak bank telah berbagi jumlah modal yang dikeluarkan. Namun jika usaha yang dilakukan nasabah berhasil, tentunya bank juga harus mendapatkan bagi hasil yang lebih besar dari nasabah, karena sistem kredit yang diterapkan adalah sistem kerjasama dan kemitraan.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Nama : Ikhwan Adriansyah
    NIM : I000199238
    Kelas : A

    1. Kartu kredit adalah kartu hutang. Jika kartu ini digunakan untuk melakukan pembayaran/pembelanjaan, barulah kita akan dibebani hutang dan tagihan sesuai nominal uang yang kita pakai.
    Hutang kita bisa dibayar setelah tagihan kartu kredit terbit. Dan enaknya, hutang dari kartu kredit bisa dicicil pelunasannya jika kita tidak mampu membayar penuh. Tapi harus hati-hati, sisa tagihan yang belum terbayar akan dikenakan denda alias bunga akumulatif.
    2. Manfaat Kartu kredit adalah sebagai berikut :
    a. Mempermudah pembayaran tagihan
    Punya tagihan yang harus dibayar rutin, seperti tagihan telepon, air, listrik, atau Internet? Atur pembayaran semua tagihan tersebut dengan mudah melalui satu pintu, yaitu fitur pembayaran pada kartu kredit.
    b. Fasilitas cicilan 0 persen
    Butuh laptop baru untuk menunjang pekerjaan tapi bujet yang dimiliki belum terpenuhi? Manfaatkan fasilitas cicilan 0 persen yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit.
    c. Membantu berhemat
    Kartu kredit memiliki berbagai penawaran menarik, seperti diskon, cashback, hingga reward points yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik
    d. Mempermudah transaksi
    Tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak di dalam dompet atau repot mencari ATM untuk tarik tunai. Kamu dapat melakukan pembayaran secara praktis dengan kartu kredit.
    e. Alat tukar di berbagai negara
    Punya rencana bepergian ke luar negeri dalam waktu dekat? Dengan kartu kredit, tak perlu menukar uang ke mata uang negara tujuan dalam jumlah besar.
    f. Mengelola keuangan
    Semua transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit akan tercatat pada lembar tagihan. Artinya, kamu jadi dapat dengan mudah melacak setiap pengeluaran. Kamu juga bisa menggunakan laporan transaksi bulanan sebagai patokan mengatur rencana keuangan.

    ReplyDelete
  39. Nama:EVA MEILAWATI
    Nim :I000190060

    a. Kredit personal loan
    Personal Loan adalah pinjaman tanpa agunan yang dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan customer, di mana pembayarannya dapat diangsur per bulan dengan tenor yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan bayar customer.
    b.Manfaat dari kredit personal loan adalah peminjam mendapatkan manfaat dari pinjaman tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang terhambat oleh faktor ekonomi. Contoh: peminjam dapat memperoleh uang dibank untuk membiayai kuliah si anak.

    ReplyDelete
  40. Nama : Ratna wulandari
    NIM / kls : I000190143/B

    Jenis kredit yang dipilih yaitu kredit:
    - kredit modal kerja
    Manfaat kredit modal kerja :
    1. Sangat membantu bagi pelaku usaha
    dalam Berinovasi.Bisnis yang sudah sukses masih memerlukan inovasi tujuannya supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan.
    2. Melancarkan Kegiatan Operasional Perusahaan. Jika operasional bisnis sering tersendat itu tandanya Anda sudah membutuhkan suntikan dana dari pinjaman sehingga membuat operasional bisnis menjadi lancar kembali.
    3. Pengadaan Alat-Alat
    Pinjaman yang Anda dapatkan juga berguna untuk mengadakan alat-alat yang berhubungan dengan usaha.
    4. Arus Kas Mejadi Lancar. Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah Anda akan bisa dilancarkan arus kas dalam bisnis. Bagi bisnis yang baru berjalan akan dibutuhkan banyak modal usaha terutama di beberapa bulan pertama dimana bisnis yang dijalankan tidak meraih keuntungan namun operasional tetap berjalan seperti untuk membayar gaji karyawan, usang sewa, listrik, air, dan lain sebagainya. Dengan pinjaman tersebut Anda tidak akan kekurangan modal untuk menjalankan bisnis Anda.



    ReplyDelete
  41. Nama :Ruwandi Susanto
    Nim :I000190178
    Kelas:C

    1.kredit modal kerja

    2.sewaktu ketika orang tua saya dulu melakukan meminjam kredit dibank untuk modal membangun usaha batu bata.modal dari pinjaman tersebut digunakan untuk membeli bahan dasar membuka usaha batu bata yaitu tanah dan perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan dari usaha batu bata. Sehingga usaha batu bata orang tua saya bisa terwujud dan tercapai dengan baik serta juga dapat berkembang dengan baik dan meberi manfaat bagi keluarga dan orang lain.
    Kredit modal kerja juga sangat membantu masyarakat dalam membuka usahanya atau mengembangkan usaha yang telah dirintisnya supaya lebih besar atau lebih banyak dan kredit modal kerja bisa juga sebagai usaha investasi masa depan. kemudian pengembalian dari pinjaman modal usaha tersebut dapat dilakukan dengan bertahap atau berangsur-angsur sehingga dapat meringankan bedan peminjam dari peminjaman modal usaha.

    ReplyDelete
  42. Nama :Ruwandi Susanto
    Nim :I000190178
    Kelas:C

    1.kredit modal kerja

    2.sewaktu ketika orang tua saya dulu melakukan meminjam kredit dibank untuk modal membangun usaha batu bata.modal dari pinjaman tersebut digunakan untuk membeli bahan dasar membuka usaha batu bata yaitu tanah dan perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan dari usaha batu bata. Sehingga usaha batu bata orang tua saya bisa terwujud dan tercapai dengan baik serta juga dapat berkembang dengan baik dan meberi manfaat bagi keluarga dan orang lain.
    Kredit modal kerja juga sangat membantu masyarakat dalam membuka usahanya atau mengembangkan usaha yang telah dirintisnya supaya lebih besar atau lebih banyak dan kredit modal kerja bisa juga sebagai usaha investasi masa depan. kemudian pengembalian dari pinjaman modal usaha tersebut dapat dilakukan dengan bertahap atau berangsur-angsur sehingga dapat meringankan bedan peminjam dari peminjaman modal usaha.

    ReplyDelete
  43. Nama : Apriliya Suryaningsih
    NIM : I000190002
    Kelas : A
    Prodi : HUKUM EKONOMI SYARIAH


    a. Tetangga saya memilih Kredit KUR BRI
    b.Manfaat dapat membantu menambah modal dalam menjalankan usaha, baik usaha yang sedang dirintis maupun yg sudah lama. Masalah utama dalam usaha adalah kurangnya modal, dengan adanya kredit dapat membantu kita dalam keberlangsungan usaha.
    Modal yg didapat dari kredit tersebut sb dapat digunakan untuk memperbesar usaha maupun memperluas usaha, dri hasil usaha tersebut dapat digunakan untuk mencicil angsuran kredit dari bank. Dengan begituu tidak terasa berat karena bunga yg ditawarkan juga rendah.

    ReplyDelete
  44. Nama : Rita Adi Indianti
    Nim : I000190107
    Kelas : B


    Kredit modal kerja.

    Manfaat :
    saudara saya ingin memulai usaha sehingga membutuhkan modal yang banyak untuk memulai usahanya dari pembelian tanah, bibit, maupun bahan baku dan juga alat alat yang diperlukan. Dengan pinjaman modal kerja tersebut saudara saya dapat lebih terbantu dalam masalah keuangan untuk membeli bahan baku, membayar gaji atau biaya-biaya lainya yang terkait dengan proses produksi dan modal yang di simpan juga bisa digunakan sewaktu waktu ketika dibutuhkan, dengan modal simpanan usaha tetap berjalan walaupun sedang mengalami krisis. Selain itu ada lagi manfaat dari kredit modal kerja yaitu membuat usaha lebih berkembang dengan pinjaman yang di dapatkan bisa membuat usaha berekspansi sehingga penghasilan akan menjadi meningkat.

    ReplyDelete
  45. Nama:Salman alfaridzi
    Nim:I000190197
    Kelas:C

    kredit modal kerja

    Manfaat dari kredit modal kerja yaitu:

    · Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    · Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    Keuntungan dangan menggunakan kredit modal kerja, diantaranya yaitu:

    · Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis.
    · Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah Anda tarik untuk membangun usaha tersebut.
    · Beban debitor lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya.
    · Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debitor dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian.
    · Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor.

    ReplyDelete
  46. Nama : Vivin dwi F
    Nim : I000190189
    Kelas: HES A

    a. Kredit modal kerja
    b. Manfaat dari Kredit modal kerja antara lain :
    1. Mempermudah mendapatkan modal awal yang di gunakan untuk usaha
    2. Memudahkan kita dalam berpromosi, mengingat banyaknya biaya yang harus di keluarkan untuk promosi
    3. Mempermudah alur kas
    4. Melancarkan operasional perusahaan, sehingga perusahaan tidak macet dalam perproduksi
    5. Perusahaan semakin maju dan berkembang

    ReplyDelete
  47. Nama : Azhar Mufidah
    NIM : I000190117

    a. Memilih kredit modal kerja.

    b. Manfaat yg di dapat yakni peminjam dapat mengembangkan bisnis yang dijalaninya, peminjam bisa melancarkan kegiatan operasional bisnis yang dijalankannya, dapat membeli peralatan yang dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnisnya, peminjam menggunakannya untuk biaya perawatan peralatan yang digunakan, dapat melakukan promosi dengan baik, menjadikan arus kas bisnis yang dijalankan menjadi lancar.

    ReplyDelete
  48. Nama : Umniyati Sholihah
    NIM : I000190012

    1. Kredit Personal Loan
    2. Manfaat dari kredit ini adalah tidak menggunakan suatu aset apapun untuk dijadikan sebagai jaminan, memudahkan para pengusaha untuk menjadikannya sebagai modal usaha, masa pencaraian dananya cepat sehingga apabila sangat ingin menggunakannya di saat darurat mudah seperti apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit di rumah sakit yang membutuhkan biaya yang besar dapat menggunakan kredit ini.

    ReplyDelete
  49. Nama: Shafiyya Khansa Farrahvanaya
    Nim: I000190181
    Kelas: B

    1. Kredit modal kerja

    2. Manfaatnya adalah sebagai modal awal untuk membangun sebuah usaha dari nol. Modal awal bisa membantu peminjam membiayai semua keperluan untuk membuka sebuah usaha, modal yg bisa disimpan sehingga bisa sewaktu waktu dibutuhkan. Dengan adanya modal simpanan, usaha bisa terus berjalan walaupun sedang mengalami kritis. Bunga kredit hanya dikenakan pada uang yang sudah ditarik sehingga besarnya pembayaran kredit bisa diatur. Pembayarannya secara bertahap sehingga meringankan beban peminjam. Waktu pembayaran nya juga ditetapkan dan sudah tertulis di perjanjian. pembayaran ringan asal dibayar sebelum jatuh tempo karena setelah jatuh tempo namun peminjam belum membayar maka akan dikenakan denda atau perjanjian. Adanya surat perjanjian pinjaman sehingga peminjam tahu besarnya bunga yg harus dibayar dan tidak akan ada kejadian bunga kredit naik tanpa pemberitahuan.

    ReplyDelete
  50. Nama:Raden Kharismawan
    NIM:I000190053
    Kelas:HES A

    A. Kredit kendaraan dari bank syariah
    B. Manfaat yang di dapat dari kredit kendaraan adalah seorang kreditur yang ingin memiliki kendaraan namun kekurangan uang untuk membelinya secara cash dapat memiliki kendaraan tersebut dengan cepat tanpa harus menunggu terkumpulnya uang. Dan manfaat untuk kreditur dalam mengambil pembiayaan kendaraan bermotor di bank syariah adalah terhindar dari hukum riba yang haram seperti model kredit yang ada di bank konvensional.

    ReplyDelete
  51. Nama : Muchammad Alivia Robby
    Kelas : D
    Nim : I000190164

    A. Kredit investasi
    B. Kredit investasi merupakan kredit jangka panjang (lebih dari satu tahun) dengan jangka waktu dan angsuran yang disesuaikan dengan kemampuan arus kas perusahaan, yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan atau perluasan gedung maupun pabrik, pembelian mesin dan alat produksi, serta lain-lain investasi usaha.
    Jika sedang dalam keadaan terpuruk kredit ini sangat tidak membebani.

    ReplyDelete
  52. Nama : RAHMA SINTA PRATIWI
    NIM : I000190128
    1.Kredit Modal Kerja
    2 .Manfaat dari kredit modal kerja yaitu:

    · Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal.

    . Modal yang bisa disimpan yang dapat digunakan sewaktu waktu.

    · Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    . Pembayaran secara bertahap sehingga meringankan beban pemimpin.

    ReplyDelete
  53. Shafa KH/I000190152

    A. Kredit Modal Kerja
    B. kredit modal kerja adalah modal yang digunakaan untuk melakukan kegiatan operasi perusahaan. Modal kerja diartikan sebagai investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau aktiva jangka pendek, seperti kas, bank, surat-surat berharga,piutang,persediaan dan aktiva lancar .
    Manfaat modal kerja :
    1. Melindungi perusahaan terhadap krisis modal kerja karena turunnya nilai dari aktiva lancar.
    2. Memungkinkan untuk dapat membayar semua kewajiban-kewajiban tepat pada waktunya.
    3. Memungkinkan untuk memiliki persediaan dalam jumlah yang cukup untuk melayani para konsumen.
    4. Memungkinkan bagi perusahaan untuk memberikan syarat kredit yang lebih menguntungkan kepada para langgananya
    5. Memungkinkan bagi perusaahan untuk dapat beroperasi dengan lebih efesien karena tidak ada kesulitan untuk memperoleh barang ataupun jasa yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  54. Nama: Malia WidyaWati
    Nim: I000190109

    1.) Kredit mobil di bank.
    Sebagai konsumen, hanya melihat dari sisi rekam jejak perusahaan pemberi kredit. Tapi dari sisi nasabah ada lima hal yang harus diperhatikan oleh nasabah ketika membandingkan tawaran mobil. Lima hal itu berupa :
    1. Suku Bunga
    Suku bunga yaitu satuan yang digunakan untuk menghitung hutang yang harus dibayarkan oleh nasabahnyaa.
    2. Provisi
    Provisi itu biaya kompensasi akibat pengajuan kredit. Umumnya provisi yang ditetapkan oleh para penyedia kredit mobil sekitar 1% sampai 5% dari pokok hutang, tergantung kebijakan dari tiap-tiap penyedia kredit mobil.
    3. Administrasi
    Administrasi adalah biaya yang dikeluarkan nasabah terhadap administrasi yang dilakukan oleh penyedia kredit mobil.
    4. Asuransi
    Asuransi juga merupakan komponen yang selalu ada dalam setiap paket pembiayaan KKB. Dan
    5. Proteksi Kredit
    Proteksi kredit adalah komponen yang akan memberikan perlindungan kredit bagi nasabah. Perlindungan yang dimaksud adalah apabila nasabah meninggal dalam masa cicilan, maka hutang dinyatakan lunas dan kendaraan tetap menjadi milik keluarga dari nasabah tersebut.
    Lima komponen ini membuat paket pembayaran yang ditawarkan penyedia kredit berbeda-beda. Dari pengalaman ibu via sendiri.

    2.) Untuk keuntungan nya sendiri
    -Mempunyai Suku Bunga Rendah, Secara umum, kredit mobil melalui leasing atau bank hampir sama
    T-ak Perlu Bayar Kontan, hanya membayar uang muka atau(DP) sebesar 25% dari harga dasar kendaraan
    -Angsuran Ringan.
    -Jangka Waktu Panjang.
    -Bisa Nambah Modal.

    ReplyDelete
  55. Nama : Adelia Eka Nuraini
    Nim : I000190007

    1. Kredit investasi
    Yang berupa pembiayaan rumah / KRP
    2. manfaatnya adalah Bisa memenuhi kebutuhan tempat tinggal dengan cara mengangsur atau menyicil tiap bulan atau tahun dengan batas waktu tertentu, bunganya pun rendah, meningkatkan daya beli masyarakat, dan tidak perlu menabung lamalama untuk membeli rumah ataupun tidak khawatir biaya property yang semakin mahal

    ReplyDelete
  56. Nama : Rima Mila Wati
    NIM. : I000190101
    Kelas : C

    1. Kredit KUR BRI
    2. Manfaat yang diperoleh : keluarga saya menggunakan kredit tersebut sebagai modal awal dalam membangun kios pupupuk subsidi. Uang yang diperoleh digunakan untuk keperluan izin mendirikan kios dan modal awal membeli pupuk subsidi. Kredit ini sangat membantu sekali terhadap pembangun kios kelaurga saya apalagi modal tersebut dapat ditarik atau dicairkan sesuai dana yang dibutuhkan saat ini. Dan sisa dari kredit tersebut dapat tetap tersimpan sebagai kredit simpanan. Manfaat lainnya yang diperoleh yaitu suku bunga yang relatif kecil yaitu sekitar 1.025% flat/bulan dan angka ini dianggap cukup meringankan nasabah yang ingin membangun usaha. Beban nasabah lebih ringan dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap, pembayaran dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui.peminjam juga akan mengetahui beaarnya bunga yang harus dibayar dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor. Selain itu juga syarat dan proses pengajuan juga mudah.

    ReplyDelete
  57. Nama : Tiara Vergita Mahanani
    NIM : I000190130
    Kelas : HES D

    Belum pernah.
    A.) Jenis kredit yang digunakan oleh saudara saya adalah Kredit Investasi
    B.) Saudara saya memilih kredit tersebut karena untuk modal membeli mesin percetakan serta masa pemakaiannya untuk satu periode yang relatif lebih lama dan dibutuhkan modal yang relatif besar pula. Manfaat yang diperoleh adalah kredit investasi memiliki fasilitas yang disebut dengan Term Loan atau aksep jangka panjang. Aksep jangka panjang adalah pemberian fasilitas kredit berjangka lebih dari satu tahun kepada peminjam kredit investasi, dimana penarikan bisa dilakukan secara langsung maupun bertahap sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan di muka. Sedangkan pembayaran atas aksep jangka panjang bisa dilakukan secara angsuran atau bertahap. Selain itu, kredit investasi memiliki pemakaian atau pengembalian yang relatif lama dan sistem pembayaran yang mudah secara angsuran dan bisa diambil sesuai dengan kebutuhan masing-masing bidang usaha.

    ReplyDelete
  58. Nama : Didin Ainurahmad
    Nim : I000170203
    Kelas : B

    1. Kredit Modal Kerja
    2. Pengertian kredit modal kerja adalah kredit atau pinjaman yang diberikan untuk keperluan dalam meningkatkan produksi operasionalnya. Dalam suatu bisnis baik bisnis kecil ataupun bisnis besar seperti pada suatu perusahaan, memerlukan biaya yang tidak sedikit yang digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari biaya produksi, biaya operasional mesin hingga biaya untuk membayar gaji pegawai.


    Manfaat dari kredit modal kerja yaitu:


    · Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.

    · Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    ReplyDelete
  59. NAMA : RACHMA ANDRIANI SUDARTA
    NIM : I000190102
    KELAS : HES C

    a.Kredit Modal Kerja
    b.Dari pengalaman saudara saya dengan adanya kredit modal kerja, saudara saya dapat penambahan modal untuk usahanya. Saudara saya dapat menggunakan modal tersebut untuk mengembangkan bisnisnya, baik itu untuk membeli bahan baku, membayar pegawai, membayar uang sewa bangunan, maupun untuk berinovatif dalam pengembangan usaha dan bisa juga untuk tabungan di masa depan sehingga apabila terjadi kekurangan biaya masih ada simpanan dari modal sebelumnya. Sehingga dari kredit itu usaha saudara saya dapat berjalan dan memberi kemudahan dalam pengembangan usahanya.

    ReplyDelete
  60. Nama :Haliim Awalul P.N
    NIM : I000190111


    A. kredit modal kerja

    B. Manfaat kredit modal kerja :
    1. Sangat membantu bagi pelaku usaha
    dalam Berinovasi.Bisnis yang sudah sukses masih memerlukan inovasi tujuannya supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan.
    2. Melancarkan Kegiatan Operasional Perusahaan. Jika operasional bisnis sering tersendat itu tandanya Anda sudah membutuhkan suntikan dana dari pinjaman sehingga membuat operasional bisnis menjadi lancar kembali.
    3. Arus Kas Mejadi Lancar. Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah Anda akan bisa dilancarkan arus kas dalam bisnis. Bagi bisnis yang baru berjalan akan dibutuhkan banyak modal usaha terutama di beberapa bulan pertama dimana bisnis yang dijalankan tidak meraih keuntungan namun operasional tetap berjalan seperti untuk membayar gaji karyawan, usang sewa, listrik, air, dan lain sebagainya. Dengan pinjaman tersebut Anda tidak akan kekurangan modal untuk menjalankan bisnis Anda.

    ReplyDelete
  61. Nama : Widhi Indira Laksmi
    NIM : I000190224
    Kelas: D

    Kredit modal kerja
    Dengan mengajukan kredit modal kerja seseorang yang ingin memulai usahanya dapat memulai usaha. Salah satunya melalui bank. Seseorang dapat mengajukan kredit sehingga ia bisa memulai usahanya hal ini dapat meningkatkan jumlah usaha kecil menengah sehingga terciptalah lapangan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran. Banyak usaha-usaha besar berawal dari usaha kecil. Meski awalnya tidah memiliki uang yang cukup untuk memulai sebuah usaha seseorang tersebut dapat mengajukan kredit modal kerja. Dengan melakukan kredit modal kerja juga dapat mengembangkan sebuah usaha yang telah ia miliki. Biasanya sebuah bank menawarkan produk sesuai jumlah kesanggupan debiturnya. Bagi yang baru awal memulai usaha kecil akan diberi opsi untuk memilih program khusus untuk umkm contonya kur dari Bank bri yang dilakukan oeang tua saya. Produk ini memilik syarat yang mudah dan suku bunganya yang relatif sangat kecil sehingga debitur tidak merasa kesulitan dalam mengangsur setiap bulannya sampai batas waktu yang telah ditentukan. Jika seseorang tersebut memberikan progres yang baik dengan membayar tepat waktu dan usahanya pun terus berkembang maka bank pun tidak akan sungkan-sungkan untuk memberikan tambahan kredit apabila seseorang tersebut ingin mengajukan kredit lagi sehingga usahanya pun akan akan terus tumbuh menjadi besar dan sukses. Hal ini dapat menjadi investasi juga karena dengan seiring berjalannya waktu dengan manajemen keuangan yang dikelola dengan baik sebuah usaha akan terus tumbuh dan berkembang menjadi sebuah usaha yang besar.

    ReplyDelete
  62. Nama : Nisa' Zahrotul Jannah
    NIM : I000190104
    Kelas: B

    A. Kredit modal kerja
    B. Manfaat dangan menggunakan kredit modal kerja adalah Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis,Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah Anda tarik untuk membangun usaha tersebut, Beban debitor lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya, Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debitor dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian, Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor.

    ReplyDelete
  63. Nama :Adigwa Syahda N.F
    NIM : I000190156

    1. Kredit modal kerja

    2. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan

    ReplyDelete
  64. Dilla Gading Kusuma / I000180131

    A. Kredit Usaha Kerja
    B. Manfaat yang didapat, kredit usaha ini digunakan oleh saudara saya sebagai modal tambahan, untuk mengembangkan usaha laundry pakaiannya. Tentu sangat membantu masyarakat kecil yang ingin usaha walau tidak ada dana. Namun, usahanya harus jelas. Tidak bisa hanya asal-asalan. Karena tanggung jawab nasabah yang berkredit terhadap bank atas perjanjian yang disepakati.

    ReplyDelete
  65. Annisa ul Lathifah
    I000190105
    Kelas C

    Sebelumnya saya sendiri belum pernah melakukan perkreditan apapun, namun sering saya temui tetangga ataupun beberapa orang yang saya kenal melakukan perkreditan, misamisalnya:
    1. Kredit berjangka
    Yaitu perkreditan yang dilakukan seseorang untuk mempermudah dalam pembelian suatu barang yang dibutuhkan.
    Seperti salah seorang tetangga saya yang melakukan perkreditan dalam pembelian motor secara berjangkaberjangka dalam pembayarannya, tentu dengan ketentuan yang sudah disepakati. Jadi ia melakukan perkreditan dalam membeli motor, dan di awal ia mendapatmendapatkan motor yabg dibelinya ia harus memberikan DP lalu untuk pelunasannya ia dapat mencicil setiap bulannya sesuai kesepakatan yang sudah di buat juga dengan waktu yang sudah ditentukan. Ternyata perkreditan berjangka ini juga banyak manfaatnya seperti , dapat memudahkan setiap orang yang sedang membutuhkan suatu barang tanpa harus langsung menyiapkan uang yang sesuai dengan harga barang yang diinginkannya karena dapat melakukan pelunasan melalui pembayaran cicilan setiap bulannyabulannya.

    ReplyDelete
  66. Fatimah Azzahra
    I000190135
    Kelas D

    A. Kredit modal kerja
    B. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    ·         Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    Keuntungan dangan menggunakan kredit modal kerja, diantaranya yaitu:

    ·         Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis.
    ·         Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah Anda tarik untuk membangun usaha tersebut.
    ·         Beban debitor lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya.
    ·         Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debitor dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian.
    ·         Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor.

    Kredit modal kerja ini diberikan untuk fokus dalam mendukung suatu kemajuan usaha dari nasabah termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah yang menggunakan kredit jenis ini. Keuntungan yang didapatkan masing-masing pihak membuat kredit modal kerja diberikan pada pengusaha kecil menengah yang dapat membangun usaha. Saudara saya menggunakan modal tersebut untuk usaha susu kedelai. Modal itu digunakan untuk membeli alat-alat dan juga bahan-bahan untuk membuat susu kedelai. Sehingga usaha kedelai dapat berkembang dan berjalan dengan baik

    ReplyDelete
  67. Nama : Mohammad Ibnu Rahmawan
    Nim : I000190145


    A. Kredit modal kerja

    B. Manfaat adanya kredit modal kerja adalah banyak orang orang yang ingin berusaha membuka toko berjualan kekurangan modal bahkan tidak mememiliki modal untuk membuka usahanya dikarenakan kekurangan modal usaha dengan adanya kredit modal usaha mereka bisa membuka usahanya dan angka pengangguran di indonesia pun pasti berkurang . Di indonesia banyak bank dan koperasi yang mengadakan sistem Kredit modal kerja . Jadi dengan adanya Kredit modal kerja masyarakat jauh lebih terbantu

    ReplyDelete
  68. nama :Anggara Indra Setyaningsih
    nim : I000190118
    Kelas : C

    A. kredit modal kerja
    B. jadi saya atau keluarga saya memang belum pernah melakukan kredit, tetapi tetangga saya ada yang pernah kredit, yaitu kredit modal kerja. Tetangga saya sendiri memiliki usaha warung kecil-kecilan di depan rumahnya. pada awalnya, usaha itu belum memiliki tempat yang layak untuk berjualan, karena hanya ada meja kecil untuk tempat makanan yang dia jual. Lalu tetangga saya mengajukan kredit modal kerja. dengan kredit itu dia bisa membangun warungnya sendiri, yang awalnya hanya meja kecil, sekarang sudah ada tempatnya sendiri dan memiliki tempat duduk dan meja bagi para pembeli. selain itu yang awalnya dia hanya berjualan makanan kecil, sekarang juga sudah berjualan sembako dan makanan berat lainnya. walau kredit tersebut hanya berjangka waktu 1 tahun, namun sangat bermanfaat bagi pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usahanya. jadi manfaat kredit tersebut yaitu dapat dijadikan modal untuk mengembangkan usaha yang dia miliki, dapat untuk membayar upah karyawannya,dapat membantu usahanya agar terus berjalan dan yang pasti adalah dapat meringankan beban para pengusaha kecil yang pedapatannya hanya sedikit. Dengan adanya kredit modal kerja ini juga dapat mengurangi pengangguran yang ada di indonesia, karena banyak sekali orang yang lebih memilih untuk memiliki usaha sebagai pekerjaannya dan cara untuk mendapatkan modal untuk usahanya adalah dengan kredit modal usaha.

    ReplyDelete
  69. NAMA : SEKAR ANDINI MEDIA P
    NIM : I000190196

    1. Kredit Pemilikan Rumah
    2. Manfaat nyata dari perpanjangan tenor adalah berkurangnya jumlah cicilan perbulan, Bisa lebih leluasa dalam mengatur keuangan. KPR tenor panjang ini sangat sesuai untuk para pekerja dengan pola penghasilan rutin atau bulanan. Pekerja yang memiliki pola penghasilan seperti ini diantaranya adalah pekerja pabrik, kantoran, dan PNS.
    Selain itu,Cicilan bulanan lebih ringan
    KPR tenor panjang, tak lain merupakan bagian dari strategi bank dalam membuat ketertarikan semua kalangan dengan penghasilan rata-rata agar bisa menikmati produk KPR tersebut.

    ReplyDelete
  70. Nama : Rahmat Akbar
    NIM : I000190083
    Kelas : HES B



    A.kredit modal Kerja

    B.manfaat dari kredit ini saya lebih unggul kan karena selain memberi untung yang banyak juga bsa sebagai tunjangan masa depan. Jika kita berhasil sukses maka akan terlihat bahwa kredit inilah yang paling menguntungkan.
    Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    · Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    Keuntungan dangan menggunakan kredit modal kerja, diantaranya yaitu:

    · Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis.
    · Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah Anda tarik untuk membangun usaha tersebut.
    · Beban debitor lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya.
    · Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debitor dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian.
    · Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor.

    Kredit modal kerja ini diberikan untuk fokus dalam mendukung suatu kemajuan usaha dari nasabah termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah yang menggunakan kredit jenis ini. Keuntungan yang didapatkan masing-masing pihak membuat kredit modal kerja diberikan pada pengusaha kecil menengah yang dapat membangun usaha

    ReplyDelete
  71. Nama : KHAIRA GINA YUDA JAKTI
    NIM : I000190168
    Kelas : C

    a. Jenis kredit yang dipilih?
    Jawab : Kredit Modal Kerja

    b. Manfaat apa yang diperoleh oleh peminjam?
    Jawab : Saat itu salah satu anggota keluarga saya menggunakan kredit modal kerja untuk mengembangkan usaha turunan dari orang tuanya. Modal usaha itu bermanfaat untuk membiayai bangunan,barang-barang, bahan baku dan semua keperluan yang dibutuhkan. Selain itu, bunga kreditnya pun dapat diatur karena pembayarannya dikenakan pada uang yang sudah ditarik. Waktu pembayarannya dilakukan secara bertahap, waktu pembayarannya ditetapkan dan tertulis dalam surat perjanjian. Pembayarannya pun ringan jika belum jatuh tempo karena jika melewati jatuh tempo akan dikenai denda dan ada surat perjanjian pinjaman sehingga peminjam tahu besarnya bunga yang harus dibayar dan tidak ada kejadian bunga kredit naik tanpa pemberitahuan.

    ReplyDelete

  72. Nama : Bagas Sulistyo
    Nim : I000190062
    Kelas : B


    1. Kredit modal kerja
    2. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitur atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya. Kredit modal kerja ini diberikan untuk fokus dalam mendukung suatu kemajuan usaha dari nasabah termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah yang menggunakan jenis kredit ini. Keuntungan yg didapatkan masing-masing pihak membuat kredit modal kerja diberikan pada pengusaha kecil menengah yang dapat membangun usaha.

    ReplyDelete
  73. Nama : Muthiah Khaerani
    Nim : I000190064 / HES B


    A. Jenis Kredit apa yang dipilih
    -Kredit modal kerja (Kredit yang digunakan sebagai modal usaha)

    B. Manfaat yang diperoleh peminjam
    -Kredit ini memberikan beberapa manfaat bagi para peminjam yaitu:
    a. Dapat memberikan modal bagi usahawan yang ingin mendirikan suatu usaha namun belum memiliki modal yang cukup. kredit ini dirasa lebih efektif karena tidak terlalu memberatkan bagi para usahawan kelas menengah ke bawah.
    b. kredit ini dapat digunakan sebagai modal untuk membeli bahan baku usaha dan juga untuk membayar karyawan.
    c. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    d. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan

    Dan berdasarkan pengalaman yang dialami oleh saudara saya kredit jenis ini tidak terlalu memerlukan persyaratan yang terlalau rumit dan bunga peminjaman tidak terlalu banyak sehingga tidak memberatkan peminjam

    ReplyDelete
  74. Nama : Annisa Salsabil
    NIM : I000190051
    HES B


    a) kredit Motor
    b) Manfaat

    1. Memungkinkan, meskipun dana terbatas
    Dengan jumlah uang yang hanya beberapa juta saja, maka sangat tidak mungkin bagi Anda memiliki sebuah sepeda motor, terutama jika Anda berkeinginan membeli motor dalam kondisi baru. Namun dengan fasilitas kredit, maka Anda bisa menggunakan sejumlah dana tersebut sebagai uang muka dan membayar sisanya dengan cara mencicil setiap bulannya.

    Dana yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit motor hanya berkisar antara 25% - 30% saja, artinya dengan uang beberapa juta saja Anda sudah bisa membawa pulang sebuah sepeda motor idaman Anda.

    2. Layanan asuransi
    Setiap kendaraan yang dibeli secara kredit, biasanya telah dilengkapi dengan asuransi kendaraan bermotor, baik itu untuk kerusakan ataupun untuk kehilangan kendaraan tersebut. Layanan asuransi ini bisa membuat Anda sedikit bernapas lega, sebab resiko pada kendaraan Anda akan dijamin oleh pihak asuransi, sehingga Anda tidak perlu menanggung sejumlah kerugian atas berbagai hal-hal yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda tersebut.
    Namun, sangat penting mengetahui pertanggungan yang diberikan oleh asuransi terhadap kendaraan yang Anda beli. Jangan sampai ada kesalahpahaman atas polis yang bisa saja menimbulkan sejumlah kerugian bagi Anda di masa yang akan datang.

    3. Alokasikan dana untuk hal lain
    Meskipun Anda memiliki sejumlah dana yang terbilang cukup untuk membeli sebuah motor secara tunai, namun tidak ada salahnya mempertimbangkan pembelian secara kredit. Hal ini bisa Anda jadikan pilihan, terutama jika ternyata Anda bergerak di bidang bisnis tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil / keuntungan dari sejumlah dana yang Anda miliki.

    ReplyDelete
  75. Nama : Mustofa Aqil
    Nim : I000190061
    Kelas : B


    1. Kredit modal kerja
    2. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitur atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya. Kredit modal kerja ini diberikan untuk fokus dalam mendukung suatu kemajuan usaha dari nasabah termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah yang menggunakan jenis kredit ini. Keuntungan yg didapatkan masing-masing pihak membuat kredit modal kerja diberikan pada pengusaha kecil menengah yang dapat membangun usaha.

    ReplyDelete
  76. Nama :Intan Fatkhuroh Hikmah
    NIM. : I000190063
    Kelas : B
    a) kredit Motor
    b) Manfaat

    1. Memungkinkan, meskipun dana terbatas
    Dengan jumlah uang yang hanya beberapa juta saja, maka sangat tidak mungkin bagi Anda memiliki sebuah sepeda motor, terutama jika Anda berkeinginan membeli motor dalam kondisi baru. Namun dengan fasilitas kredit, maka Anda bisa menggunakan sejumlah dana tersebut sebagai uang muka dan membayar sisanya dengan cara mencicil setiap bulannya.

    Dana yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit motor hanya berkisar antara 25% - 30% saja, artinya dengan uang beberapa juta saja Anda sudah bisa membawa pulang sebuah sepeda motor idaman Anda.

    2. Layanan asuransi
    Setiap kendaraan yang dibeli secara kredit, biasanya telah dilengkapi dengan asuransi kendaraan bermotor, baik itu untuk kerusakan ataupun untuk kehilangan kendaraan tersebut. Layanan asuransi ini bisa membuat Anda sedikit bernapas lega, sebab resiko pada kendaraan Anda akan dijamin oleh pihak asuransi, sehingga Anda tidak perlu menanggung sejumlah kerugian atas berbagai hal-hal yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda tersebut.
    Namun, sangat penting mengetahui pertanggungan yang diberikan oleh asuransi terhadap kendaraan yang Anda beli. Jangan sampai ada kesalahpahaman atas polis yang bisa saja menimbulkan sejumlah kerugian bagi Anda di masa yang akan datang.

    3. Alokasikan dana untuk hal lain
    Meskipun Anda memiliki sejumlah dana yang terbilang cukup untuk membeli sebuah motor secara tunai, namun tidak ada salahnya mempertimbangkan pembelian secara kredit. Hal ini bisa Anda jadikan pilihan, terutama jika ternyata Anda bergerak di bidang bisnis tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil / keuntungan dari sejumlah dana yang Anda miliki.

    ReplyDelete
  77. Nama: NUR FARID J A
    Kelas: HES B
    NIM: I000190070

    1. Kredit modal kerja
    2. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitur atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya. Kredit modal kerja ini diberikan untuk fokus dalam mendukung suatu kemajuan usaha dari nasabah termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah yang menggunakan jenis kredit ini. Keuntungan yg didapatkan masing-masing pihak membuat kredit modal kerja diberikan pada pengusaha kecil menengah yang dapat membangun usaha.

    ReplyDelete
  78. Nama : Cicilia Winda
    Nim : I000190072

    a. Kredit Personal loan
    b. Kredit Personal loan atau Kredit Tanpa Agunan atau juga bisa kita sebut sebagai pinjaman pribadi tanpa agunan merupakan salah satu produk perbankan yang memberi fasilitas pinjaman tanpa mewajibkan debitur untuk mempersiapkan asset berharga sebagai jaminan. Dalam hal ini, nasabah atau debitur tidak diwajibkan untuk menyerahkan jaminan atau agunan ketika menginginkan kredit tersebut. Sebagai bahan pertimbangan yang digunakan oleh bank untuk memberikan atau menolak pinjaman kepada nasabah hanyalah riwayat kredit yang dimiliki oleh nasabah tersebut. Kredit atau pinjaman ini sangatlah fleksibel karena nasabah diijinkan untuk menggunakan dana yang mereka dapat untuk keperluan apapun, baik itu yang bersifat bisnis maupun konsumtif.manfaat yang bisa di dapat nasabah adalah sebagai berikut sebagai modal usaha,renovasi rumah,di gunakan sebagai uang darurat,membiayai pendidikan pernikahan,untuk biaya liburan maupun kebutuhan lainnya.

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Nama : Zuli Wulandari
    NIM : I000190075
    Kelas : HES B

    Jenis Kredit yang dipilih adalah:
    -Kredit Modal Kerja
    Saudara saya pernah meminjam kredit jenis ini ke bank,sebagai modal usaha awalnya.
    Kredit Modal Kerja ini merupakan kredit yang diberikan oleh bank untuk keperluan meningkatkan kemampuan operasi produksi suatu perusahaan. Sebagai contoh untuk membeli bahan baku, membayar upah karyawan atau yang lainya.
     Manfaatnya antara lain:
    - Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha
    - Membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun
    - Membantu usaha untuk tetap berjalan
    - Membantu membayar karyawan

    ReplyDelete
  81. Nama : Laila Nida Nisrina
    NIM : I000190200
    Kelas : C

    a. Jenis kredit yang dipilih?
    Jawab : Kredit Modal Kerja

    b. Manfaat apa yang diperoleh oleh peminjam?
    Jawab : Saat itu salah satu anggota keluarga saya menggunakan kredit modal kerja untuk mengembangkan usaha turunan dari orang tuanya. Modal usaha itu bermanfaat untuk membiayai bangunan,barang-barang, bahan baku dan semua keperluan yang dibutuhkan. Selain itu, bunga kreditnya pun dapat diatur karena pembayarannya dikenakan pada uang yang sudah ditarik. Waktu pembayarannya dilakukan secara bertahap, waktu pembayarannya ditetapkan dan tertulis dalam surat perjanjian. Pembayarannya pun ringan jika belum jatuh tempo karena jika melewati jatuh tempo akan dikenai denda dan ada surat perjanjian pinjaman sehingga peminjam tahu besarnya bunga yang harus dibayar dan tidak ada kejadian bunga kredit naik tanpa pemberitahuan.

    ReplyDelete
  82. NAMA : INTAN PUTRI RENGGANIS
    NIM : I000190186

    1. Kredit Pemilikan Rumah
    2. Manfaat nyata dari perpanjangan tenor adalah berkurangnya jumlah cicilan perbulan, Bisa lebih leluasa dalam mengatur keuangan. KPR tenor panjang ini sangat sesuai untuk para pekerja dengan pola penghasilan rutin atau bulanan. Pekerja yang memiliki pola penghasilan seperti ini diantaranya adalah pekerja pabrik, kantoran, dan PNS.
    Selain itu,Cicilan bulanan lebih ringan
    KPR tenor panjang, tak lain merupakan bagian dari strategi bank dalam membuat ketertarikan semua kalangan dengan penghasilan rata-rata agar bisa menikmati produk KPR tersebut.

    ReplyDelete
  83. Nama : Faishal Muhammad F G
    NIM : I000190176

    A. Kredit multiguna/konsumsi
    B. Untuk kebutuhan mendadak, bisa juga di konsumsi untuk sehari-hari, tambahan biaya yang ada untuk kebutuhan sehari-hari

    ReplyDelete
  84. Nama: ismi purniasih
    Nim : I000190161
    1.kredit modal kerja
    2.manfaat yang diperoleh peminjam dari kredit modal kerja yaitu jika modal awal untuk membangun sebuah usaha tidak mencukupi, maka pebisnis bisa mengajukan kredit modal kerja dari lembaga keuangan. Dengan bantuan kredit modal kerja dapat membantu pebisnis membiayai semua keperluan untuk membuka sebuah usaha.Modal yang bisa disimpan sehingga bisa digunakan sewaktu –waktu ketika dibutuhkan. Dengan adanya modal simpanan, usaha bisa terus berjalan walaupun sedang mengalami krisis.Bunga kredit hanya dikenakan pada uang yang sudah ditarik sehingga besarnya pembayaran kredit bisa diatur.Pembayaran ringan asal dibayar sebelum jatuh tempo karena setelah jatih tempo namun peminjam belum membayar maka akan dikenakan denda sesuai surat perjanjian. Itulah beberapa manfaat dari kredit modal kerja.

    ReplyDelete
  85. Nama:sahl Abdullah
    Kelas:A
    NIM:I000190016

    1. Kredit Modal kerja

    2.Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang kita butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat kita cairkan sewaktu-waktu ketika kita membutuhkannya.

    ReplyDelete
  86. Ilham Nur Arifin
    I000190147
    HES/D

    a) kredit Motor

    b) Manfaat yang diperoleh bagi si peminjam
    * Memungkinkan, meskipun dana terbatas
    Dengan jumlah uang yang hanya beberapa juta saja, maka sangat tidak mungkin bagi Anda memiliki sebuah sepeda motor, terutama jika Anda berkeinginan membeli motor dalam kondisi baru. Namun dengan fasilitas kredit, maka Anda bisa menggunakan sejumlah dana tersebut sebagai uang muka dan membayar sisanya dengan cara mencicil setiap bulannya.

    Dana yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit motor hanya berkisar antara 25% - 30% saja, artinya dengan uang beberapa juta saja Anda sudah bisa membawa pulang sebuah sepeda motor idaman Anda.

    * Layanan asuransi
    Setiap kendaraan yang dibeli secara kredit, biasanya telah dilengkapi dengan asuransi kendaraan bermotor, baik itu untuk kerusakan ataupun untuk kehilangan kendaraan tersebut. Layanan asuransi ini bisa membuat Anda sedikit bernapas lega, sebab resiko pada kendaraan Anda akan dijamin oleh pihak asuransi, sehingga Anda tidak perlu menanggung sejumlah kerugian atas berbagai hal-hal yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda tersebut.
    Namun, sangat penting mengetahui pertanggungan yang diberikan oleh asuransi terhadap kendaraan yang Anda beli. Jangan sampai ada kesalahpahaman atas polis yang bisa saja menimbulkan sejumlah kerugian bagi Anda di masa yang akan datang.

    * Alokasikan dana untuk hal lain
    Meskipun Anda memiliki sejumlah dana yang terbilang cukup untuk membeli sebuah motor secara tunai, namun tidak ada salahnya mempertimbangkan pembelian secara kredit. Hal ini bisa Anda jadikan pilihan, terutama jika ternyata Anda bergerak di bidang bisnis tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil / keuntungan dari sejumlah dana yang Anda miliki.

    ReplyDelete
  87. Nama : Dedi syambudi
    Nim : I000190185
    Kelas: B

    1. Kredit modal kerja
    2. Manfaatnya adalah untuk membantu membangun usaha dari awal atau belum mempunyai modal yang cukup dan tidak memberatkan bagi pengusaha kelas menengah ke bawah. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan,dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    ReplyDelete
  88. M Rafli Surya
    I000190055
    Hes A

    1.kredit modal usaha

    2.sebagai modal awal para peminjam untuk membuka usahanya masing masing. Adanya tempo pembayaran yang memudahkan para peminjam untuk lebih bisa me manage pemasukan dan pengeluaran uang dengan lebih bijak dan lebih singkron seiring berjalannya sebuah usaha. Membuka ladang untuk para pembisnis yang kekurangan dana modal untuk memulai bisnisnya.

    ReplyDelete
  89. Dafa Anisa
    I000190157
    HES D



    1. Kredit Modal Kerja

    2. Dengan persyaratan yang mudah serta bunga pinjaman yang tidak terlalu tinggi, kredit modal kerja mempunyai manfaat yaitu sebagai modal awal untuk membangun suatu usaha (dagang/toko misalnya) karena sistem kredit ini tidak terlalu memberatkan pengusaha kelas menengah ke bawah dengan jangka waktu yang relatif pendek, pinjaman yang relatif kecil dan pembayarannya pun bisa dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, selanjutnya dapat membantu usaha agar tetap berjalan sebab modal yang diberikan dapat dicairkan sesuai kebutuhan dan sisanya dapat disimpan sebagai kredit simpanan sehingga sewaktu-waktu dapat dicairkan ketika membutuhkannya. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi usahawan untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar sehingga nantinya dapat menjadikan usaha menjadi investasi tersendiri bagi pengusaha tanpa melibatkan kredit investasi.

    ReplyDelete
  90. Nama : Awalul Dini Nur Hidayah
    NIM : I000190153
    Kelas: D
    a. Jenis kredit apa yang dipilih?
    Kredit Modal Kerja atau Kredit
    Perdagangan
    b. Manfaat apa yang diperoleh oleh
    peminjam?
    - Sebagai modal awal untuk membantu
    membangun usaha sehingga para
    peminjam bisa membuka usaha sesuai
    dengan apa yang diinginkan.
    - Modal yang sudah dipinjam dapat
    digunakan sewaktu waktu.
    - Beban yang ditanggung peminjam lebih
    ringan karena pembayarannya bisa
    dilakukan berangsur-angsur sesuai
    dengan ketentuan dan perjanjian yang
    telah disepakati.
    - Peminjam akan mengetahui besarnya
    bunga yang harus dibayarkan kepada
    kreditor dan tidak akan terjadi bunga
    kredit yang naik tanpa adanya
    pemberitahuan dari pihak kreditor.
    - Bisnis tetap dapat berjalan walaupun
    dalam keadaan krisis sekalipun.

    ReplyDelete
  91. Nama : Isnani Latifathul Jannah
    NIM : I000190154/HES B


    1. Kredit usaha
    2. Manfaat nya sangat membantu para usaha kecil dalam berwirausaha dan mendapatkan penghasilan yang bermanfaat bagi kehidupan mereka, memberikan pinjaman kecil kepada masyarakat miskin yang umumnya merupakan kalangan wanita yang tidak memiliki penghasilan tetap dan tidak mampu mengajukan pinjaman dengan kredit konvensional kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya karena keterbatasan ekonomi yang mereka miliki. Dengan mengajukan kredit ini, pengusaha dapat melunasinya dengan cara dingasur setiap bulannya. Jangka waktu pelunasan ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pihak Bank dengan peminjam. Setiap bulannya Anda akan mencicil uang pokok pinjaman beserta suku bunga pinjaman yang telah ditentukan oleh Bank.

    ReplyDelete
  92. NIM :I000190092
    Nama : Alfiatur Rosyidah

    1. Kredit modal kerja (Kredit yang digunakan sebagai modal usaha)

    2. Kredit ini memberikan beberapa manfaat bagi para peminjam yaitu:
    a. Dapat memberikan modal bagi usahawan yang ingin mendirikan suatu usaha namun belum memiliki modal yang cukup. kredit ini dirasa lebih efektif karena tidak terlalu memberatkan bagi para usahawan kelas menengah ke bawah, dengan jangka waktu yang relatif pendek dan pinjaman yang relatif kecil hal ini dapat membantu para usahawan untuk meneruskan usahanya.
    b. kredit ini dapat digunakan sebagai modal untuk membeli bahan baku usaha dan juga untuk membayar karyawan.
    c. kredit ini biasanya digunakan oleh pabrik- pabrik, pertokoan dan perusahaan makanan.

    Dan berdasarkan pengalaman yang dialami oleh saudara saya kredit jenis ini tidak terlalu memerlukan persyaratan yang terlalau rumit dan pengembaliannyapun masih terjangkau oleh masyarakat kelas menengah kebawah sebagsi modal usaha.

    ReplyDelete
  93. NAMA :GALUH SAPUTRI DEWI
    NIM :I000190097
    KELAS : C
    A. Kredit modal kerja / usaha
    B. Manfaat nya sebbagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    · Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.
    Jadi,kredit ini sangatlah membantu bagi para usaha pengusaha dalam mengembangkan serta menjalankan usahanya tanpa harus kebingungan modal usaha

    ReplyDelete
  94. M.Yusuf Ramadani
    I000199237
    HES D
    a) kredit Motor
    b) Manfaat

    1. sesuai, sesuai dana terbatas
    Dengan jumlah uang hanya beberapa juta saja, maka sangat bermanfaat bagi Anda menyediakan sepeda motor, bebaskan berkeinginan beli motor dalam kondisi baru. Namun dengan fasilitas kredit, maka Anda dapat menggunakan dana tersebut sebagai uang muka dan membayar dengan cara mencicil setiap bulannya.

    Dana yang diperlukan untuk kredit motor hanya antara 25% - 30% saja, artinya dengan uang beberapa juta saja Anda sudah dapat membawa pulang sepeda motor idaman Anda.

    2. Layanan asuransi
    Setiap kendaraan yang dibeli secara kredit, telah dilengkapi dengan asuransi kendaraan, baik itu untuk kerusakan maupun untuk kendaraan tersebut. Layanan asuransi ini dapat membuat Anda sedikit lega, sebab risiko pada kendaraan Anda akan dipertanggungkan oleh asuransi, sehingga Anda tidak perlu mempertimbangkan kerugian atas berbagai hal-hal yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda tersebut.
    Namun, sangat penting untuk mengetahui pertanggungan yang diberikan oleh asuransi terhadap kendaraan yang Anda beli. Jangan sampai ada kesalahpahaman atas polis yang bisa saja mempertanyakan besarnya kerugian bagi Anda di masa yang akan datang.

    3. Alokasikan dana untuk hal lain
    Meskipun Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli motor, namun tidak ada salahnya membeli kredit. Hal ini dapat Anda jadikan pilihan, terutama jika Anda memindahkan di bidang bisnis tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil / memperoleh dari dana yang Anda miliki

    ReplyDelete
  95. Nama: Nina Marta Sari
    NIM: I000190108
    Kelas: C

    Saya belum pernah mengalami melakukan pengkreditan di bank, oleh karena itu saya sering melihat dari pengalamaan d beberapa orang disekitar seperti tetangga saya yang melakukan kredit di bank sebagai modal usaha.
    a. Kredit Modal usaha
    b. Manfaat kredit modal usaha
    Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.
    Kredit modal kerja ini diberikan untuk fokus dalam mendukung suatu kemajuan usaha dari nasabah termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah yang menggunakan kredit jenis ini. Keuntungan yang didapatkan masing-masing pihak membuat kredit modal kerja diberikan pada pengusaha kecil menengah yang dapat membangun usaha. 

    ReplyDelete
  96. Aisyah shinta b
    I000190150/Hes D

    Saya belum pernah pengalaman memiliki kredit modal kerja,kredit investasi,personal loan , maupun personal non cash.Akan tetapi kakak saya yang berpengalaman memiliki
    a.Personal loan
    b.Manfaat
    Dari personal loan yang dimiliki kakak saya memiliki manfaat yaitu
    -mendapatkan pinjaman uang tunai sebagai kebutuhan sehari-hari misalnya untuk membeli keperluan yg harus dibeli ,makan,minum
    -prosesnya cepat dan tidak memakan waktu yang lama
    Jadi manfaat personal loan bisa membantu kakak saya untuk bertahan hidup

    ReplyDelete
  97. Nama : Adam
    Nim :I000190198
    Kelas : C

    1. Kredit modal usaha
    2. Memanfaatkan dana yang di dapat untuk membuka sebuah usaha pabrik kain. Modal yang di dapat digunakan membeli peralatan-peralatan untuk kebutuhan pabrik. Pembayaran diberikan tempo 1 tahun dan dapat di angsur....berdasarkan pengalaman dari kerabat saya

    ReplyDelete
  98. Hanif Azzam Chusaini
    I000190066
    HES B

    1.kredit modal usaha

    2.sebagai modal awal para peminjam untuk membuka usahanya masing masing. Adanya tempo pembayaran yang memudahkan para peminjam untuk lebih bisa me manage pemasukan dan pengeluaran uang dengan lebih bijak dan lebih sinkron seiring berjalannya sebuah usaha. Membuka ladang untuk para pebisnis yang kekurangan dana modal untuk memulai bisnisnya.

    ReplyDelete
  99. Nama:Ranu Diva Kaloka
    NIM : I000190205

    A.Modal Kerja
    Modal kerja adalah modal yang digunakan untuk melakukan kegiatan operasi perusahaan sehari-hari. Modal kerja merupakan investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau jangka pendek seperti kas, bank, surat-surat berharga, piutang, persediaan dan aktiva lancar.

    Ada dua jenis modal kerja, yaitu:

    Modal kerja tetap atau permanen
    Modal kerja tetap atau permanen adalah jumlah minimum modal usaha yang harus tersedia agar perusahaan dapat berjalan lancar tanpa kesulitan keuangan.

    Modal kerja variabel
    Modal kerja ini jumlahnya tergantung pada aktivitas musiman dan kebutuhan-kebutuhan di luar aktivitas biasa.

    Manfaat Kredit Modal Kerja
    Ada saatnya seorang pengusaha membutuhkan kredit modal kerja untuk tambahan modal usaha.

    B. Hal ini bermanfaat untuk:
    -Melindungi usaha dari krisis modal kerja akibat turunnya nilai dari aktiva lancar.
    Membayar semua kewajiban-kewajiban tepat pada waktunya.
    Persediaan dana yang cukup untuk melayani para konsumen.
    -Memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan usahanya lebih cepat.
    -Memungkinkan perusahaan beroperasi lebih efisien, tanpa kesulitan produksi atau memperoleh barang ataupun jasa yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  100. NADILA WAHYU KUSUMA
    NIM :I000190044
    HES B

    1. Kredit Modal Kerja.

    2.Dengan melakukan pinjaman kredit modal kerja tersebut sesorang dapat mengembangkan usaha yang ia miliki menjadi usaha yang lebih maju lagi maupun menjadi modal-modal dasar untuk membangun suatu usaha.dengan adanya kredit modal kerja tersebut juga, orang itu dapat menjadikan usaha yang ia bngun dari kredit itu menjadi salah satu investasi (aset) mas depan tanpa melalalui kredit investasi.
    Kredit modal kerja sangat membantu msyarakat dalam berusaha dan bisa mencari satu usaha sebagai investasi masa depan dengan jangka waktu yang panjang. Semua jenis Kredit yang digunakan mempunyai kesamaan dalam tengga' waktu atau batas waktu untuk di kembalikan bunga awal maupun jumlah uang yang dijadikan usaha maupun kperluan lainya.baik itu satu tahu,dua tahun maupun lain-lainya.

    ReplyDelete
  101. Nama:fadhlurrohman fakhri
    Kelas : b
    Nim: I000190136


    A. Keredit pembiayan untuk rehap rumah
    B. Kita dapat memiliki uang cas atau tunai untuk untuk meperbaiki rumah

    ReplyDelete
  102. Nama : Luthfhiyyah Nurul Izzah
    Kelas : HES B
    NIM : I000190158

    A. Kredit Investasi
    B. Kredit Investasi adalah salah satu usaha pemerintah untuk memperbaiki perekonomian masyarakat dengan bekerja sama dengan bank. Kredit Investasi adalah cara memperluas usaha atau penambahan usaha untuk membuka pabrik baru ditempat yang berbeda, membangun proyek baru, pengadaan mesin dan bahan baku bahkan membali tanah menggunakan uang hasil usaha yang dibiayai dengan modal tersebut.

    biasanya bank memberikan jangka waktu minimal 1 tahun. manfaat dari pinjaman investasi ini adalah kita dapat mencicil atau mengangsur dalam melakukan pembayaran ke bank yang sudah kita pilih sendiri, untuk menambah daya fungsi modal/uang, mengstabilkan perekonomian perusahaan agar lebih meluas lagi.

    ReplyDelete
  103. Nama : Rafiq Ahmad Zaky
    Kelas : HES B
    NIM : I000190042

    1. Kredit Pemilikan Rumah
    2. Bermanfaat untuk pembelian rumah secara angsuran,

    ReplyDelete
  104. nama : Septia Tri Amalia
    NIM : I000190115
    Kelas : HES C

    a. kredit modal usaha
    b. manfaat yang diperoleh adalah membantu penerima kredit dalam mengembangkan atau melebarluaskan usahanya, selain itu penerima kredit dapat memanfaatkan modal pinjamannya untuk melanjutukan usahanya jika usaha yang dimilikinya sedang dalam keadaan darurat.

    ReplyDelete
  105. Nama : Lintang Syailendra
    NIM : I000190056
    Kelas : HES B

    1. Kredit Modal Kerja
    2. Bahwa manfaat yang diperoleh dari meminjam ya kita bisa dapat modal untuk memulai suatu usaha. Kredit modal kerja sangat membantu masyarakat dalam berusaha dan bisa mencari satu usaha sebagai investasi masa depan dengan jangka waktu yang panjang. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang kita butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat kita cairkan sewaktu-waktu ketika kita membutuhkannya.

    ReplyDelete
  106. Nama : Mahmada Azmi Maulida
    Nim : I000192007
    Kelas : HES D

    1. Kredit modal kerja
    2. Bermanfaat untuk mengembangkan usaha dagang agar lebih maju. Dapat juga membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang di butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat di cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    ReplyDelete
  107. Septya Nurul Ayu R
    NIM: I000190129
    HES B

    1. Kredit investasi

    2. manfaat kredit investasi yaitu Untuk menambah daya fungsi dari modal / uang.
    Untuk menstabilkan perekonomian perusahaan.
    Untuk menyebabkan kegairahan didalam berupaya atau beroptimis untuk mengembangkan perusahaan.
    Untuk menambah peredaran-peredaran uang dalam perusahaan.

    Kredit yang diberikan bagi debitur yang tujuan penggunaanya bagi investasi modal kerja jangka waktunya ditentukan sesuai jangka waktu investasinya. Kredit Investasi ini berjangka lebih dari 1 tahun kepada nasabah debitur yang penarikannya dapat dilakukan secara sekaligus atau bertahap sesuai dengan perjanjian yang ditetapkan dimuka. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara angsuran bulanan atau bertahap.

    ReplyDelete
  108. Nama: Lutfiah Nur Widoningrum
    NIM : I000190223
    Kelas : Hes D
    A. Kredit modal kerja
    B. Salah satu keluarga saya menggunakan kredit untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat menambah modal untuk membeli alat, bahan dan kebutuhan lainnya untuk produksi sehingga usahanya dapat berkembang dan memperoleh keuntungan serta dapat membayar kredit dengan bunganya dalam jumlah dan waktu yang telah disepakati serta apabila jatoh tempo akan dikenai denda juga sesuai kesepakatan awal saat mengajukan kredit.
    Adapun manfaat lain dari kredit antara lain:
    1.Membuat Bisnis Lebih Berkembang
    2.Membantu dalam Berinovasi
    3.Melancarkan Kegiatan Operasional Perusahaan
    4.Perawatan Peralatan
    5.Pengadaan Alat-Alat
    6.Arus Kas Mejadi Lancar
    7.Promosi Lebih Baik Lagi

    ReplyDelete
  109. nama: Rika Septiani Puspita Sari
    nim: I000190076
    kelas:Hes B

    a. kredit modal kerja
    b. Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.
    meskipun dalam keadaan krsisis pengusaha dapat menjalankan usahanya dengan kredit tersebut.

    ReplyDelete
  110. Nama : Ala melania
    Nim : I000190078
    Kelas : Hes B

    a. Kredit modal kerja
    b.Kredit Modal Kerja yaitu kredit yang diberikan kepada perorangan atau lembaga usaha untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi, tentunya syarat yang harus dipenuhi usaha yang telah berjalan selama kurang lebih 1 tahun.

    Banyak pelaku bisnis yang memiliki modal minim untuk mengembangkan usaha, dengan adanya kredit modal kerja yang disalurkan akan membuat mereka lebih mudah dan membuat usahanya menjadi lebih berkembang.

    ReplyDelete
  111. Nama : IFAH UMUL FADILAH
    NIM : I000192015

    1. Kredit modal kerja.

    2. Manfaat dari kredit modal kerja yaitu:

    ·         Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    ·         Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    Keuntungan dangan menggunakan kredit modal kerja, diantaranya yaitu:

    ·         Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis.
    ·         Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah Anda tarik untuk membangun usaha tersebut.
    ·         Beban debitor lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya.
    ·         Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debitor dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian.
    ·         Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor.

    Kredit modal kerja ini diberikan untuk fokus dalam mendukung suatu kemajuan usaha dari nasabah termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah yang menggunakan kredit jenis ini. Keuntungan yang didapatkan masing-masing pihak membuat kredit modal kerja diberikan pada pengusaha kecil menengah yang dapat membangun usaha. Skema dari kredit modal kerja yaitu kredit ini akan diberikan untuk jangka waktu paling lama adalah 1 tahun dengan pencairan suatu kredit adalah 70% dari jumlah total kebutuhan modal kerja dan biaya sendiri sebesar 30%. Jaminan atau agunan dari kredit ini adalah usaha tersebut ditambah dengan jaminan tambahan sesuai dengan penilaian yang diberikan oleh perbankan atau kreditor.

    ReplyDelete
  112. Nama:Muhammad rizky barkah
    Nim:I000190177

    A.kredit rumah


    B.kita bisa membayar dengan cara mengangsur perbulan dari nilai yang kita mampu berdasarkan kesepakatan jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak pada saat itu juga untuk memiliki rumah,jadi kita tidak perlu mengontrak rumah lagi yang dibayar perbulan atau pertahun nya dan uang tersebut hanya habis dimakan waktu dan kalo kredit rumah seperti menabung walaupun berbunga.

    ReplyDelete
  113. nama : rizal kaerosa kadafi
    nim : I000190133

    a. Jenis kredit apa yang dipilih? kredit motor
    b. Manfaat apa yang diperoleh oleh peminjam

    manfaat dari kredit adalah keringanan untuk membayar sesuai perjanjian, dulu saya pikir antara kredit dengan dibayar langsung saya lebih milih bayar langsung karena total cost yang dihasilkan lebih besar jika melakukan kredit tetapi setelah mendengar pandangan guru saya tentang kredit pikiran saya langsung berubah ternyata kredit itu lebih baik pada saat kondisi tidak bisa bayar langsung, karena sistem cicilan itu seperti kita maen di warnet, kita menyicil kredit itu karena sudut pandangnya kita menyewa barang tsb karena belum menjadi milik kita dan harga sewa barang tsb bisa dibilang murah coba aja kalo dibandingkan dengan menyewa komputer, itu salah satu keuntungan dari kredit pak tapi memang harus ada opportunity cost yaiu ga bisa bayar cash

    ReplyDelete
  114. Nama : Alvia Rianita
    NIM : I00190209

    A. Kredit modal kerja

    B. Manfaat kredit modal kerja diantaranya yaitu,
    Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis.
    Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah ditarik untuk membangun usaha tersebut.
    Beban debiator lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya.
    Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debiator dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian.
    Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada krediator atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak krediator.

    ReplyDelete
  115. Nama :Ahmad Nashiruddin
    NIM :I000190052

    A.Jenis kredit apa yang di pilih?kredit mobil
    B.manfaat apa yang diperoleh peminjam?

    *>manfaat bagi peminjam adalah ? Mobil merupakan salah satu aset yang memiliki harga tinggi, meskipun di kemudian hari pasti akan terjadi penurunan nilai. Kemampuan ekonomi dan keuangan masing-masing orang sangat menentukan cara membeli dan pembayaran dalam membeli transportasi yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari ini, salah satunya dengan cara kredit.

    ReplyDelete
  116. Syifa Fauziah Adha
    I000190120

    1. Kredit modal kerja
    2. Manfaat dangan menggunakan kredit modal kerja adalah Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis,Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah Anda tarik untuk membangun usaha tersebut, Beban debitor lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya, Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debitor dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian, Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor.

    ReplyDelete
  117. Nama : Hanan Tri Permadi
    NIM : I000190110
    Kelas: HES C

    a. Kredit Modal Kerja
    b. Sebagai modal awal untuk pengusaha dari nol maupun yang berinovasi terhadap usahanya, tetangga saya pernah mengalami titik paling bawah pengeluaran terus menerus untuk membayar karyawan,listrik,dan kebutuhan lainnya, sementara pemasukan lebih sedikit dari pengeluaran dan akhirnya usaha tersebut tersendat, dengan kredit modal usaha sehingga usaha yang dijalankan lancar kembali, kredit modal kerja tersebut merupakan berinovasi dalam berusaha/berbisnis.Selain itu keuntungan lainnya yaitu pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah pengusaha tarik untuk membangun usaha tersebut ,dan kredit modal kerja bisa juga disimpan sehingga bisa digunakan sewaktu waktu ketika dibutuhkan, dengan adanya modal simpanan usaha terus berjalan walaupun sedang dalam masa krisis.

    ReplyDelete
  118. Nama:Muhammad Arief Hiayatullah
    Nim :I000190139
    Jenis kredit yang dipilih yaitu kredit:
    - kredit modal kerja
    Manfaat kredit modal kerja :
    1. Sangat membantu bagi pelaku usaha
    dalam Berinovasi.Bisnis yang sudah sukses masih memerlukan inovasi tujuannya supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan.
    2. Melancarkan Kegiatan Operasional Perusahaan. Jika operasional bisnis sering tersendat itu tandanya Anda sudah membutuhkan suntikan dana dari pinjaman sehingga membuat operasional bisnis menjadi lancar kembali.
    3. Pengadaan Alat-Alat
    Pinjaman yang Anda dapatkan juga berguna untuk mengadakan alat-alat yang berhubungan dengan usaha.
    4. Arus Kas Mejadi Lancar. Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah Anda akan bisa dilancarkan arus kas dalam bisnis. Bagi bisnis yang baru berjalan akan dibutuhkan banyak modal usaha terutama di beberapa bulan pertama dimana bisnis yang dijalankan tidak meraih keuntungan namun operasional tetap berjalan seperti untuk membayar gaji karyawan, usang sewa, listrik, air, dan lain sebagainya. Dengan pinjaman tersebut Anda tidak akan kekurangan modal untuk menjalankan bisnis Anda.

    ReplyDelete
  119. Nama:Muhammad Arief Hidayatullah
    Nim :I000190139
    Jenis kredit yang dipilih yaitu kredit:
    - kredit modal kerja
    Manfaat kredit modal kerja :
    1. Sangat membantu bagi pelaku usaha
    dalam Berinovasi.Bisnis yang sudah sukses masih memerlukan inovasi tujuannya supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan.
    2. Melancarkan Kegiatan Operasional Perusahaan. Jika operasional bisnis sering tersendat itu tandanya Anda sudah membutuhkan suntikan dana dari pinjaman sehingga membuat operasional bisnis menjadi lancar kembali.
    3. Pengadaan Alat-Alat
    Pinjaman yang Anda dapatkan juga berguna untuk mengadakan alat-alat yang berhubungan dengan usaha.
    4. Arus Kas Mejadi Lancar. Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah Anda akan bisa dilancarkan arus kas dalam bisnis. Bagi bisnis yang baru berjalan akan dibutuhkan banyak modal usaha terutama di beberapa bulan pertama dimana bisnis yang dijalankan tidak meraih keuntungan namun operasional tetap berjalan seperti untuk membayar gaji karyawan, usang sewa, listrik, air, dan lain sebagainya. Dengan pinjaman tersebut Anda tidak akan kekurangan modal untuk menjalankan bisnis Anda.

    ReplyDelete
  120. A.kredit mobil
    B.membeli sebuah mobil dengan uang cash bagi kalangan menengah kebawah adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan,dengan adanya pembayaran secara kredit dapat memudahkan dalam pembelian mobil,karena tidak harus membayar harga sebuah mobil secara cash,melainkan dengan cara membayar DP dan mengansurnya tiap bulan,dalam beberapa tahun sesuai kesepakatan,kita juga sudah bisa mendapat manffaat mobil tersebut walau belum sepenuhnya milik kita dan tentu saja ada garansi bigi kita bila terjadi cacat barang atau barang rusak

    ReplyDelete
  121. Nama:Choirul Rahmat
    Nim :I000190113

    Jenis kredit yang dipilih yaitu kredit:
    - kredit modal kerja
    Manfaat kredit modal kerja :
    1. Sangat membantu bagi pelaku usaha
    dalam Berinovasi.Bisnis yang sudah sukses masih memerlukan inovasi tujuannya supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan.
    2. Melancarkan Kegiatan Operasional Perusahaan. Jika operasional bisnis sering tersendat itu tandanya Anda sudah membutuhkan suntikan dana dari pinjaman sehingga membuat operasional bisnis menjadi lancar kembali.
    3. Pengadaan Alat-Alat
    Pinjaman yang Anda dapatkan juga berguna untuk mengadakan alat-alat yang berhubungan dengan usaha.
    4. Arus Kas Mejadi Lancar. Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah Anda akan bisa dilancarkan arus kas dalam bisnis. Bagi bisnis yang baru berjalan akan dibutuhkan banyak modal usaha terutama di beberapa bulan pertama dimana bisnis yang dijalankan tidak meraih keuntungan namun operasional tetap berjalan seperti untuk membayar gaji karyawan, usang sewa, listrik, air, dan lain sebagainya. Dengan pinjaman tersebut Anda tidak akan kekurangan modal untuk menjalankan bisnis Anda.

    ReplyDelete
  122. Agung Pramanca Negara
    I00090132

    1. Kredit Modal Kerja

    2. kredit modal kerja adalah modal yang digunakaan untuk melakukan kegiatan operasi perusahaan. Modal kerja diartikan sebagai investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau aktiva jangka pendek, seperti kas, bank, surat-surat berharga,piutang,persediaan dan aktiva lancar .
    Manfaat modal kerja :
    1. Melindungi perusahaan terhadap krisis modal kerja karena turunnya nilai dari aktiva lancar.
    2. Memungkinkan untuk dapat membayar semua kewajiban-kewajiban tepat pada waktunya.
    3. Memungkinkan untuk memiliki persediaan dalam jumlah yang cukup untuk melayani para konsumen.
    4. Memungkinkan bagi perusahaan untuk memberikan syarat kredit yang lebih menguntungkan kepada para langgananya
    5. Memungkinkan bagi perusaahan untuk dapat beroperasi dengan lebih efesien karena tidak ada kesulitan untuk memperoleh barang ataupun jasa yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  123. Nama:Intan Hapnitasari
    NIM:I000190093

    a.kredit modal kerja
    b.Manfaat yang diperoleh oleh peminjam,dari yang saya amati mendapat pinjaman kredit modal kerja mereka dapat menggunakan sebagai modal awal untuk membangun sebuah usaha yang mereka rencanakan,dan sangat memudahkan mereka yang ingin membuat usaha. Hanya saja pinjaman modal kerja harus mempunyai jaminan apapun itu yang sebanding dengan jumlah modal yang kita pinjam. Dan peminjam harus membayar setiap bulannya ataupun sesuai dengan waktu yang ditentukan melalui perjanjian awal. Jadi dengan kredit modal kerja bermanfaat untuk melancarkan usaha yang mereka buat.

    ReplyDelete
  124. Salma Hamidah
    I000190202

    1. Kredit modal kerja

    2. Manfaat yang diperoleh peminjam kredit modal kerja yaitu peminjampeminj dapat mengembangkan perusahaannya secara cepat dapat memajukan usahanya Alan mendapat untung juga/balik modal selain itu juga Memungkinkan perusahaan beroperasi lebih efisien, tanpa kesulitan produksi atau memperoleh barang ataupun jasa yang dibutuhkan,Melindungi usaha dari krisis modal kerja akibat turunnya nilai dari aktiva lancar,Membayar semua kewajiban-kewajiban tepat pada waktunya,Persediaan dana yang cukup untuk melayani para konsumen.

    ReplyDelete
  125. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  126. Nama : Rahayu Puji Lestari
    Nim : I000190216
    Kelas : C
    A. Kredit Modal Usaha
    B. Manfaat kredit modal usaha:
    1. Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis. Dengan kredit modal usaha, maka usaha kita dapat lebih berkembang dan terhindar dari gulung tikar.
    2. Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah Anda tarik untuk membangun usaha tersebut.
    3. Pembayaran kredit modal usaha dapat kita angsur, sehingga perolehan hasil usaha dapat kita gunakan untuk kepentingan yang lain

    ReplyDelete
  127. Nama : Jannah Arruum S
    NIM : I000190077

    1. Berdasarkan pengamatan di lingkungan tetangga saya, jenis kredit yang sering digunakan adalah jenis kredit berdasarkan tujuan atau penggunaannya yaitu jenis kredit konsumtif. kredit Konsumtif yaitu kredit yang digunakan dalam pemenuhan kebutuhan sendiri dan dengan keluarganya, misalnya kredit motor, mobil ataupun rumah.
    2. Manfaat yang diperoleh dari kredit konsumtif diantaranya sebagai berikut :
    a. kredit konsumtif memungkinkan seseorang membeli barang/jasa yang diinginkan tanpa harus menunggu tabungannya mencukupi, sehingga dengan demikian kredit konsumtif mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.
    b. kredit konsumtif dapat menggerakan roda perekonomian masyaakat. hal ini dikarenakan ketika seseorang membeli barang dengan bantuan kredit di bank, maka berarti ada permintaan atas barang dagangan tersebut, sehingga penjual akan memesan barang yang serupa kepada pemasok dan selanjutnya pemasok akan memesan kepada produsen.
    c. kredit konsumtif memberikan bisnis dan keuntungan yang memadai bagi lembaga perbankan yang menyediakannya.
    d. kredit konsumtif dapat membantu masyarakat untuk sedikit bergaya, misalnya dengan sedikit uang yang dimiliki bisa untuk membayar DP motor, sehingga dapat tampil lebih cantik dan lebih ganteng dengan motor yang bagus, walaupun motornya sebenarnya masih dalam proses kredit.

    ReplyDelete
  128. Vera Sylvana Ravianty
    I000190159
    A. kredit yang dipilih adalah
    KUR (Kredit Usaha Rakyat)
    Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pembiayaan modal kerja dan investasi dengan subsidi suku bunga dari pemerintah.

    Secara umum tujuan penyelenggaraan KUR oleh pemerintah adalah untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi, menciptakan lapangan kerja, dan menanggulangi kemiskinan. Maka untuk mewujudkan tujuan itu, pemerintah pun menerbitkan paket kebijakan pengembangan dan pemberdayaan yang bertujuan meningkatkan Sektor Riil dan memberdayakan UKMK.
    Beberapa usaha rakyat yang diharapkan menggunakan KUR sendiri adalah meliputi keseluruhan bentuk usaha, terutama usaha yang bergerak di sektor usaha produktif seperti pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam. Dengan adanya layanan pinjaman KUR ini UMKM dan Koperasi akhirnya diharapkan dapat mengakses dan memanfaatkan KUR.

    B.Manfaat yang diperoleh :
    – Sebagai kredit modal kerja
    Melalui pengajuan KUR UMKM bisa memperoleh kredit modal kerja dengan plafon maksimal Rp 25 juta untuk jenis Mikro, dan di atas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta untuk jenis Ritel. 
    – Membantu untuk usaha kecil
    – Untuk pengembangan wirausaha menengah kebawah (usaha mikro)
    – Untuk mengatasi permodalan
    – Membiayai proses produksi
    pembiayaan proses produksi, misalnya untuk pembelian bahan baku, pembiayaan persediaan (inventory), pengolahan bahan baku menjadi finish good, pembiayaan untuk alat produksi, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  129. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete
  130. NAMA : MUHAMMAD SAIFUL ULUM
    NIM : I000190213
    1.Model kredit kerja
    2.yang di dapat kan adalah modal awal untuk membangun usaha yang di milikinya dan kemuduan di kembangan kan lagi menjadi lebih besar akan kemudian menjadi usaha yang maju. Sangat membantu bagi pelaku usaha
    dalam Berinovasi.Bisnis yang sudah sukses masih memerlukan inovasi tujuannya supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan.

    ReplyDelete
  131. GALUH ADHELIA RAHMAWATI
    I000190095 / HES C

    1. Kredit Modal Kerja

    2. Manfaat dari Kredit Modal Kerja
    Jawab : Paman saya menggunakan modal tersebut untuk usaha membuka Toko Roti. Manfaat untuk Paman saya yaitu sebagai modal awal memulai usaha. Yang digunakan untuk menyewa kios, membeli peralatan dan perlengkapan, serta biaya operasional lainnya.
    Selain itu, modal tersebut juga bermanfaat untuk mengembangkan usaha Paman saya hingga saat ini agar jauh lebih berkembang dan membantu membangun usaha serta dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  132. NAMA : VINCENT LEONARDO
    NIM : IOOO190124

    1. Kredit Modal Kerja
    2. Kredit Modal Kerja yaitu kredit yang diberikan kepada perorangan atau lembaga usaha untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi, tentunya syarat yang harus dipenuhi usaha yang telah berjalan selama kurang lebih 1 tahun. menurut saya kredit jenis ini memiliki keuntungan yg besar dimana disaat usaha kita sedang naik daun dapat mengembangkan usaha kita ini tanpa memikirkan modal yg akan menggangu jalannya usaha kita. tetapi walaupun ada bantuin kredit jenis ini, mungkin bila saya tidak terlalu memerlukananya saya lebih memilih tidak menggunakannya karena beresiko.

    ReplyDelete
  133. Nama:Ibrahim Haidar Syam
    NIM:I000190004

    1.Kredit Investasi
    2.karena menurut saya dengan menggunakan jaminan investasi dapat digunakan untuk modal balik ketika kita ingin membuat suatu usaha.
    Serta dapat digunakan untuk sarana saham yang bisa menjadikan untung 2 pihak dalam memperoleh keuntungan

    ReplyDelete
  134. Nama : Sinta Thia Anggraeni
    Nim : I000192010

    1) Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

    KPR adalah kredit jangka panjang dari bank yang diberikan kepada nasabah khusus untuk pembelian rumah tinggal. 

    2.) Manfaat KPR
    A.  Uang Muka Ringan
    Jika Anda membeli rumah secara tunai, Anda harus menabung sekian lama. Sedangkan harga rumah terus meningkat seiring berjalannya waktu
    B. Mendapatkan Legalitas Rumah
    Jika Anda membeli rumah melalui KPR, Anda akan mendapatkan legalitas rumah yang lebih terjamin. Mulai dari keabsahan surat tanah sampai surat bangunannya.
    C.  Rumah Siap Huni
    Selain legal, rumah yang Anda dapatkan juga sudah siap huni. Inilah salah satu keunggulan membeli rumah lewat KPR. Selain biaya uang mukanya lebih ringan, Anda juga sudah bisa menempati rumah tersebut tanpa harus menunggu terlebih dulu sampai cicilannya lunas.
    D. Untuk Investasi Jangka Panjang
    Membeli rumah dengan KPR, berarti Anda juga bisa sekaligus berinvestasi untuk jangka panjang. Kenapa? Sebab berinvestasi properti seperti rumah adalah salah satu bentuk investasi yang sangat menguntungkan. Nilainya akan terus naik seiring berjalannya waktu.

    ReplyDelete
  135. Nama : Raihanita
    Nim : I000190098
    Kelas : C
    Kredit merupakan suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan.
    A. Kredit modal kerja
    B. Bermanfaat sebagai modal awal untuk memulai suatu usaha. Kredit modal kerja sangat membantu masyarakat dalam berusaha dan bisa mencari satu usaha sebagai investasi masa depan dengan jangka waktu yang panjang. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang di butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat di cairkan sewaktu-waktu ketika membutuhkannya. Dengan adanya modal simpanan ini usaha bisa terua berjalan. Pembayarannya yang secara bertahap dapat juga meringankan beban.

    ReplyDelete
  136. AKBAR AL ALMER
    NIM:I000192013

    1.kredit modal kerja

    2.Kredit modal kerja merupakan bentuk kredit yang diberikan lembaga keuangan kepada pembisnis sebagai modal bisnis baik itu untuk penambahan modal kerja atau untuk modal awal sebuah bisnis. Kredit modal kerja ini sangat bermanfaat bagi para pembisnis baru maupun lama.

    Jika modal awal untuk membangun sebuah usaha tidak mencukupi, maka pebisnis bisa mengajukan kredit modal kerja dari lembaga keuangan. Dengan bantuan kredit modal kerja dapat membantu pebisnis membiayai semua keperluan untuk membuka sebuah usaha.

    ReplyDelete
  137. Alif Amru
    Nim: I000192014

    1. Kredit PLO BANK JATENG

    2. Jumlah angsuran ringan dan sistem pembayara yang tidak menyulitkan. Pembayaran kredit dengan cara potong gaji. Sangat cocok untuk keluarga dan rekan ASN yang mempunyai usaha mandiri.

    ReplyDelete
  138. Nama : Bintan Putri Hardani
    NIM : I000190140
    Kls : A

    1. Kredit modal kerja
    2. kredit modal kerja adalah kredit atau pinjaman yang diberikan untuk keperluan dalam meningkatkan produksi operasionalnya. Dalam suatu bisnis baik bisnis kecil ataupun bisnis besar seperti pada suatu perusahaan, memerlukan biaya yang tidak sedikit yang digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari biaya produksi, biaya operasional mesin hingga biaya untuk membayar gaji pegawai.

    Manfaat dari kredit modal kerja yaitu:

    · Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    · Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang dibutuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat dicairkan sewaktu-waktu ketika membutuhkannya.

    Keuntungan dangan menggunakan kredit modal kerja, diantaranya yaitu:

    · Bisnis tetap dapat berjalan walaupun berada dalam krisis.
    · Pembayaran atau angsuran kredit dapat diatur karena bunga kredit hanya akan dikenakan berdasarkan uang yang sudah ditarik untuk membangun usaha tersebut.
    · Beban debitor lebih ringan yang dikarenakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap. Pembayaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui sebelumnya.
    · Pembayaran yang ringan yang dapat meringankan beban debitor dengan syarat pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo karena jika melebihi akan terkena denda sebesar dengan yang dituliskan pada surat perjanjian.
    · Peminjam akan mengetahui besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada kreditor atau pemberi kredit dan tidak akan terjadi bunga kredit yang naik tanpa adanya pemberitahuan dari pihak kreditor.

    ReplyDelete
  139. Uswah Chasanah R
    I000190074

    Kredit Modal Kerja

    Dengan kredit modal kerja, kita dapat memiliki modal yang cukup untuk sebuah usaha yang ingin kita jalankan walaupun ketika kita sedang dalam keadaan tidak memiliki cukup modal untuk melakukan suatu usaha. Kredit ini juga menguntungkan karena dari modal yang kita peroleh, akan menjadi aset lancar yang dapat bertambah sehingga pengembalian dananya sangat mudah dimana dana pengembalian bisa kita dapatkan dari sebagian usaha yang kita jalankan. Keuntungan lain yaitu rata-rata bank dalam menetapkan bunga untuk kredit ini cenderung rendah sehingga tidak terlalu membebani nasabah. Selain itu, walaupun seakan-akan kita diberi modal oleh pihak bank, bank tidak akan ikut campur dalam penjalanan usaha yang akan kita lakukan. Semakin maju usaha yang kita jalankan, bunga yang ditetapkan akan tetap seperti ketentuan awal, bank juga tidak akan mengawasi seberapa banyak laba yang diperoleh dari usaha. Selain itu kredit ini umumnya memiliki berbagai pilihan produk kerdit modal kerja untuk berbagai usaha mulai dari usaha mikro maupun perusahaan yang besar, walupun kita hanya ingin mendirikan usaha mikro pun, bank akan dapat memberikan kredit kepada kita.

    ReplyDelete
  140. Nama : Danang Dwi Nurrochman
    NIM. : l000190013
    kelas. :A

    1. Keredit Modal Usaha


    2.kredit modal usaha memiliki banyak keuntungan bagi para wirausahawan salah satunya :

    1.Dengan kredit modal usaha usahakita akan lebih berkembang dan terhindar Dari kebangrutan.
    2.pembayaran angsur kredit dapat diatukarma bunga kredit akan digunakan berdasarkan uwang yang anda ambil Untuk membangun usaha tersebut
    3. Pembayaran kredit dapat kita angsur sehingga uwang kita dapat kita gunakan untuk keperluan yang medadak.

    ReplyDelete
  141. Nama : Della Aulia Salsananda
    Nim : I000190173
    Kelas : C
    1. Kredit Modal Usaha
    2. Kredit Modal Usaha itu adalah fasilitas kredit modal kerja yang diberikan untuk memenuhi modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dengan jangka waktu maksimal 1 tahun. Pemberian Kredit Modal Usaha ini bisa ke perorangan atau badan usaha yang berencana mengembangkan usahanya. Namun ada syarat tertentu yang harus dipenuhi yakni calon keminjam sudah memiliki perijinan bisnis dan setidaknya usaha tersebut telah berjalan kurang lebih satu tahun. 

    ReplyDelete
  142. Nama : A.M. Fadli Dzil Jalal
    NIM : I000199227

    Kredit investasi

    Kredit Investasi merupakan kredit yang berupa pinjaman dari suatu lembaga yakni bank sebagai media investasi untuk digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan yang bersifat jangka panjang. Dalam kredit bisnis ini, seorang pengusaha harus menyediahkan rencana bisnis / usaha yang lengkap.


    Adapun ciri-ciri kredit investasi seperti berikut :

    • Memiliki rencana yang terarah dan matang.

    • Waktu penyelesaian kredit yaitu berjangka menengah atau berjangka panjang.

    • Dibutuhkan buat penanaman modal.

    Adapun manfaat kredit investasi yaitu seperti berikut :

    1. Untuk menambah daya fungsi dari modal / uang.

    2. Untuk menstabilkan perekonomian perusahaan.

    3. Untuk menyebabkan kegairahan didalam berupaya atau beroptimis untuk mengembangkan perusahaan.

    4. Untuk menambah peredaran-peredaran uang dalam perusahaan.

    5. Untuk menambah daya fungsi satu barang.

    Kredit yang diberikan bagi debitur yang tujuan penggunaanya bagi investasi modal kerja jangka waktunya ditentukan sesuai jangka waktu investasinya. Kredit Investasi ini berjangka lebih dari 1 tahun kepada nasabah debitur yang penarikannya dapat dilakukan secara sekaligus atau bertahap sesuai dengan perjanjian yang ditetapkan dimuka. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara angsuran bulanan atau bertahap.


    Bunga kredit investasi diperhitungkan setiap triwulan secara tunggal dalam triwulan tersebut dan dibayar pada akhir triwulan yang bersangkutan. Apabila dalam masa tenggang ditetapkan penangguhan pembayaran bunga, maka bunga yang timbul selama masa tenggang tersebut dikapitalisasi atau ditambahkan ke dalam hutang pokok. Untuk kelambatan atau tunggakan pembayaran bunga maupun angsuran dikenakan penalti sebesar 3% per tahun dari jumlah tertunggak disamping suku bunga yang berlaku.

    ReplyDelete
  143. Nama : Yasmin Syahidah
    NIM : I000190222
    Kelas : HES D
    1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
    2. Manfaatnya, memudahkan seseorang untuk memiliki rumah walaupun uang yang dimiliki hanya sedikit, cukup dengan membayar DP, kemudian rumah langsung bisa ditempati. Kemudian, pembayaran cicilan juga bisa disesuaikan agar bisa lebih ringan. Caranya, dengan membayar DP dengan nominal lebih besar atau bisa dengan memilih tenor yang panjang agar cicilan bulanan terasa ringan.

    ReplyDelete
  144. Nama: Nurul Fadhilah
    NIM: I000190119
    Kelas: HES C

    a. Kredit modal kerja

    b. Manfaat yang diperoleh ketika menggunakan kredit modal kerja adalah memudahkan seseorang untuk membuka usaha dengan adanya modal yang telah dipinjam, beban peminjam lebih ringan karena pembayaran dilakukan secara bertahap, dan selain itu usaha dapat berkembang tanpa terlalu memikirkan uang yang telah dipinjam karena setiap peminjaman kredit ada pembayaran sebelum jatuh tempo, jadi peminjam bisa mengetahui kapan ia harus membayar sebelum jatuh tempo. Jika lewat tempo maka peminjam akan dikenakan denda. Lalu omset penjualan biasanya meningkat karena terkadang adanya bantuan dari dana kredit tersebut, yang kemudian dana yang didapat bisa dibelanjakan keperluan barang usaha lainnya.

    ReplyDelete
  145. Nama : Sabilla Friska Amanda
    NIM : I000190095




    a. Jenis kredit apa yang dipilih? kredit sepeda motor
    b. Manfaat apa yang diperoleh oleh peminjam

    manfaat dari kredit adalah keringanan untuk membayar sesuai perjanjian, awalnya saya berfikir antara kredit dengan dibayar langsung saya lebih memilih bayar langsung karena total cost yang dihasilkan lebih besar jika melakukan kredit tetapi setelah mendengar penjelasan guru saya tentang perkreditan, pandangan saya langsung berubah ternyata kredit itu lebih baik pada saat kondisi tidak bisa bayar langsung, karena sistem cicilan itu seperti pada saat kita menggunakan jasa warnet, kita menyicil kredit itu karena sudut pandangnya kita menyewa barang tsb karena belum menjadi milik kita dan harga sewa barang tsb bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan menyewa komputer, itu salah satu keuntungan dari kredit, tapi memang harus ada opportunity cost yaitu tidak bisa membayar cash

    ReplyDelete
  146. Nama : Meirina Putri Widya Pradipta
    NIM : I000190018
    Kelas : HES A

    A. Kredit Investasi

    B. Kredit Investasi sendiri Merupakan kredit jangka panjang (lebih dari satu tahun) dengan jangka waktu dan angsuran yang disesuaikan dengan kemampuan arus kas perusahaan, yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan atau perluasan gedung maupun pabrik, pembelian mesin dan alat produksi, serta lain-lain investasi usaha. Nah dari pengertian diatas kita mengetahui bahwa kredit investasi emiliki jangka wwaktu yang lebih lama dibandingkan dengan kredit modal kerja, karena fakta menjelaskan bahwa untuk melakukan pinjaman atas kredit investasi, jangka waktu yang diberikan bank untuk kredit ini minimal satu tahun. Manfaat dari kredit investasi selain untuk mendapatkan tambahan modal kerja bagi wirausahawan, juga memiliki keuntungan lain, yaitu bisa melakukan angsuran dalam pembayarannya. Hanya saja yang perlu diketahui bagi para wirausahawan, untuk mendapatkan kredit investasi, maka pihak bank yang memberi pinjaman akan melakukan verifikasi dan meneliti usaha yang dijalankan oleh peminjam. Dan bunga yang dikenakan pun memiliki jumlah sesuai dengan yang dikehendaki oleh pihak bank pemberi fasilitas kredit investasi. Bunga inipun nantinya akan ditambahkan ke kredit investasi, karena bunga kredit mempengaruhi keuntungan bank, mengingat keuntungan bank diperoleh dari selisih bunga kredit investasi dengan bunga simpanan.

    ReplyDelete
  147. Nama : Shifa Sabilla Aprilia
    NIM : I000190134
    Kelas : D

    a. Kredit Usaha Rakyat (KUR)
    b. KUR hanya dapat dilakukan oleh pelaku usaha, baik mikro,kecil, maupun menengah yang sudah berjalan 6 bulan. Manfaat yang diperoleh dari KUR bagi peminjam adalah untuk modal usaha bagi pelaku UMKM, bunga yang diberikan kepada peminjam KUR juga lebih rendah daripada bunga jenis pinjaman lainnya, peminjam KUR juga mendapat kemudahan untuk pengajuan kredit dibandingkan jenis pinjaman lain.

    ReplyDelete
  148. Nama : Alfaridzi Muhammad Fahri
    NIM. : I000190166
    Kelas: D


    1. Kredit Modal Kerja.

    2.Dengan melakukan pinjaman kredit modal kerja tersebut sesorang dapat mengembangkan usaha yang ia miliki menjadi usaha yang lebih maju lagi maupun menjadi modal-modal dasar untuk membangun suatu usaha.dengan adanya kredit modal kerja tersebut juga, orang itu dapat menjadikan usaha yang ia bngun dari kredit itu menjadi salah satu investasi (aset) mas depan tanpa melalalui kredit investasi.
    Kredit modal kerja sangat membantu msyarakat dalam berusaha dan bisa mencari satu usaha sebagai investasi masa depan dengan jangka waktu yang panjang. Semua jenis Kredit yang digunakan mempunyai kesamaan dalam tengga' waktu atau batas waktu untuk di kembalikan bunga awal maupun jumlah uang yang dijadikan usaha maupun kperluan lainya.baik itu satu tahu,dua tahun maupun lain-lainya.

    ReplyDelete
  149. nama : Muhammad Ichlasul Amal Maksum
    nim : I000190148
    kelas : D

    a. kredit motor

    b. Jujur pak Saya belum pernah mempunyai pengalaman dan pengetahuan kredit di bank.Tetapi bapak saya sepertinya pernah melakukan kredit uang buat membeli sepeda motor, dan bapak saya kreditnya melalui koperasi. Dan bapak saya mengangsurnya selama sebulan sekali selama kurang lebih setahun setahu saya. Setelah saya bertanya kepada bapak saya tentang manfaat yang diperoleh oleh peminjam adalah yang pertama Dapat mendorong pertumbuhan dan perluasan perekonomian, yang kedua yaitu Dapat membantu mengurangi dalam tingkat pengangguran, yang ke tiga adalah Dapat memberikan rasa aman pada masyarakat untuk menyimpan uang di koperasi tersebut, yang keempat adalah Dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, semenjak ada pinjaman dari koperasi tersebut sangaat memudahkan bapk saya sehingga semua kebutuhan yang ada di rumah bisa jalan.

    ReplyDelete
  150. NAMA : FERA NOFITA SARI
    KELAS : C
    NIM : I000190182

    A. Kredit Modal Kerja
    B. kredit modal kerja adalah modal yang digunakaan untuk melakukan kegiatan operasi perusahaan. Modal kerja diartikan sebagai investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau aktiva jangka pendek, seperti kas, bank, surat-surat berharga,piutang,persediaan dan aktiva lancar .
    Manfaat modal kerja :
    1. Melindungi perusahaan terhadap krisis modal kerja karena turunnya nilai dari aktiva lancar.
    2. Memungkinkan untuk dapat membayar semua kewajiban-kewajiban tepat pada waktunya.
    3. Memungkinkan untuk memiliki persediaan dalam jumlah yang cukup untuk melayani para konsumen.
    4. Memungkinkan bagi perusahaan untuk memberikan syarat kredit yang lebih menguntungkan kepada para langgananya
    5. Memungkinkan bagi perusaahan untuk dapat beroperasi dengan lebih efesien karena tidak ada kesulitan untuk memperoleh barang ataupun jasa yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  151. Muhammad nur fauzi
    I000190071

    Kredit Investasi, kredit jangka menengah atau jangka panjang untuk pembelian barang-barang modal beserta jasa yang diperlukan untuk rehabilitasi, modernisasi, maupun ekspansi proyek yang sudah ada atau pendiri proyek yang akan ada.

    ReplyDelete
  152. Nama :Isnania Wiaam
    Nim :I000190031
    Kelas :HES A


    A. Kredit modal kerja
    B. Mengenai pengalaman perkreditan saya sendiri belum pernah, tetapi saya telah mengamati salah satu dari tetangga saya pernah menjalani kredit modal kerja, dan manfaat dari kredit modal salah satu utamanya yaitu Membantu nasabah dalam membangun bisnis, dan disisi lain meringankan beban nasabah dengan pembayaran secara bertahap, mempermudah jalan bank mengoperasikan uang dan menginvestasikannya, manfaat lainya memperluas relasi bisnis dan jaminan terhadap nasabah.

    ReplyDelete
  153. ZUHAN NABILA
    I000190028
    HES A

    A.) Kredit inventaris (kredit rumah)
    B.) Manfaatnya bisa membeli rumah dengan bayaran cicilan dengan jangka waktu yang panjang yaitu 10tahun/120bulan sehingga kita bisa meringankan pembayaran walaupun juga dikenakan bunga.

    ReplyDelete
  154. Nama : M.Sya'i IRham
    Nim : I000190001 (A)

    1.kredit Motor.
    2.Membeli sebuah MOTOR dengan cara kredit ,dengan adanya pembayaran secara kredit dapat memudahkan dalam pembelian motor,karena tidak harus membayar harga sebuah motor secara cash,melainkan dengan cara membayar DP dan mengansurnya tiap bulan,selesai hanya dalam setahun sesuai kesepakatan,kita juga sudah bisa mendapat manffaat motor tersebut walau belum sepenuhnya milik kita dan tentu saja ada garansi bagi kita bila terjadi cacat barang atau barang rusak , akan ttapi kredit agak sdkit terjadi knaikan harga apabila d total jumlah semua angsuranyya d situlah titik kelemahnnya .

    ReplyDelete
  155. NAMA : Oktafianus yoga tri kusnandar
    NIM : I000190125
    KELAS : D

    1. Kredit Modal Usaha
    2. Manfaatnya Dari Kredit Modal Usaha :
    Kredit Modal Usaha Bagi kita yang sudah menjalankan bisnis, pinjaman ini berguna untuk membuat bisnis menjadi lebih lagi. Sayangnya dengan kendala berupa modal dan keuangan yang terbatas membuat pebisnis tidak akan bisa mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik lagi. Sebagai contohnya adalah dengan pinjaman yang Anda dapatkan bisa membuat bisnis berekspansi sehingga penghasilan akan menjadi meningkat. Semakin banyak cabang yang dibuka tentunya pundi-pundi rupiah akan semakin banyak kita hasilkan. Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah akan membantu bisnis berinovasi. Bisnis yang sudah sukses masih memerlukan inovasi tujuannya supaya bisnis tersebut tidak kehilangan pelanggan. Sebagian pelanggan mungkin akan bosan dengan menu yang itu-itu saja oleh sebab itulah inovasi ini diperlukan. Kita membutuhkan eksperimen untuk menciptakan inovasi yang sempurna. Tidak ada eksperimen yang langsung berhasil sehingga modal yang terbatas akan membuat eksperimen yang Kita lakukan tidak akan selesai dengan sempurna.

    ReplyDelete







  156. Nama : Anggraini Arum Mawarti
    NIM: I000190091
    Kelas: C
    1. Kredit modal kerja.

    2. Manfaat dari kredit modal kerja yaitu:

    ·Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun. Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat Anda cairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

    ReplyDelete
  157. Nama : Mutiara Sani
    NIM : I000190138
    Kls : A

    1. Kredit modal kerja
    2. kredit modal kerja adalah kredit atau pinjaman yang diberikan untuk keperluan dalam meningkatkan produksi operasionalnya. Dalam suatu bisnis baik bisnis kecil ataupun bisnis besar seperti pada suatu perusahaan, memerlukan biaya yang tidak sedikit yang digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari biaya produksi, biaya operasional mesin hingga biaya untuk membayar gaji pegawai.

    Manfaat dari kredit modal kerja yaitu:

    · Sebagai modal awal untuk membantu membangun usaha dari awal dan dapat membantu debitor atau orang yang meminjam untuk dapat membiayai seluruh keperluan dari usaha yang hendak dibangun.
    · Dapat membantu usaha untuk tetap berjalan. Hal tersebut dikarenakan modal yang diberikan dapat ditarik atau dicairkan sesuai dengan yang dibutuhkan dan sisa dari uang dari kredit tersebut dapat tetap disimpan sebagai kredit simpanan yang dapat dicairkan sewaktu-waktu ketika membutuhkannya.

    ReplyDelete
  158. Nama: Cahyaning Aulia Putri
    NIM: I000190142

    1. Kredit modal kerja

    2. Kredit modal kerja sangat bermanfaat bagi para pengusaha baru maupun pengusaha lama.
    Adapun beberapa manfaatnya :
    Membantu permodalan pengusaha yang baru dan telah mendirikan usaha, sehingga mereka bisa membiayai semua keperluan usaha tersebut. Modal yang tersisa dapat dijadikan modal simpanan sehingga mereka bisa menjalankan usaha saat terjadi krisis. Pembayaran kredit dilakukan sesuai perjanjian dan secara bertahap, sehingga meringankan pengusaha.Tetapi memang ada resikonya. Biasanya kredit jatuhnya harga 2 kali lipat harga asli. Sehingga sungguh jauh lebih mahal kredit daripada cash.

    Reply

    ReplyDelete
  159. Nama: Cahyaning Aulia Putri
    NIM: I000190142
    Kelas:D
    1. Kredit modal kerja

    2. Kredit modal kerja sangat bermanfaat bagi para pengusaha baru maupun pengusaha lama,
    adapun beberapa manfaatnya :
    Membantu permodalan pengusaha yang baru dan telah mendirikan usaha, sehingga mereka bisa membiayai semua keperluan usaha tersebut. Modal yang tersisa dapat dijadikan modal simpanan sehingga mereka bisa menjalankan usaha saat terjadi krisis. Pembayaran kredit dilakukan sesuai perjanjian dan secara bertahap, sehingga meringankan pengusaha.Tapi menurut saya, kredit jatuhnya harga sangat2 lebih mahal dibanding cash.

    Reply

    ReplyDelete