Wednesday, February 14, 2018

Rentabilitas atau Profitabilitas



Perusahaan dalam menentukan penilaian dapat dilakukan dengan melihat laporan keuangan. Salahsatu analisa yang dilakukan oleh penganalis keuangan adalah dengan melihat faktor rentabilitas. Maksud dari rentabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu. Rentabilitas perusahan diukur dengan kesuksesan perusahaan dan kemampuan menggunakan aktivanya secara produktif.
Berdasarkan sumber modalnya, rentabilitas dapat dibedakan menjadi dua,  yaitu sebagai berikut:
a.    Rentabilitas ekonomis
Perhitungan ini merupakan perbandingan antara laba usaha dengan seluruh modal yang digunakan (modal sendiri dan modal luar).
b.    Rentabilitas modal sendiri atau rentabilitas usaha
Perhitungan ini merupakan perbandingan antara laba yang tersedia untjuk perusahaan dengan jumlah modal sendiri yang dimasukan oleh pemilik perusahaan.

Rentabilitas merupakan faktor yang penting, hal ini disebabkan karena sebesar apapun likuiditas perusahaan, andai kata perusahaan tidak mampu menggunakan modalnya secara efektif dan efisien, maka tidak akan mampu memperoleh laba yang besar. Ketika hal ini terjadi dalam satu periode laporan keuangan, maka perusahaan akan mengalami kondisi krisis keuangan. Dimana perusahaan tidak mampu membayar hutang-hutangnya sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.
Berdasarkan periode waktu, grafik yang menunjukan kenaikan posisi keuangan akan menarik bagi pemodal maupun penganalisa. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan berjalan pada arah yang benar.
Rentabilitas sering digunakan dalam efisiensi penggunaan modal. Perencanaan dan perhitungan yang matang, mempengaruhi penggunaan modal oleh perusahaan. Seorang manajer keuangan harus mampu membuat perencanaan baik jangka pendek maupun jangka panjang yang sesuai dengan kondisi ekonomi yang sensitif terhadap perubahan pasar. 
Categories:

0 comments:

Post a Comment