Wednesday, December 31, 2014

Orang yang Mendapatkan Perlindungan pada Hari Akhir


Pergantian tahun dari 2014 ke 2015 artinya bumi ini semakin tua. Jika makhluk semakin tua menjadikan umurnya semakin habis. Bahkan alam ini juga semakin mendekati akhir, yakni kiamat. Ketika kiamat datang akan dimulai kehidupan yang baru, kehidupan yang kekal. Bukan seperti kehidupan di bumi yang sementara.
Allah Swt Berfirman:
“Apabila matahari digulung, dan apabila bintang-bintang berjatuhan, dan apabila gunung-gunung dihancurkan, dan apabila unta-unta bunting ditinggalkan (tidak dipedulikan), dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan, dan apabila lautan dipanaskan, dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuhnya), apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya, karena dosa apakah dia dibunuh, dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan) dibuka, dan apabila langit dilenyapkan, dan apabila neraka Jahim dinyalakan, dan apabila surga didekatkan, maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya.” (QS. At Takwiir: 1-14).
Nasib dikehidupan berikutnya ditentukan pada saat tinggal di bumi. Segala bekal maupun persiapan yang baik membuat dirinya selamat dikehidupan akhirat. Ketika alam raya ini hancur, tidak ada satupun yang dapat mampu mengindari, entah dirinya bersembunyi di lorong yang dalam maupun terbang ke luar angkasa. Wallahu a’lam
Rasulullah Saw bersabda:
“Ada tujuh kelompok yang akan mendapatkan perlindungan Allah pada hari yang tiada perlindungan kecuali perlindungan-Nya. Mereka adalah pemimpin yang adil, anak muda yang senantiasa beribadah kepada Allah Azza wa Jalla, seseorang yang hatinya senantiasa dipertautkan dengan masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah, yakni keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah, seseorang laki-laki yang ketika dirayu oleh seorang wanita bangsawan lagi rupawan lalu ia menjawab; ‘Sungguh aku takut kepada Allah’, seseorang yang mengeluarkan shadaqah lantas disembunyikannya sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat tangan kanannya, dan seseorang yang berdzikir kepada Allah di tempat yang sunyi kemudian ia mencucurkan air mata.” (HR. Bukhari Muslim).
Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapatkan perlindungan saat hari akhir. Dimana hanya perlindungan dari Allah saja yang mampu menyelamatkan dirinya pada hari akhir. Ketika waktu itu terjadi tidak akan mempedulikan orang lain, semua berusaha menyelamatkan diri sendiri. Berikut tujuh golongan yang mendapatkan perlindungan oleh Allah Swt saat hari akhir:
·         Pemimpin yang adil
Pemimpin yang baik harus amanah dengan kedudukan yang dimilikinya, segala tindakan mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Keputusan yang diambil oleh pemimpin merupakan keputusan yang adil bukan keputusan karena emosional. Setiap keputusan yang diambil oleh pemimpin akan hisab pada hari penghitungan amal.
·         Anak muda yang saleh
Anak muda adalah masa penuh semangat. Jiwanya masih berkobar untuk mendapatkan segala cita-cita yang diimpikan. Namun pada masa pulalah banyak ujian atau godaan datang. Godaan maupun ujian bersifat kesenangan menjadi ujian dimasa muda baik sekarang, lalu maupun dimasa mendatang. Pergaulan anak muda sekarang sudah semakin jelas jauh dari syariat Islam, banyak laki-laki dan perempuan berkumpul tanpa rasa malu.
·         Orang yang hatinya terikat dengan masjid
Pada masa sekarang sudah jarang ditemui orang berbondong-bondong datang ke masjid untuk melakukan ibadah. Bangunan masjid yang besar nan megah didalamnya hanya terdapat segelintir umat yang berjamaah. Mall, taman bermain, bioskop, kafe adalah beberapa tempat yang dikunjungi orang dengan senang hati. Tetapi ketika kaki melangkah ke masjid akan terasa berat.
·         Bersahabat dengan Allah
Kedua orang yang saling bersahabat karena Allah akan mendapatkan perlindungan di hari akhir, dengan maksud adalah hubungan yang saling mengingatkan ketika terjadi kesalahan. Persahabatan ini didasari semata-mata karena Allah bukan atas dasar harta, kedudukan, gaya hidup maupun alasan lainnya.
·         Mampu menghadapi godaan lawan jenis
Seorang laki-laki yang tidak tergoda atas bujuk rayu wanita bangsawan akan mendapatkan penghargaan pada hari kiamat nanti. Berkebalikan dengan masa sekarang banyak pemuda yang menjadi simpanan istri para pejabat maupun golongan atas. Mereka melakukan dengan alasan untuk mendapatkan uang.
·         Ikhlas dalam beramal
Niat ikhlas akan menentukan segala tindakan yang kita lakukan, begitu juga ketika beramal. Apabila beramal karena mengharapkan pujian, maka tindakan yang dilakukan tidak berdasarkan keikhlasan. Ketika amal yang dilakukan tidak disertai keikhlasan maka segala tindakan tersebut sia-sia atau kurang bermanfaat.
·         Dzikir kepada Allah dengan khusyu’
Orang yang sering berdzikir akan semakin dekat dengan Allah, segala tindakan yang dilakukan akan selalu teringat Allah. Apabila segala tindakan yang dilakukan teringat kepada Allah, maka tidak akan melakukan tindakan yang tercela. Rasa takut diawasi maupun balasan yang dijanjikan membuat takut manusia berusaha berbuat baik.


Categories: ,

0 comments:

Post a Comment