Friday, January 19, 2018

Syarat Barang yang Dizakati


Zakat merupakan nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Alloh untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerima. Berdasarkan jenisnya, zakat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu zakat mal (harta) dan zakat nafs (jiwa).
Barang yang dikenakan zakat memiliki beberapa persyaratan, berikut ini merupakan syarat dari barang yang wajib dizakati:
a.       Barang yang telah dikuasai secara penuh dan dimiliki secara sah. Adapun barang tesebut didapat dari usaha, bekerja, warisan atau pemberian secara sah yang memiliki manfaat untuk dipergunakan dan disimpan.
b.      Harta yang berkembang. sebagai contoh harta yang berkembang adalah harta perniagaan, peternakan dan pertanian.
c.       Telah mencapai nishab. Sebagai syarat harta itu wajib dizakati adalah telah mencapai nishab, dimana nishab sendiri merupakan ukuran yang telah ditetapkan dalam suatu harta.
d.      Mencapai waktu satu tahun. Zakat dikeluarkan dalam kurun waktu satu tahun dari harta yang telah dimiliki. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan kurun waktu satu tahun. Dalam harta pertanian, zakat dapat dilakukan berdasarkan waktu panen atau periode panen.


Maka sesuai dengan QS. Bayyinah: 5 yaitu  “Tidaklah mereka itu diperintah, melainkan supaya beribadah kepada Alloh, dengan ikhlas dan condong melakukan agama karena-Nya, begitu juga supaya mengerjakan shalat dan membayarkan zakat dan itulah agama yang lurus”. Setiap harta yang dimiliki dan memenuhi syarat diatas, maka harta tersebut wajib untuk dibayarkan zakat.
Categories: , ,

0 comments:

Post a Comment