Saturday, January 31, 2015

Tanda-tanda Cinta Kepada Allah SWT





Banyak orang mengaku mencintai Allah SWT, namun kebanyakan pengakuan tersebut hanya sebatas ucapan. Tindakan yang dilakukan belum sepenuhnya sesuai dengan syariat Islam, malah terkadang masih melakukan perbuatan maksiat. Orang yang benar-benar mencintai Allah SWT senantiasa akan mengerjakan amal shaleh dan menjauhi larangan-Nya. Seperti pasangan suami istri, apabila mengaku mencintai akan menjaga hubungan sebaik mungkin dan menghindari kesalahan. Apalagi mencintai Allah sudah seharusnya melebihi hubungan mencintai sesama manusia.
Orang yang benar-benar mencintai Allah SWT memiliki beberapa tanda, diantaranya sebagai berikut:
1.    Banyak mengingat Allah SWT
Orang yang banyak mengingat Allah SWT senantiasa akan berperilaku baik. Dengan sering mengingat Allah SWT, orang yang akan berniat melakukan perbuatan maksiat akan segera mengurungkan niatnya. Rasa takut akan timbul apabila selalu mengingat Allah SWT. Salah satu cara mengingat Allah SWT bisa dengan berdzikir atau berdoa.
2.    Rindu bertemu Allah SWT
Seperti sepasang kekasih  manusia yang saling mencintai pasti akan saling merindukan apabila tidak berjumpa. Begitu juga dengan orang yang benar-benar mencintai Allah SWT akan merindukan untuk bertemu. Cara untuk bertemu dengan Allah SWT bukan dengan segera meninggal, tetapi melalui ibadah yang dikerjakan. Orang yang mencintai Allah akan merindukan waktu-waktu beribadah dan mengerjakan dengan senang hati. Rasa sedih akan timbul apabila waktu beribadah dirasakan kurang.
3.    Mengikuti tuntunan Nabi
Rasulullah SAW adalah Nabi terakhir yang ditugaskan untuk memberi “bimbingan” kepada umat Islam. Sudah sepantasnya apabila kita mencintai Allah SWT akan menjalankan perintah dalam Al-Qur’an dan menjauhi segala larangan, serta  berpegang teguh terhadap sunnah Rasulullah SAW. Kehidupan Rasulullah adalah contoh kehidupan sebaik-baiknya manusia agar bisa termasuk dalam umat yang selamat di dunia dan akhirat.
Allah SWT berfirman:
Katakanlah (wahai Muhammad): ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosam’. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Katakanlah: ‘Taatilah Allah dan Rasul-Nya, jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir”’. (QS. Ali ‘Imran: 31-32).
4.    Senang ketika seorang diri
Orang yang benar-benar mencintai Allah akan senang waktu dirinya seorang diri. Ketika seorang diri, dirinya akan khusu’ beribadah kepada Allah SWT, serta kesendiriannya akan digunakan untuk mengingat kebesaran Allah SWT.
Allah SWT berfirman kepada Nabi Daud AS:
Wahai Daud, sesungguhnya, Aku memiliki hamba-hamba yang Aku cintai, dan mereka pun cinta kepada-Ku. Aku merindukan mereka, serta mereka pun rindu kepada-Ku.



Categories: ,

0 comments:

Post a Comment