Wednesday, August 2, 2017

Transfosmasi Hijab di Indonesia


Dewasa ini, hijab naik kelas dengan rating tertinggi dibandingkan perkembangan fashion lainnya. Tren anak muda menggunakan hijab lebih banyak dibandingkan dengan dasawarsa sebelumnya. Jika flashback ke era 90an dapat diketahui, bahwa ketika masa itu masih sedikit anak perempuan dikalangan muda, terutama usia 17 sampai 23 tahun yang memakai hijab ke sekolah.
Di Indonesia, kalangan anak perempuan muda memiliki perilaku yang unik. Banyak diantara mereka yang menggunakan hijab ketika hanya datang ke sekolah. Setelah jam sekolah usai, tentu hijab tidak dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan tidak jarang kalangan perempuan muda menggunakan hijab karena aturan dari sekolah atau kampus.
Saat ini hijab tidak lagi menjadi syarat terpenuhinya syariat, tetapi hijab telah berkembang menjadi bagian fashion yang kekinian dengan berbagai jenis. Model hijab jika dihitung pakai jari akan sulit, sekedar untuk menghafal saja belum tentu akan ingat semua.
Masyarakat mungkin masih ingat dengan hijab cetar membahana dan booming beberapa tahun yang lalu. Tentu tak lain tak bukan adalah efek dari Syahrini yang ikut meramaikan gempita per-hijab-an di Indonesia.
Andai orang jalan-jalan ke tanah abang bergeriliya mencari hijab, para pedagang dengan penuh rayuan akan menawarkan hijab dengan nama public figure. Bahkan beberapa public figure membuat brand sendiri untuk hijabnya. Ambil contoh hijab Zaskia Adya Mecca, Shireen Sungkar dan Dewi Sandra. Semua jenis hijab ini banyak diburu oleh kalangan muda.
Hijup.com bisa menjadi tolak ukur perkembangan hijab di Indonesia. Perkembangan situs belanja Hijup.com yang pesat, mengasumsikan hijab menjadi peluang terbuka untuk industri fashion baik untuk konsumen lokal maupun internasional. Berbagai toko online hijab tumbuh subur dengan berbagai produk yang ditawarkan.
Perkembangan media sosial ikut andil dalam naik kelasnya hijab. Media sosial telah menjadi kebutuhan bagi kalangan muda. Konten media sosial yang ditelan mentah-mentah oleh kalangan muda menjadi senjata ampuh bagi industri fashion, tak terkecuali hijab.
Berangkat dari public figure yang berhijrah memakai hijab, amat mempengaruhi pemujanya diseluruh Indonesia. Apa yang dikenakan oleh public figure akan ramai-ramai diburu oleh fansnya. Bahkan produsen hijab akan berlomba-lomba mengontrak artis untuk dipakai namanya untuk merek hijabnya. Kecepatan dan kemudahan mengakses media sosial membuat public figure dengan penggemarnya sangat dekat
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment