Tuesday, January 20, 2015

Empat Gejala Kecelakaan yang Menimpa Manusia


Manusia akan segera mendapati kecelakaan apabila melakukan perbuatan yang tidak tepat. Sebagai mana sabda Rasulullah Saw yang menyatakan bahwa gejala kecelakaan pada diri manusia ada empat macam, diantaranya sebagai berikut:
a.      Melupakan dosa-dosa yang sudah diperbuat
Kita sering dianjurkan untuk selalu ber-istighfar, hal ini dilakukan untuk mengurangi dosa-dosa yang sudah dikerjakan. Manusia sering lupa dengan dosa yang sudah dikerjakan dan beranggapan bahwa umur masih panjang. Dengan umur yang dianggap masih panjang akan membuat seseorang menunda taubat dan tetap mengerjakan kemaksiatan.
b.     Mengingat kebaikan yang telah dilakukan
Kebaikan yang pernah dilakukan sering kita mengingatnya, padahal kebaikan yang sudah dilakukan belum tentu diterima oleh Allah. Kebaikan yang tidak disertai rasa ikhlas dan hanya mengharapkan pujian dari orang lain hanya menjadi tindakan yang sia-sia. Dengan mengungkit kebaikan yang pernah dilakukan, bisa jadi mengurangi keikhlasan kebaikan tersebut.
c.      Menghormati orang karena martabat duniawi
Dimasa sekarang banyak orang menghormati orang lain karena matabat duniawai yang berupa harta dan jabatan. Tidak jarang orang bertekuk lutut takut karena jabatan, seseorang karyawan akan begitu ketakukan ketika pemimpinya memberikan kritikan. Padahal dimata Allah Swt, seseorang dinilai karena derajat keimanannya buka jabatan dan harta yang dimiliki di dunia.
d.     Melecehkan orang lain karena martabat agama
Ahli ibadah sering menganggap dirinya paling benar, tidak mau menampung masukan dari orang lain. Sebagai ahli ibadah, mereka beranggapan bahwa merekalah yang mengetahui segala sesuatu tentang agama. Padahal belum tentu apa yang diyakininya meliputi kebenaran. Sering diskusi dan terus menuntut ilmu adalah cara agar diri kita terhindar ketidakbenaran.


Categories:

0 comments:

Post a Comment