Saturday, March 7, 2015

Lima Syarat Karyawan Smart



Perusahaan mampu meraih kesuksesan ketika memiliki karyawan yang cerdas. Dengan kemampuan yang dimiliki, karyawan dapat berkerja secara cerdas. Peran manajer atau pemimpin dalam menyusun karyawan amatlah penting, terutama mengetahui beberapa syarat yang harus dimiliki karyawan agar mampu bekerja cerdas. Berikut ini syarat-syarat yang diperlukan agar karyawan bekerja cerdas.
a.    Specific
Karyawan yang cerdas dapat menyusun rencana dengan spesifik. Pengetahuan karyawan akan semua komponen pendukung maupun peralatan terkecil harus dimiliki, semua itu sebagai syarat untuk mendapatkan mutu yang baik terkait produk atau jasa yang dihasilkan.
Karyawan bisa mengetahui secara spesifik membutuhkan waktu untuk mempelajari. Selain itu karyawan juga membutuhkan adaptasi terkait hal-hal yang baru sampai dirinya memahami segala sesuatu secara mendetail.
b.    Measurable
Karyawan cerdas wajib mampu mengukur dirinya sendiri atau karyawan lain, serta produk maupun jasa yang dihasilkani. Hal ini terkait dengan kemampuan perusahaan untuk menjalankan rencana yang sudah ditetapkan. Ketika karyawan dibagian perencanaan menyusun kegiatan, maka hal pertama yang sesuaikan adalah sumber daya yang ada.
Kemampuan dalam mengukur dibutuhkan dalam menyusun dan menjalankan strategi. Secara sadar, karyawan cerdas akan mengetahui sejauh mana dirinya bekerja, serta seberapa jauh rencana yang disusun dapat tercapai.
c.    Attractive
Keinginan karyawan untuk mendapatkan tantangan mutlak dibutuhkan. Ketika karyawan menyukai tantangan, artinya dalam dirinya ada sebuah keinginan besar yang harus dicapai. Ketika target tinggi ditetapkan oleh perusahaan, maka karyawan akan menganggap sebagai sebuah tantangan yang menyenangkan.
Berbeda halnya dengan karyawan yang tidak menyukai tantangan, mereka cenderung mencari aman dan takut mengambil resiko. Kemajuan perusahaan bisa tertunda apabila memiliki karyawan yang cenderung mencari aman atau tidak menyukai tantangan.
d.    Realistic
Harapan besar atau impian setinggi langit boleh dimiliki oleh siapa saja, akan tetapi berfikir secara realisitis juga penting. Rencana yang tinggi atau target yang tinggi, bila tidak dihadapkan dengan pemikiran yang nyata akan menjadi kesia-sia-an belaka.
Karyawan cerdas memiliki pola pikir yang realistis. Segala perencanaan yang disusun adalah berdasarkan fakta dan kemampuan semua karyawan yang ada secara jujur.
e.    Time table

Karyawan cerdas akan mengatur waktu yang dimiliki untuk mengerjakan tugas secara efektif. Waktu yang digunakan tidak akan terbuang percuma, terutama saat tugas yang dibebankan sudah selesai dari waktu yang ditetapkan. Karyawan yang tidak dapat mengatur waktu dengan baik, akan mempengaruhi jalannya perusahaan. Apabila suatu barang atau jasa yang seharusnya telah selesai tetapi karyawan yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik akan membuat proses berikutnya menjadi tertunda. 
Categories:

0 comments:

Post a Comment