Wednesday, February 14, 2018

Prinsip Sistem Ekonomi Syariah


Ekonomi syariah secara umum dapat dilihat berdasarkan nilai yang terkandung didalamya. Nilai tersebut dalam ekonomi syariah dinyatakan sebagai prinsip yang harus terpenuhi. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah:
a.    Tauhid
Prinsip Keesaan Tuhan mutlak harus terpenuhi dalam ekonomi syariah. Prinsip ini menyatakan bahwa segala tindakan didunia akan mendapat perhitungan diakhirat. Keimanan yang utuh dapat menjalankan perekenomian secara konsisten dengan berpegangan terhadap nilai-nilai keagamaan.
b.    ‘Adl
Prinsip keadilan merupakan perintah dari Alloh SWT, bahwa setiap manusia yang hidup didunia harus berlaku adil. Keadilan menjadi hak bagi setiap manusia yang harus terpenuhi. Apabila keadilan tidak ditegakan, maka dapat memunculkan penderitaan dan kesengsaraan bagi sekelompok masyarakat.
c.    Nubuwwah
Kenabian merupakan perilaku atau tindakan yang patut ditiru oleh manusia guna menjalankan kehidupan yang baik. Beberapa sifat yang perlu teladani dari nabi adalah jujur, amanah, bijaksana dan keterbukaan.
d.    Khilafah
Pemerintahan menjadi pusat segala kebijakan ditetapkan. Segala keputusan yang dibuat oleh pemerintah akan berdampak kepada masyarakat, baik dampak negatif maupun positif. Maka perlu bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan harus sesuai dengan prinsip syariah.
e.    Ma’ad

Keuntungan yang diharapkan oleh setiap pelaku ekonomi merupakan tujuan yang ingin dicapai. Dalam praktiknya, pelaku ekonomi bukan saja mencari keuntungan duniawi, tetapi juga harus mencari keuntungan sebagai bekal diakhirat.
Categories:

0 comments:

Post a Comment