Wednesday, December 24, 2014

Mengembangkan Potensi Terpendam


Setiap orang lahir dibekali dengan kemampuan, namun tidak semua orang mampu mengeluarkan potensi yang ada dalam dirinya. Ada juga beberapa orang menyebutnya sebagai bakat. Bakat bisa diartikan sebagai suatu keahlian yang dimiliki seseorang yang ada secara alamiah.
Terkadang seseorang sudah mengetahui kemampuan alamiahnya tetapi belum digunakan, karena pada dasarnya mereka bekerja tidak sesuai dengan kemampuan maupun bidang ilmu yang dimiliki. Dengan alasan minimnya lapangan kerja yang ada membuat seseorang mau bekerja diluar kemampuan yang dimiliki.
Potensi yang terpendam sama halnya dengan bakat, tapi kemampuan tersebut belum mampu diketahui dan nampak. Tidak semua orang akan mampu mengusai keahlian, orang yang menguasai suatu kemampuan di atas rata-rata orang pada umumnya akan dikatakan sebagai ahli.
Seseorang dapat menjadi ahli apabila mampu mengembangkan segala potensi yang belum dimaksimalkan. Kebanyakan orang hanya mengikuti perkembangan yang sedang berjalan tanpa melihat potensi yang tersimpan. Belum tentu perkembangan yang diikuti cocok dengan kemampuan yang dimiliki.
Seseorang bisa menjadi ahli apabila terus berlatih dengan bekerja keras, mengasah kemampuan yang belum digali. Bahkan orang memiliki bakat alamiah tanpa berlatih juga tidak akan berkembang, sedangkan orang yang tidak berbakat tetapi berusaha keras untuk berlatih akan mampu memaksimalkan kemampuan yang diperjuangkan.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang akan menanyakan tentang minat pribadi terkait dengan cara menggali kemampuan yang terpendam yang dimiliki seseorang:
a.    Impian apa yang saya inginkan?
b.    Keahlian apa yang saya pelajari untuk mengejar impian tersebut?
c.    Bagaimana saya dapat memperoleh keahlian tersebut?
d.    Dukungan apa yang saya perlukan untuk memperoleh keahlian tersebut?
e.    Bersediakah saya memulai mengejar impian tersebut dimulai saat ini?
Jawaban dari pertanyaan diatas bisa dituliskan dalam sebuah kertas dan menjadi kontrak hidup seseorang untuk mengejar impian dengan memaksimalkan potensi yang belum banyak tergali. Kemampuan yang tersimpan bisa menjadi jalan memperoleh kehidupan yang baru.

Kadang beberapa orang sudah jenuh dengan pekerjaan yang dijalankan. kejenuhan yang dialami seseorang bisa menimbulkan tingkat stress yang tinggi. Menggali kemampuan yang terpendam untuk memperoleh pekerjaan baru yang lebih baik bisa menjadi sebuah solusi.
Categories:

0 comments:

Post a Comment