Monday, March 16, 2015

Empat Golongan Manusia terkait Harta dan Ilmu



Sesuai dengan hadist Rasulullah SAW, bahwa manusia dapat dibedakan menjadi empat golongan terkait harta dan ilmu. Dalam kehidupan di dunia manusia ada yang dibekali harta dan ilmu, namun ada juga manusia yang tidak memperoleh keduanya. Empat golongan manusia tersebut dapat dibedakan sebagai berikut:
(a)  Golongan Pertama
Manusia golongan pertama dibekali harta dan ilmu selama hidup di dunia. Harta dan ilmu yang dimiliki manusia golongan pertama digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta mempererat tali persaudaraan.
Harta yang dimiliki banyak digunakan untuk kepentingan yang bermanfaat, serta digunakan untuk memperoleh ridha Allah SWT, seperti haji, zakat, sedekah maupun infak. Begitupun dengan ilmu yang dimiliki, digunakan untuk kebenaran tanpa ada unsur kesombongan. Baik harta maupun ilmu, kesemuanya digunakan dalam jalan kebaikan. Inilah derajat tertinggi dari golongan yang lain.
(b)  Golongan Kedua
Manusia golongan kedua, semasa hidup di dunia dibekali banyak ilmu, akan tetapi memiliki sedikit harta atau tidak memiliki harta. Ilmu yang dimiliki digunakan dalam kebaikan, serta menyebarkan agama melalui dakwah.
Apabila memiliki harta, manusia golongan kedua akan menggunakan untuk kebaikan seperti yang dilakukan manusia golongan pertama. Karena tidak memiliki harta dan memiliki niat yang tulus, manusia golongan kedua mendapatkan pahala yang sama dengan manusia golongan pertama.
(c)  Golongan Ketiga
Manusia dalam golongan ini memiliki harta akan tetapi tidak memiliki ilmu. Orang yang memiliki harta tetapi tidak memiliki ilmu, tidak akan mampu mengelola hartanya dengan baik. Harta yang dimiliki digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.
Semestinya harta yang ada digunakan dijalan Allah SWT seperti yang dilakukan manusia golongan pertama, seperti untuk mempererat hubungan, sedekah maupun yang bermanfaat bagi orang lain. Orang golongan ini tidak mengetahui hak-hak Allah SWT didalam hartanya.
(d)  Golongan Keempat

Manusia dalam golongan ini tidak memiliki harta maupun ilmu. Andai kata memiliki harta akan digunakan seperti yang dilakukan manusia golongan ketiga. Manusia golongan keempat ini sungguh dalam kerugian, dalam angan-angan akan menggunakan harta seperti golongan ketiga, membuat dirinya mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya. Padahal hal yang ingin dilakukan belum dijalankan, masih sebatas niat.

0 comments:

Post a Comment