Monday, February 9, 2015

Surga



Harapan orang setelah dirinya meninggal adalah di masukan ke dalam surga. Surga diyakini tempat bagi orang yang memiliki amal baik lebih banyak dibandingkan keburukan yang dilakukan semasa hidup di dunia. Secara umum berikut tujuh gambaran surga seperti dibawah ini:
1.    Firdaus
Surga Firdaus adalah bagi orang yang (a) khusuk mengerjakan shalat, (b) menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak ada gunanya, (c) membayar zakat pada waktunya, (d) menjaga kemaluan dari kemaksiatan, (e) memelihara amanat yang diberikan, (f) memelihara shalat.
Allah SWT berfirman:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah daripadanya.” (QS. Al Kahfi: 107-108).
2.    ‘Adn
Surga ‘Adn adalah bagi orang yang (a) bertakwa, (b) banyak melakukan amal kebaikan, (c) beriman dan mengerjakan amal shaleh sebenar-benarnya, (d) sabar mencari ridha Allah.
Allah SWT berfirman:
(Bagi mereka) surga ‘Adn, mereka masuk kedalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutra.” (QS. Faathir: 32-33).
3.    Na’im
Surga Na’im adalah bagi orang yang mengerjakan amal shaleh dengan sebenar-benarnya.
Allah SWT berfirman:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shaleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, kekal mereka di dalamnya, sebagai janji Allah yang benar. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Luqman: 8-9).
4.    Ma’wa
Surga Ma’wa adalah bagi orang yang (a) bertakwa, (b) beriman dan mengerjakan amal shaleh, (c) takut akan kebesaran Allah, (d) dapat menahan diri dari hawa nafsu.
Allah SWT berfirman:
Maka apakah orang yang beriman seperti orang yang fasik (kafir)? Mereka tidak sama. Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shaleh, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. As Sajdah: 18-19).
5.    Darussalam
Surga Darussalam adalah bagi orang yang (a) mengakui ayat-ayat Allah, (b) mengerjakan amal shalih semata-mata karena Allah.
Allah SWT berfirman:
Dan inilah jalan Tuhanmu, (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran. Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang mereka kerjakan.” (QS. Al An’aam: 126-127).
6.    Darul Muqamah
Surga Darul Muqamah adalah bagi orang yang (a) memiliki kebaikan lebih banyak dari ada kejelekan, (b) kuat dan tebal keimanan serta ke Islamannya, (c) memperbanyak amal kebaikan dan menjauhi kemaksiatan.
Allah SWT berfirman:
Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: ‘Apakah yang telah dturunkan oleh Tuhanmu?’ Mereka menjawab: ‘(Allah telah menurunkan) kebaikan’. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapatkan (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat alah yang lebih baik dan itulah sebaik-baiknya tempat bagi orang yang bertakwa, (yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi  balasan kepada orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh malaikat dengan mengatakan (kepada mereka) ‘Salaamun’alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan.’” (QS. An Nahl: 30-32).
7.    Al-Maqamul Amin
Surga Al-Maqamul Amin adalah bagi orang yang bertakwa kepada Allah.
Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata air-mata air, mereka memakai sutra yang halus dan sutra yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari.” (QS. Ad Dukhaan: 51-54).
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment